Manfaat Ceramide

Produk skincare kerap memasukan ceramide dalam daftar bahan aktif. Sebab, manfaat ceramide untuk kecantikan kulit memang sudah diteliti oleh para ahli. Salah satunya termuat di Jurnal Kedokteran yang bernama Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology UK.

Dalam jurnal tersebut, ceramide yang terkandung dalam produk perawatan wajah seperti moisturizer dapat meningkatkan hidrasi kulit sekaligus melindungi kulit. Tidak hanya itu, bahan aktif ceramide masih memiliki kegunaan lain. Apa saja? Berikut ulasan lengkapnya.

Apa Manfaat Ceramide untuk Wajah?

Ceramide adalah lapisan asam lemak (lipid) yang berada di bagian epidermis atau lapisan kulit terluar. Komposisinya sekitar 50% sehingga memiliki kontribusi yang besar untuk melindungi kulit wajah.

Sebenarnya, ceramide merupakan golongan asam lemak yang diproduksi secara alami oleh tubuh. Sayangnya seiring bertambahnya usia, kadar lipid akan semakin berkurang sehingga jaringan kulit rentan mengalami kerusakan.

Oleh sebab itu, ceramide sintetis sengaja diproduksi untuk ditambahkan dalam produk perawatan wajah seperti pelembab, pembersih, serum dan masker. Berikut 5 manfaat yang bahan aktif ceramide berikan:

1. Menjaga Skin Barrier

Sederhananya, skin barrier dapat dianggap sebagai tembok pelindung yang berada di lapisan terluar pada kulit. Saat permukaannya mulai melemah dan rentan mengalami masalah kulit, berarti terjadi kerusakan pada skin barrier.

Beberapa tanda skin barrier yang rusak yakni munculnya jerawat, terjadi breakout, kulit menjadi kusam, kulit menjadi rentan kering serta bersisik dan kerap muncul gejala iritasi.

Penyebab yang umum ditemukan adalah akibat terlalu sering melakukan eksfoliasi wajah, terpapar sinar matahari secara berlebihan atau akibat faktor genetik.

Ketika Zweena Lovers mengalami masalah tersebut, maka produk skincare yang mengandung skincare adalah solusinya. Sebab, bahan aktif ceramide efektif memperbaiki dan meningkatkan fungsi tembok pelindung kulit wajah sehingga mencegah timbulnya keluhan lagi pada kulit.

Selain itu, manfaat ceramide untuk memperbaiki skin barrier sangat direkomendasikan untuk kulit yang tipenya memang kering. Dengan dimasukkannya bahan ceramide melalui produk skincare, kulit akan mendapat asupan zat yang mencegah kekeringan dan gejala iritasi.

2. Melembapkan dan Menghaluskan Kulit

Salah satu penelitian ilmiah yang tertera dalam website The National Center for Biotechnology Information yang merupakan bagian dari The United States National Library of Medicine memaparkan adanya hubungan yang signifikan antara kandungan ceramide dan hidrasi kulit.

Hasil penelitian tersebut menegaskan bahwa ceramide pada produk perawatan wajah berpengaruh besar pada tingkat kelembapan kulit. Efeknya langsung bisa dirasakan setelah pemakaian dan bertahan selama 24 jam.

Khasiat tersebut tentu membuat kulit terjaga kesehatan dan kesegarannya. Makeup pun bisa bertahan lebih lama dan muka tetap terlihat mulus sehingga menunjang kepercayaan diri selama berkegiatan di luar.

3. Merawat Kulit yang Berjerawat

Manfaat ceramide untuk kulit berjerawat dapat dirasakan karena bahan aktif ceramide mampu melindungi lapisan kulit dari bakteri dan kotoran yang potensial memunculkan jerawat.

Lapisan kulit yang sehat akan menghambat masuknya bakteri dan penumpukan kotoran serta minyak yang dapat menyumbat pori-pori.

Pada kulit yang sudah muncul jerawat pun, skincare berbahan ceramide recommended untuk dipilih. Ceramide akan bekerja memberikan kelembaban yang dibutuhkan kulit sehingga tidak memperparah jerawat.

Selain itu, ceramide juga bekerja memperbaiki kulit yang rusak akibat jerawat dengan merangsang regenerasi sel-sel yang baru.

4. Menghambat Penuaan Kulit

Memperlambat penuaan kulit berhubungan erat dengan khasiat ceramide sebagai pelembab alami kulit.

Alasannya, kulit wajah yang mendapatkan hidrasi cukup akan terhindar dari tanda-tanda penuaan dini. Beberapa di antaranya seperti munculnya garis-garis halus, kerutan di ujung mata, flek hitam dan keriput.

Kinerja ceramide yang memicu regenerasi sel juga menjadikan kulit wajah senantiasa segar, anti kusam dan tetap elastis.

Bagi Zweena Lovers yang umurnya sudah di awal 30-an, sebaiknya prioritaskan produk yang mengandung ceramide. Sebab, rentang usia tersebut rawan mengalami masalah penuaan kulit.

5. Mengatasi Kulit yang Sensitif

Kulit yang sensitif mudah sekali bereaksi terhadap berbagai faktor sehingga kerap menyebabkan iritasi pada kulit wajah. Faktor yang dimaksud dapat berupa udara maupun bahan kimia yang terkandung dalam produk perawatan.

Manfaat ceramide untuk kulit sensitif diperkuat oleh American Academy of Dermatology Association yang menegaskan bahwa produk perawatan seperti pelembab yang mengandung ceramide sangat efektif untuk mengurangi iritasi.

Oleh sebab itu, bagi pemilik sensitive skin disarankan untuk menggunakan produk yang berbahan ceramide 1 , ceramide 3 atau kombinasi keduanya.

Ceramide 1 dan ceramide 3 memiliki kemampuan yang baik untuk meningkatkan hidrasi kulit dan merawat kulit yang bertipe sensitif sehingga terhindar dari iritasi yang parah.

Tips Memilih Skincare Berbahan Ceramide

Pasti Zweena Lovers ada yang bertanya-tanya apakah ceramide berbahaya? Jawabannya adalah kandungan ceramide cukup aman diaplikasikan pada kulit normal, kering, sensitif maupun yang acne-prone.   

Walaupun begitu, pemilihan produk skincare tetap perlu diperhatikan dengan serius agar memberikan hasil yang lebih maksimal dan mengurangi risiko yang tidak diharapkan.

Berikut 3 tips untuk memilih skincare ceramide sehingga tidak membahayakan bagi kulit wajah:

1. Pastikan Produk Menggunakan Kemasan yang Kedap Udara

Tips yang pertama adalah pastikan produk yang dibeli menggunakan wadah yang kedap udara dan tahan sinar matahari.

Penggunaan botol yang tidak kedap udara dan mudah dimasuki sinar matahari akan mengurangi tingkat keefektifan ceramide dan bahan aktif lainnya. Dampaknya pun akan jelek ke kulit muka.

2. Lakukan Tes untuk Mengetahui Reaksi Kulit

Sekalipun dinilai aman, sebaiknya tetap perlu mengecek apakah produk berbahan ceramide bisa lanjut dipakai atau tidak.

Cara mengetesnya cukup sederhana yakni dengan mengaplikasikan sedikit isinya pada lengan bagian dalam. Setelah itu, diamkan selama 24 jam untuk melihat reaksi yang dimunculkan.

Kalau reaksi seperti kemerahan dan gatal tidak dirasakan, berarti produk tersebut bisa dilanjutkan pemakaiannya. Sebaliknya jika reaksi alergi muncul, maka hentikan penggunaan produk. Alternatif lain adalah berkonsultasi dengan dokter kulit apabila masih ragu-ragu.

3. Sesuaikan Tekstur Skincare dengan Kondisi Kulit

Produk perawatan wajah maupun badan memiliki tekstur yang beragam, seperti lotion, krim, cairan kental dan pasta. Agar menghindari efek samping yang mungkin ditimbulkan, sebaiknya sesuaikan tekstur skincare ceramide dengan jenis kulit yang dimiliki.

Sebagai contoh, manfaat ceramide dalam pelembab wajah untuk kulit kering dan sensitif akan lebih optimal dan minim risiko apabila bertekstur krim dibanding lotion.

Alasannya, ceramide dalam skincare bertekstur krim lebih efektif dalam melembabkan dan meminimalisir munculnya gejala iritasi.

Produksi Skincare Berbahan Ceramide Dengan Jasa Maklon

Kegunaan ceramide bagi kesehatan kulit memang signifikan. Tidak mengherankan apabila banyak produsen skincare yang gencar memasukan ceramide sebagai salah satu bahan aktif unggulan.

Kabar baiknya, Zweena Lovers bisa memulai bisnis produk perawatan wajah berbahan ceramide sendiri, lo. Modal awal tidak perlu sampai milyaran karena mengandalkan perusahaan maklon kosmetik sangat menghemat budget namun kualitas produk tetap terbaik.

Perusahaan maklon kosmetik merupakan pihak pemberi jasa yang akan memproduksi skincare sesuai permintaan klien. Anda hanya perlu melakukan konsultasi dengan pihak jasa maklon mengenai bahan aktif yang dipakai, budget, jenis kemasan hingga cara pemasaran.

Istimewanya lagi, produk yang dijual sudah berlisensi BPOM dan HAKI. Anda memiliki merk sendiri tanpa pusing memikirkan bagaimana membangun pabrik dan merekrut karyawan. Praktis, kan?

Jasa maklon memang alternatif mudah dan murah untuk menjalani bisnis skincare. Dengan perencanaan yang matang, maka manfaat ceramide dalam produk skincare yang dibuat melalui perusahaan maklon akan lebih terlihat.

Perusahaan maklon terbesar yang sudah berpengalaman dalam memproduksi kosmetik dan skincare adalah Zweena Adi Nugraha. Yuk, segera konsultasikan konsep skincare seperti apa yang Anda inginkan.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *