Mencegah Jerawat

Masalah kulit wajah yang kerap menjadi keluhan banyak wanita adalah jerawat. Tidak melulu memanfaatkan obat racikan, sebab cara mencegah jerawat dengan bahan alami sangat mungkin dilakukan. Bahan yang digunakan mudah didapat dan risiko kesehatan yang muncul sangat minim.

6 Bahan Alami untuk Mencegah Jerawat dan Cara Memanfaatkannya

Bahan alami memang alternatif yang dinilai lebih aman dan hemat untuk mengatasi problem jerawat. Terlebih, bahan-bahan tersebut juga dapat bekerja dengan efektif, tidak hanya menghilangkan jerawat sekaligus merawat kulit agar senantiasa sehat.

Cara pemanfaatannya mudah sekali, lho. Zweena Lovers hanya perlu menggunakan alat sederhana seperti sendok, garpu dan mangkok. Cairan yang berperan sebagai pelarut pun hanya sebatas air dan minyak alami.

Agar lebih jelas, berikut 6 bahan alami yang mudah didapat untuk mengatasi jerawat:

1.     Cairan Cuka Apel

Cuka apel atau acid cider vinegar dihasilkan dari proses fermentasi buah apel. Sudah sejak lama cairan tersebut dimanfaatkan, baik sebagai campuran bahan makanan maupun pengobatan.

Kandungan yang dimiliki cuka apel dinilai sangat baik untuk merawat kulit, termasuk mengatasi problem jerawat.

Alasannya tercantum dalam hasil penelitian yang dimuat di National Library of Medicine USA bahwa cuka apel mengandung bahan antibakteri yang berpotensi besar membunuh bakteri penyebab jerawat.

Adapun bakteri yang dimaksud seperti Cultibacterium acnes atau Propionibacterium acnes. Kedua makhluk hidup tersebut memiliki kontribusi untuk memunculkan jerawat pada wajah.

Acid cider vinegar dapat dimanfaatkan sebagai masker untuk mengatasi jerawat. Caranya yakni:

  1. Siapkan wadah yang bersih, kemudian masukan 1 sendok makan cuka apel;
  2. Setelah itu, tambahkan 3 sendok makan air lalu aduk sampai kedua bahan tercampur merata;
  3. Pastikan wajah sudah dibersihkan sebelum mengaplikasikan cuka apel;
  4. Kemudian, celupkan kapas yang steril ke dalam cairan cuka apel;
  5. Lalu oleskan ke seluruh permukaan wajah secara perlahan;
  6. Setelah itu, biarkan cuka apel bekerja selama 20 detik;
  7. Bilas wajah dengan air lalu keringkan dengan lap yang bersih.

Agar hasilnya lebih maksimal, disarankan untuk maskeran cuka apel 2 kali dalam sehari.

2.     Gel Lidah Buaya

Tidak akan rugi apabila menanam lidah buaya di pekarangan rumah sebab tumbuhan hijau tersebut kaya manfaat. Lidah buaya efektif menyembuhkan luka, melembabkan kulit, mengusir ketombe hingga mencegah munculnya jerawat.

Terlebih, lidah buaya termasuk tanaman yang minim perawatan. Dijamin tidak akan merepotkan para pemula yang belum ahli dalam bercocok tanam tapi menginginkan khasiatnya.  

Mengapa lidah buaya dapat mengatasi jerawat? Sebab, terdapat kandungan sulfur dan asam salisilat dalam tanaman hijau tersebut. Dua bahan tersebut memang sering digunakan dalam racikan obat jerawat.

Berikut cara  mencegah jerawat dengan lidah buaya yang bisa dilakukan sendiri di rumah:

  1. Ambil 1 pelepah daun lidah buaya;
  2. Setelah itu, kupas kulit daunnya untuk memudahkan dalam mengambil dagingnya;
  3. Kemudian keruk daging atau isi lidah buaya menggunakan sendok sampai habis;
  4. Masukkan dalam wadah kemudian oleskan langsung ke seluruh permukaan wajah;
  5. Jika ingin teksturnya lebih halus, maka masukan daging lidah buaya ke dalam blender;
  6. Blender sampai agak berbusa;
  7. Setelah itu, tuang gel ke dalam wadah lalu oleskan ke wajah;
  8. Lakukan perawatan tersebut sebanyak 2 kali dalam sehari.

3.     Campuran Madu dan Kunyit

Bahan alami selanjutnya adalah madu dan kunyit. Kedua bahan tersebut sama-sama memiliki sifat antibakteri yang efektif memerangi bakteri yang menyebabkan jerawat.

Lebih dari itu, madu juga mengandung senyawa antioksidan yang dapat membantu menghilangkan jerawat. Penggunaan bersamaan dengan kunyit, akan membuat kulit wajah lebih bersih dan cerah.

Bagi yang memiliki masalah bekas jerawat yang menghitam, campuran antara madu dan kunyit sangat direkomendasikan sebagai masker alami.

Berikut cara pembuatannya:

  1. Masukan 1 sendok makan madu ke dalam mangkuk yang bersih;
  2. Setelah itu, tambahkan ½ sendok teh bubuk kunyit kemudian aduk sampai merata;
  3. Oleskan secara perlahan ke seluruh permukaan wajah, sebaiknya gunakan kapas yang steril dibandingkan dengan jari tangan;
  4. Selingi dengan memijat kulit wajah secara perlahan. Sebaiknya lakukan gerakan secara melingkar;
  5. Setelah itu, diamkan masker pada wajah selama 10 menit;
  6. Akhiri dengan membilas wajah menggunakan air hangat suam-suam kuku.

4.     Campuran Kayu Manis dan Madu

Kayu manis dikenal sebagai pelezat rasa masakan dan penambah aroma yang lebih menggugah selera makan. Kenyataannya, kayu manis alias cinnamon juga berguna untuk mengatasi masalah jerawat pada wajah. Hebat, kan?

Hasil penelitian yang termuat dalam International Journal of Pharmaceutical Science Invention menegaskan bahwa kayu manis mengandung senyawa antimikroba. Senyawa tersebut mampu bekerja melawan makhluk kecil penyebab jerawat.

Istimewanya lagi, kayu manis terbukti dapat membantu mengecilkan pori-pori wajah. Dengan memiliki pori-pori yang lebih rapat, maka penyumbatan akibat tumpukan minyak dan kotoran mampu dicegah. Alhasil, jerawat pun akan jauh dari kulit wajah Zweena Lovers.

Mencampurkan kayu manis dengan madu akan menjadikan kulit wajah lebih lembab dan cerah. Berikut cara membuat masker jerawat dari kedua bahan tersebut:

  1. Siapkan mangkuk kecil yang sudah dibersihkan;
  2. Setelah itu, tuang 1 sendok teh bubuk kayu manis;
  3. Lalu tambahkan 2 sendok makan madu dan aduk sampai kedua bahan tercampur sempurna. Nantinya, tekstur yang didapat akan menyerupai pasta;
  4. Lanjutkan dengan mengoleskan campuran ke seluruh permukaan wajah sambil dipijat dengan gerakan melingkar secara lembut;
  5. Jika ingin lebih higienis, maka gunakan spatula masker untuk mengaplikasikan cairan kayu manis bercampur madu;
  6. Setelahnya, diamkan selama 15 menit;
  7. Terakhir, bilas wajah menggunakan air biasa atau air hangat.
  8. Aplikasikan masker alami tersebut sebanyak 2 kali sehari demi hasil yang maksimal.

5.     Tea Tree Oil dan Minyak Zaitun

Banyak produk kecantikan wajah yang menggunakan tea tree oil atau minyak pohon teh sebagai bahan unggulan. Tanaman asal Australia tersebut memang memiliki kandungan yang baik untuk merawat kulit wajah, termasuk mengatasi jerawat.

Salah satu penelitian yang termuat dalam Jurnal American Society for Microbiology menjelaskan bahwa tea tree oil memiliki kandungan antimikroba dan anti-inflamasi. Dengan begitu, minyak alami tersebut dapat membunuh bakteri penyebab munculnya jerawat.

Lebih dari itu, kandungan anti-inflamasinya sangat bagus untuk merawat kulit berjerawat sehingga mempercepat penyembuhan.

Langkah membuat masker wajah untuk  mencegah jerawat dengan tea tree oil sebagai berikut:

  1. Siapkan tea tree oil yang dapat dibeli di toko kecantikan;
  2. Setelah itu, tuang 1 sendok teh minyak pohon teh tersebut ke dalam wadah bersih;
  3. Selanjutnya campurkan minyak zaitun sebagai cairan pelarut sebanyak 12 tetes;
  4. Aduk hingga kedua bahan tercampur sempurna;
  5. Lanjutkan dengan mengoleskan masker tea tree oil dan minyak zaitun dengan jari tangan atau spatula;
  6. Setelah itu, diamkan antara 10 hingga 15 menit;
  7. Akhiri dengan membilas wajah menggunakan air hangat kemudian keringkan menggunakan lap yang lembut.

6.     Virgin Coconut Oil

Rekomendasi bahan alami yang terakhir adalah virgin coconut oil alias minyak kelapa murni. Para dermatologist meyakini bahwa minyak kelapa mengandung senyawa antibakteri dan anti-inflamasi yang baik untuk merawat kulit berjerawat.

Senyawa antibakteri yang dimiliki akan bekerja secara efektif untuk menyingkirkan bakteri sehingga mencegah kemunculan jerawat.

Bagi yang mengalami masalah peradangan akibat jerawat, minyak kelapa sangat disarankan. Tujuannya untuk mengurangi kemerahan, mencegah pembengkakan lebih parah dan mempercepat penyembuhan jerawat.

Cara mengaplikasikan virgin coconut oil sangat mudah. Tanpa mencampurkannya dengan bahan lain, cukup oleskan minyak kelapa murni ke permukaan wajah. Pengolesannya bisa langsung memakai jari tangan atau spatula.

Berkat adanya bahan alami, pencegahan jerawat dapat dilakukan dengan mudah dan minim risiko. Syaratnya hanya perlu rajin mengaplikasikan, minimal 1 kali dalam sehari.

Kabar baiknya, bahan-bahan alami tersebut dapat disulap menjadi produk untuk mencegah jerawat yang siap jual, lho. Pilihan yang bagus bagi yang ingin berbisnis menjual produk alami dari brand sendiri.

Anda dapat mengandalkan jasa maklon kosmetik yang Zweena tawarkan. Hasil produk dijamin berkualitas dengan biaya yang terjangkau. Anda menyiapkan modal, kami yang membuatkan produk herbal jerawat sampai jadi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *