Cara Memutihkan Kulit

Godaan memiliki kulit putih menjadikan para wanita rela membeli produk pemutih yang mahal sekalipun. Sayangnya, ada efek samping yang patut diwaspadai. Berbeda halnya ketika lebih memilih cara memutihkan kulit dengan bahan alami yang mudah didapat karena minim risiko.

Melakoni cara-cara yang alami memang alternatif terbaik untuk menghindari munculnya masalah kesehatan. Selain itu, bahan yang murah dan mudah diperoleh bisa menghemat biaya. Perawatan pun lebih praktis karena dapat dilakukan sendiri di rumah.

7 Cara Memutihkan Kulit Secara Alami

Ada banyak pilihan untuk membuat kulit menjadi lebih cerah tanpa penggunaan produk kecantikan. Berikut rekomendasi terbaik untuk memutihkan kulit yang bisa Zweena Lovers ikuti:

1.     Rajin Mengkonsumsi Air Putih

Cara yang paling aman dan mudah adalah dengan minum air putih, minimal 8 gelas setiap hari atau lebih ketika cuaca sedang panas. Air putih memiliki segudang manfaat bagi kecantikan dan kesehatan kulit tanpa menimbulkan efek negatif.

Para dermatologis sangat merekomendasikan air putih karena mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Alhasil, kulit akan lebih sehat, segar dan glowing secara alami.

Efek cerah dan glowing yang dihasilkan bersifat permanen, lho. Sebab, air putih benar-benar merawat tubuh dari dalam.

Menurut Institute of Medicine’s Food and Nutrition Board USA, takaran rata-rata air putih yang harus diminum wanita sebanyak 2,6 liter sedangkan laki-laki sebanyak 3,7 liter. Namun, jumlahnya boleh lebih banyak demi memenuhi kebutuhan cairan.  

Agar hasil memutihkan kulit lebih maksimal, sebaiknya mengonsumsi air putih berdasarkan aturan berikut:

  • 1 – 2 gelas pada pagi hari
  • 1 gelas sebelum makan berat
  • 1 gelas setiap merasa lelah
  • 1 gelas sebelum tidur
  • Lebih banyak sebelum dan setelah berolahraga

2.     Lakukan Eksfoliasi Minimal 2 Kali Seminggu

Adakah hubungan antara eksfoliasi dengan skin whitening? Tentu saja ada, bahkan cukup signifikan. Bagi yang belum tahu, eksfoliasi adalah perawatan untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran membandel pada kulit wajah.

Kalau tidak dibersihkan, sel-sel kulit mati akan makin menumpuk dan menimbulkan masalah seperti kulit kusam, kering dan timbul garis-garis halus.

Dengan melakukan eksfoliasi minimal 2 kali seminggu, kulit akan lebih mudah beregenerasi. Wajah pun terlihat lebih sehat, cerah dan bersinar dari dalam.

Eksfoliasi dapat dilakukan di klinik kecantikan maupun secara mandiri di rumah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Contohnya sebagai berikut:

1. Campuran Gula dan Minyak Zaitun

Rekomendasi yang pertama adalah kombinasi super antara gula dan minyak zaitun. Sudah banyak yang menggunakan cara memutihkan kulit dengan gula yang memang terbukti efektif.

Terlebih, gula memiliki butiran-butiran halus yang ideal untuk membersihkan kulit sekaligus mengangkat sel-sel kulit mati.

Caranya cukup dengan mencampurkan ½ cangkir gula pasir dengan ½ cangkir minyak zaitun. Kemudian, oleskan pada seluruh wajah dan bagian kulit lain yang ingin dibersihkan.

Setelah itu, pijat perlahan dengan gerakan melingkar dan biarkan selama 15 menit. Setelah selesai, bilas menggunakan air dingin.

2. Campuran Yogurt dan Oatmeal

Selanjutnya, campuran antara yogurt dan oatmeal dapat membantu mencerahkan kulit. Kandungan yang berperan adalah asam alfa hidroksi yang mampu mengatasi sel-sel kulit mati.

Bagi yang memiliki kulit kering, yogurt juga bisa melembabkan, lho. Jadi, tidak hanya enak sebagai cemilan sehari-hari.

Takaran campurannya cukup 1 sendok teh yogurt, oatmeal, dan madu. Setelah tercampur, oleskan pada kulit wajah lalu pijat dengan gerakan melingkar secara perlahan. Selanjutnya, diamkan antara 10 sampai 15 menit kemudian bilas dengan air dingin.

3.     Rutin Berolahraga

Cara mudah lain untuk menyulap kulit menjadi lebih putih adalah dengan rutin berolahraga. Tidak perlu melakukan jenis olahraga berat, sebab jogging, senam dan yoga pun sudah cukup efektif.

Hal ini sesuai penuturan dermatologist dari Yale’s School of Medicine yang menyebutkan bahwa olahraga mampu meningkatkan sirkulasi darah, sehingga asupan nutrisi dan oksigen untuk kulit tercukupi.

Alhasil, kulit menjadi lebih sehat, kandungan kolagen bertambah dan sel-sel baru pun muncul sehingga kulit lebih muda dan glowing.

4.     Rutin Mengkonsumsi Makanan yang Mencerahkan

Kulit yang putih juga bisa diwujudkan dengan mengonsumsi makanan sehat. Kandungan yang terdapat pada makanan akan bekerja dari dalam untuk menyehatkan dan mencerahkan yang sifatnya tentu permanen.

Salah satu yang wajib Zweena Lovers coba adalah cara memutihkan kulit dengan mengkonsumsi buah kiwi yang kaya akan vitamin C. Kandungan vitamin C yang berkadar tinggi pada kiwi efektif mencerahkan kulit sekaligus melindungi kulit dari paparan radikal bebas.

Pilihan lain adalah alpukat yang mengandung vitamin C dan vitamin E sekaligus. Kedua bahan tersebut sangat dibutuhkan oleh kulit sebagai pencerah dan pelembab.

Selain buah, vitamin C pada sayur seperti brokoli dan tomat juga berkhasiat memutihkan kulit. Sayuran tersebut dapat dikonsumsi dengan direbus atau dijadikan salad.

5.     Maskeran Menggunakan Campuran Lemon dan Madu

Cara selanjutnya adalah dengan rutin maskeran dari campuran lemon dan madu. Lemon memang sudah sejak lama diakui sebagai natural agent untuk mencerahkan kulit.

Hasil penelitian yang termuat dalam International Journal for Applied Sciences memaparkan bahwa kandungan pada lemon dapat memberikan efek cerah dan memudarkan bintik hitam. Penggunaan yang dicampurkan dengan madu akan menambah efek hidrasi yang bagus untuk kulit.

Caranya sangat mudah yakni dengan mencampurkan ½ cangkir air perasan lemon, ½ cangkir gula pasir dan 1 sendok teh madu. Setelah itu, oleskan pada kulit wajah lalu pijat secara perlahan. Kemudian biarkan selama 15 menit. Terakhir, bilas menggunakan air dingin.

6.     Luluran dengan Sari Bengkoang

Banyak produk pemutih wajah dan badan yang memasukan bengkoang sebagai bahan utamanya. Sebab, buah tersebut memiliki kadar vitamin C yang tinggi sehingga efektif memutihkan sekaligus membuat kulit lebih bersinar.

Cara membuat lulur alami dari bengkoang sangat mudah untuk dipraktekkan di rumah. Langkahnya sebagai berikut:

  • Siapkan dan cuci bersih satu buah bengkoang
  • Setelah itu, parut halus bengkoang sampai habis
  • Tambahkan sedikit air lalu gunakan sebagai lulur untuk seluruh badan dan wajah
  • Gosok-gosokan parutan bengkoang secara perlahan dengan gerakan melingkar
  • Setelah itu, diamkan antara 10 – 15 menit
  • Terakhir, bilas menggunakan air lalu keringkan

Jika ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal, sebaiknya lakukan 3 kali dalam seminggu.

7.     Maskeran dengan Bubuk Kopi dan Sari Lemon

Kabar baik bagi pecinta kopi karena stok kopi yang melimpah di rumah bisa juga dimanfaatkan sebagai masker pemutih wajah. Lumayan bisa menghemat biaya perawatan di salon, kan?

Ternyata, cara memutihkan kulit dengan kopi yang dicampur perasan lemon digandrungi banyak orang. Kopi memiliki kandungan yang mampu meningkatkan kolagen pada kulit sehingga memberikan efek cerah alami dari dalam.

Selain itu, elastisitas kulit juga terjaga sehingga wajah terlihat lebih muda dan segar. Sedangkan manfaat lemon yang banyak mengandung vitamin C memang efektif sebagai bahan pencerah.

Cara membuat campurannya yakni dengan menambahkan ¼ cangkir bubuk kopi, ¼ cangkir gula merah dan 3 sendok teh air perasan lemon.

Setelah tercampur rata, gosokkan secara perlahan ke permukaan kulit. Kemudian, biarkan sampai 15 menit lalu bersihkan menggunakan air.

Bahan alami yang disebutkan memang mudah didapat, bukan? Selain menggunakannya secara langsung, cara memutihkan kulit wajah dan tubuh juga bisa dengan mengolah bahan alami tersebut menjadi produk kecantikan herbal yang aman.

Pilihan yang tepat bagi yang ingin memiliki produk pemutih 100% alami untuk digunakan sendiri maupun dijual sebagai lahan bisnis. Jika berminat, percayakan proses pemilihan bahan baku terbaik dan pembuatannya sampai siap jual ke Pabrik Maklon Kosmetik Zweena.

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *