Cara Alami Menghilangkan Jerawat dengan Cepat

Wajah berjerawat pasti membuat tidak nyaman, malu, bahkan minder. Ternyata, ada banyak cara alami menghilangkan jerawat dan hasilnya efektif. Selain itu, cara-cara ini juga hemat biaya. Sweena Lovers cukup memanfaatkan bahan-bahan alami di dapur.

Apa Sih Penyebab Jerawat?

1 Memencet Jerawat

Rasa tak sabar ingin segera menghilangkan jerawat dengan cara memencetnya justru akan membuat jerawat semakin banyak, apalagi kalau tangan tidak benar-benar bersih.

2. Mengkonsumsi Makanan Tak Sehat

Makanan dengan lemak tinggi & tak sehat bisa menyebabkan jerawat karena membuat kulit memproduksi sebum berlebih.

3. Ponsel yang Kotor

Tanpa disadari, kita sering menempelkan ponsel ke wajah saat menelpon atau menerima telepon. Jika ponsel kotor, hal ini bisa menyebabkan jerawat.

4. Terlalu Sering Mencuci Muka

Ternyata, mencuci muka terlalu sering justru dapat menyebabkan produksi minyak berlebih yang akhirnya menimbulkan jerawat.

5.  Makeup Berlebihan

Banyak perempuan yang sering memakai makeup berlebihan. Padahal, hal ini justru membuat kulit tidak sehat, apalagi jika makeup tidak cocok dengan kulit. Akhirnya, timbullah jerawat.

6. Perubahan Hormon

Tak hanya remaja, orang dewasa juga dapat berjerawat karena perubahan kadar hormone. Hal ini lebih sering terjadi pada Wanita. Misalnya saat menstruasi atau hamil, perubahan hormone terjadi dengan signifikan sehingga timbul jerawat.

7. Pubertas

Di masa puber, produksi sebum yang dihasilkan kelenjar minyak meningkat sebab produksi hormone testosteron pria meningkat. Remaja di usia puber biasanya mengalami jerawat.

8.Kurang Menjaga Kebersihan

Kotoran yang menumpuk di pori-pori wajah dapat menyebabkan jerawat. Penumpukan kotoran ini disebabkan kurangnya menjaga kebersihan.

Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami?

1 Menggunakan Uap

Uap air panas bisa membuka pori-pori sehingga kulit dapat bernapas. Kotoran yang terperangkap di pori-pori pun bisa keluar. Caranya, cukup taruh air panas ke satu wadah dan letakkan wajah di atasnya selama beberapa menit. Agar efektif, lakukan cara ini dengan rutin, terutama sebelum tidur.

2. Menggunakan Es Batu

Ternyata, es batu bisa meningkatkan sirkulasi darah, Zweena Lovers. Jika peredaran darah lancar, jerawat pun hilang. Caranya mudah, cukup bungkus es batu dengan kain bersih dan letakkan pada jerawat di wajah selama beberapa detik secara rutin sampai jerawat mengempis dan hilang.

3. Menggunakan Masker Cuka Sari Apel

Zweena Lovers pasti tahu kan, kalau apel mengandung banyak vitamin, serat, dan mineral. Itulah kenapa apel dapat dipakai sebagai bahan dasar cuka apel. Dengan kandungan asam asetat tinggi & anti mikroba, cuka sari apel bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat dengan dijadikan masker.

4. Menggunakan Masker Soda Kue & Air

Ternyata, baking soda yang kerap digunakan untuk membuat kue juga bisa dipakai untuk menghilangkan jerawat. Pasalnya, soda kue bisa menyeimbangkan pH kulit dan mencegah jerawat. Soda kue bisa menjadi antiseptic & anti-inflamasi untuk menghilangkan jerawat membandel.

5. Menggunakan Masker Alpukat & Madu

Dengan kandungan vit. E yang tinggi, alpukat bisa menembus pori-pori kulit dan meredakan peradangan kulit. Dengan kandungan hidrogen peroksida, madu bersifat anti-bakteri. Gabungan kedua bahan tersebut bisa menghilangkan bekas jerawat dengan cepat.

6. Menggunakan Masker Yogurt & Madu

Selain bakteri baik, yogurt juga mengandung asam alfa hidroksi dan asam laktat yang membantu menghilangkan sel kulit mati penyumbat pori-pori & penyebab jerawat. Salah satu cara alami menghilangkan jerawat adalah dengan membuat masker wajah dengan yogurt & madu.

7. Menggunakan Masker Lemon

Kandungan asam askorbat-L di dalam lemon bisa mengurangi masalah peradangan di kulit wajah yang memiliki jerawat. Lemon juga bisa membersihkan pori-pori wajah yang tersumbat. Bahkan, lemon bisa mencerahkan wajah & menghilangkan noda bekas jerawat lho, Zweena Lovers. Salah satu penggunaannya adalah dengan mengaplikasikan lemon sebagai masker wajah.

8. Menggunakan Masker Jeruk Nipis

Mirip dengan lemon, jeruk nipis juga dapat menghilangkan jerawat. Dengan campuran madu, Zweena Lovers bisa membuat masker wajah agar wajah bersih bebas jerawat.

9. Menggunakan Masker Pisang & Kunyit

Pisang mengandung vit. E, potassium, dan antioksidan yang bisa mencerahkan & melembabkan kulit wajah. Pisang juga mengandung lektin yang bisa membasmi bakteri penyebab jerawat. Di sisi lain, kunyit mengandung kurkumin yang bagus untuk mengobati kulit meradang pada wajah. Campuran kedua bahan ini bisa dipakai untuk masker wajah agar bebas jerawat.

10. Menggunakan Masker Bawang Putih

Mungkin Zweena Lovers banyak yang belum tahu, kalau bawang putih ternyata bukan hanya untuk bumbu masak tapi juga masker wajah. Ya, bawang putih berfungsi sebagai antiseptic, anti jamur, dan anti virus sehingga bisa menjaga Kesehatan kulit. Kandungan zat sulfur di dalamnya juga ampuh menghilangkan jerawat.

11. Menggunakan Masker Tomat

Mengandung banyak vit. A & C, tomat sering dipakai untuk menghilangkan jerawat. Memakai masker tomat selama 15 menit secara rutin bisa membuat wajah bebas jerawat.

12. Menggunakan Masker Lidah Buaya

Selain bagus untuk rambut, ternyata lidah buaya juga bagus untuk kulit lho, Zweena Lovers. Kandungan senyawa aktif pada daun lidah buaya berfungsi sebagai anti bakteri yang dapat menghilangkan jerawat. Dengan masker lidah buaya, jerawat akan berangsur hilang.

13. Menggunakan Masker Mentimun

Selain kadar air tinggi, mentimun juga mengandung vit. A, B & C, serta mineral. Mentimun mempunyai sifat diuretic, pembersih wajah, dan efek pendingin. Itulah kenapa mentimun kerap dipakai sebagai masker wajah untuk menghilangkan jerawat.

14. Menggunakan Masker Kulit Jeruk

Selain dagingnya, jeruk juga bisa dimanfaatkan kulitnya. Kulit jeruk sendiri mengandung vit. A & C, antioksidan, dan flavonoid, serta serat yang tinggi. Beberapa manfaatnya adalah menghilangkan sel kulit mati, mencerahkan kulit kusam, menghilangkan noda di wajah, dan mengecilkan pori-pori.

15. Menggunakan Masker Putih Telur

Jika Zweena Lovers mengira putih telur hanya untuk dimakan, itu salah besar. Ternyata, putih telur bisa dipakai untuk masker untuk menghilangkan jerawat. Kandungan enzim lysoim-nya bisa menghancurkan dinding sel bakteri yang menyebabkan jerawat serta mengecilkan pori-pori kulit dan juga mengurangi minyak berlebih penyebab jerawat.

16. Menggunakan Masker Pepaya

Tak hanya enak dimakan, papaya juga dapat mengurangi peradangan kulit, mengatasi kulit kemerahan akibat jerawat, mengikis sel kulit mati, dan mencerahkan kulit karena kandungan enzim papain dan antioksidan-nya.

17. Menggunakan Masker Daun Pepaya

Bukan hanya buahnya, daun pepaya juga bisa dipakai sebagai masker untuk menghilangkan jerawat. Mengandung senyawa karpain, daun pepaya bisa membunuh mikro organisme di kulit. Jerawat pun hilang dengan efektif.

18. Menggunakan Kentang

Mengandung vitamin & mineral, kentang bisa menghilangkan jerawat dengan cara menempelkan irisan-irisan kentang ke bekas jerawat.

Sebenarnya, masih banyak lagi cara alami menghilangkan jerawat yang efektif seperti dengan bawang merah, the hijau, kayu manis, minyak kelapa, bubuk kunyit, bawang putih, dan air mineral.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *