Masker Bengkoang

Sampai sekarang, masih banyak yang menggemari masker sebagai perawatan kulit. Salah satu bahan favoritnya adalah sari bengkoang yang kaya akan manfaat. Selain dalam bentuk produk instan, DIY masker bengkoang alami untuk wajah ternyata sangat mudah.

Pilihan yang tepat bagi apabila ingin merasakan khasiat langsung dari bengkoang dengan membuat sendiri di rumah. Selain lebih hemat, masker home made juga bebas dari bahan kimia yang berisiko bagi kesehatan kulit wajah.

Khasiat Masker Bengkoang untuk Kecantikan Wajah

Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang cara membuat masker dari bengkoang, Zweena Lovers wajib mencermati dulu khasiat dari masker alami tersebut. Berikut 5 hal utama yang nantinya akan dirasakan setelah rutin mengaplikasikan masker wajah dari bengkoang:

1.     Memberikan Hidrasi yang Optimal

Perlu diketahui bahwa kulit yang kering cenderung lebih sensitif sehingga rentan mengalami kerusakan dan penyakit. Cara mencegahnya adalah dengan rajin mengkonsumsi air putih agar kebutuhan tubuh akan cairan dapat terpenuhi.

Tidak hanya dari air putih, cairan juga bisa diperoleh dari bengkoang. Sayur berwarna putih tersebut memang terbukti memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga mampu memberikan hidrasi yang kulit butuhkan.

Penggunaan masker dari bengkoang akan menjaga kelembaban wajah sekaligus elastisitasnya. Alhasil, kulit wajah terlihat lebih sehat dan segar.

Kandungan lain yang berperan dalam menghidrasi adalah vitamin E. Menurut penelitian yang termuat dalam National Institutes of Health USA memaparkan bahwa vitamin C yang ada pada bengkoang membantu dalam peningkatan produksi vitamin E dalam tubuh.

Dengan adanya kandungan vitamin E yang cukup, kelembaban dan kekencangan kulit selalu terjaga secara optimal.

Kulit yang senantiasa lembab dapat memerangi tanda-tanda penuaan seperti flek hitam dan garis-garis halus. Produk makeup yang digunakan pun lebih menempel dan tahan lama di kulit wajah yang lembab.

2.     Memutihkan Kulit Wajah

Penggunaan masker bengkoang untuk memutihkan wajah memang terbukti efektif. Tidak mengherankan apabila generasi dulu hingga sekarang selalu memasukkan bengkoang dalam rangkaian skincare.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh United States Department of Agriculture, diketahui bahwa kadar vitamin C pada bengkoang sangat tinggi sekitar 40%.

Kadar tersebut tentu sangat efektif dalam membantu penurunan produksi melanin. Alhasil, tone kulit wajah akan berangsur putih dan glowing.

Berbeda dengan produk kecantikan buatan pabrik, efek putih yang dihasilkan oleh masker alami bengkoang tentu lebih aman. Sekalipun membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama, tetapi putih dan cerah alami yang dihasilkan dijamin lebih permanen.

3.     Memerangi Tanda-Tanda Penuaan Dini

Zweena Lovers pasti tidak ingin mengalami tanda-tanda penuaan dini, kan? Maka dari itu, harus rajin menggunakan masker alami bengkoang sebagai upaya pencegahan.

Alasannya, bengkoang kaya akan vitamin C dan vitamin E. Berdasarkan Self Nutrition Data, kadar vitamin C dalam bengkoang mencapai 40% dan kadar vitamin E mencapai 4%.

Kedua bahan tersebut sangat berperan dalam memerangi tanda-tanda penuaan dini karena berfungsi sebagai antioksidan.

Dalam tubuh, antioksidan akan melindungi sel-sel dari kerusakan yang dipicu oleh paparan radikal bebas. Istimewanya lagi, produksi kolagen dapat ditingkatkan sehingga membuat wajah terlihat awet muda, mengencangkan sekaligus meratakan warna kulit.  

4.     Membantu Mengecilkan Pori-Pori

Memiliki pori-pori yang besar tentu menyebabkan rasa percaya diri jauh berkurang. Cara aman untuk mengecilkan pori-pori sehingga wajah dapat kembali mulus adalah dengan mengaplikasikan masker dari bengkoang.

Penggunaan masker alami bengkoang secara rutin akan membebaskan kulit wajah dari kotoran dan minyak yang menumpuk. Kotoran tersebut akhirnya tidak lagi menyumbat pori-pori sehingga lubang pori-pori berangsur mengecil.

Banyak keuntungan yang didapat ketika memiliki pori-pori wajah yang kecil. Contohnya, wajah akan terbebas dari problem jerawat dan komedo yang membandel.

5.     Mengatasi Jerawat

Sudah disinggung tadi bahwa efek dari pori-pori yang mengecil setelah maskeran bengkoang adalah membantu pencegahan jerawat pada wajah. Selain itu, fungsi masker bengkoang untuk jerawat juga disebabkan oleh kandungan vitamin E pada sayuran tersebut.

Salah satu hasil penelitian yang tercantum dalam National Library of Medicine USA, memaparkan bahwa kandungan kombinasi antara vitamin E dan zinc cukup ampuh dalam perawatan jerawat.

Dalam bengkoang, kadar vitamin E yang dimiliki cukup memadai untuk membantu mengatasi problem jerawat.

Tidak hanya itu, Zweena Lovers yang mengalami masalah dengan bekas jerawat dapat mengandalkan masker alami bengkoang untuk menghilangkannya. Sebab, vitamin E yang berperan sebagai antioksidan mampu bekerja efektif untuk mengatasi bekas jerawat.

Bagaimana Cara Membuat Masker Bengkoang Sendiri?

Sekarang saatnya membahas secara detail cara meracik masker dari bengkoang. Untungnya, bengkoang merupakan sayuran yang murah dan mudah sekali didapat. Kalau beli banyak pun, sisanya masih dapat dikonsumsi untuk memberikan asupan nutrisi pada tubuh.

Masker wajah yang terbuat dari bengkoang biasa dikombinasikan dengan bahan alami lain. Tujuannya untuk memaksimalkan hasil dan membantu mengatasi masalah lain pada kulit.

Berikut langkah pembuatan masker bengkoang yang dicampur dengan putih telur untuk memutihkan sekaligus membuat wajah tampak lebih muda:

  • Siapkan 1 buah bengkoang kemudian bersihkan;
  • Setelah itu, kupas kulit bengkoang lalu parut sampai habis;
  • Tampung hasil parutan bengkoang dalam wadah yang bersih;
  • Selanjutnya, pecahkan 1 buah telur lalu ambil bagian putihnya saja untuk dicampurkan ke dalam parutan halus bengkoang;
  • Setelah itu, masukan 3 sendok makan madu;
  • Aduk ketiga bahan tersebut sampai merata dan menghasilkan adonan masker wajah yang berbentuk seperti pasta;
  • Kemudian balurkan ke seluruh permukaan wajah kecuali bagian mata dan bibir;
  • Biarkan masker bekerja selama 30 menit;
  • Setelah selesai, bilas menggunakan air hangat suam-suam kuku sampai tidak ada sisa masker yang menempel.

Masih ada cara lain untuk membuat masker dari bengkoang yakni dengan menambahkan minyak zaitun. Kombinasi antara bengkoang dan minyak zaitun, bukan hanya memutihkan kulit tetapi juga memberikan efek glowing alami yang tahan lama.

Langkah yang bisa diikuti untuk meracik masker alami bengkoang dan minyak zaitun antara lain:

  • Cuci bersih 1 buah bengkoang kemudian kupas kulitnya;
  • Lanjutkan dengan memarut bengkoang sampai habis menggunakan parutan halus yang sudah dibersihkan sebelumnya;
  • Masukkan hasil parutan ke dalam wadah;
  • Setelah itu, campurkan 2 sendok makan minyak zaitun ke dalam adonan masker;
  • Aduk sampai kedua bahan tersebut tercampur merata;
  • Lalu, gunakan masker pada seluruh wajah tanpa menutupi bagian bibir dan mata;
  • Diamkan selama 30 menit untuk mendapatkan hasil yang terbaik;
  • Setelah itu, bilas dengan air hangat kemudian lap muka dengan kain yang bersih;
  • Terakhir, aplikasikan pelembab wajah yang biasa digunakan.

Apakah sudah tidak sabar merasakan manfaat besar dari bengkoang? Kalau begitu, segera siapkan bengkoang dan bahan alami lain seperti minyak zaitun atau putih telur sebagai campurannya.

Cara membuatnya sangat mudah sehingga siapa pun bisa mencobanya secara langsung di rumah. Bahan terjamin asli dan proses pembuatannya pun bisa dipastikan higienis. Selain untuk wajah, masker dari bengkoang bisa diaplikasikan ke bagian tubuh lain seperti punggung dan kaki, lho.

Selain dinikmati sendiri, Zweena Lovers juga dapat menjual produk masker bengkoang alami sehingga mendatangkan penghasilan. Caranya sangat mudah, cukup dengan memanfaatkan jasa maklon kosmetik yang disediakan oleh perusahaan Zweena.

Produk berupa masker alami dari bengkoang dipastikan menggunakan bahan terbaik dan dikemas menarik. Anda hanya cukup menyediakan modal kemudian langsung saja melakukan konsultasi dengan tim ahli dari perusahaan.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *