Cara Menghilangkan Noda dan Bopeng Bekas Jerawat Secara Alami

 

Noda dan bopeng bekas jerawat merupakan sebuah aib yang bisa membuat penderita merasa kurang percaya diri dengan penampilannya. Untuk mengatasi hal tersebut, banyak yang mencari cara menghilangkan noda dan bopeng bekas jerawat.

Ada cukup banyak skincare yang menawarkan manfaat satu ini. Namun selain menggunakan produk skincare tersebut, Zweena Lovers memiliki alternatif lain yang lebih aman untuk mengatasi noda serta bopeng bekas jerawat tersebut, yakni dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Cara Menghilangkan Noda dan Bopeng Bekas Jerawat Menggunakan Bahan Alami

Muncul pertanyaan apakah bopeng bekas jerawat akan hilang? Secara umum, bekas jerawat memang tidak akan hilang dengan sendirinya kecuali dengan sejumlah perawatan. Perawatan ini sendiri ada beberapa pilihan dan salah satunya menggunakan bahan alami.

Perlu diketahui juga bahwa perawatan dengan bahan alami sebenarnya tidak sepenuhnya efektif. Akan tetapi perawatan yang murah meriah dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan seperti ini juga layak dicoba.

Sejumlah bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan noda serta bopeng bekas jerawat adalah sebagai berikut.

1. Asam Jawa

Asam jawa umum dijadikan campuran saat membuat minuman herbal, khususnya sinom. Buah yang rasanya kecut ini mengandung vitamin C dalam jumlah yang lumayan tinggi dan di dalamnya juga ada kandungan antioksidan.

Kandungan tersebut membuat asam jawa dipercaya bisa menjadi penyembuh sekaligus bahan alami yang dapat menyamarkan noda bekas jerawat. Sedangkan cara menghilangkan noda dan bopeng bekas jerawat menggunakan buah asam ialah sebagai berikut.

  1. Sediakan asam jawa yang sudah matang secukupnya saja
  2. Buang biji asam jawa tersebut lalu lumatkan dagingnya hingga bentuknya menyerupai pasta
  3. Tambahkan madu sedikit saja lalu aduk supaya asam jawa dan madu tercampur dengan merata
  4. Aplikasikan campuran asam jawa dan madu ini pada kulit wajah secara merata atau pada bagian-bagian yang ada bekas jerawatnya
  5. Diamkan masker beberapa saat baru setelah itu bilas wajah hingga bersih

2. Bawang Putih

Bumbu dapur yang juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan noda serta bopeng bekas jerawat lainnya ialah bawang putih. Bahan alami yang satu ini memang kaya akan nutrisi dan nutrisinya tersebut bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan jerawat dan sekaligus menyamarkan noda bekasnya.

Untuk memanfaatkan bawang putih mengatasi noda serta bopeng bekas jerawat pada wajah bisa ikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini.

  1. Sediakan bawang putih secukupnya saja lalu kupas kulitnya dan cuci sampai bersih
  2. Haluskan bawang putih tadi dan aplikasikan pada wajah. Mungkin nanti akan muncul sensasi rasa perih pada wajah, ditahan saja ya karena ini artinya nutrisi yang ada dalam bawang putih tengah bekerja
  3. Setelah beberapa saat, bilas wajah hingga bersih

3. Lemon

Lemon merupakan salah satu bahan yang memang umum dijadikan campuran dalam produk kosmetik. Dengan kandungan vitamin C yang tinggi, lemon memiliki kemampuan dalam hal mencerahkan kulit wajah.

Sedangkan bagian dari lemon yang digunakan menghilangkan noda serta bopeng bekas jerawat ialah airnya. Jadi nanti Zweena Lovers perlu menyediakan buah lemon secukupnya lalu peras untuk diambil airnya.

Setelah itu aplikasikan air perasan jeruk lemon tadi pada kulit wajah yang diingin dan diamkan selama beberapa saat. Baru setelah itu bilas kulit wajah Anda menggunakan air hangat.

4. Putih Telur

Putih telur tidak hanya lezat dimakan namun juga memiliki kemampuan yang sama seperti bahan alami sebelumnya, yakni membantu menghilangkan noda serta bopeng bekas jerawat. Caranya juga sama, yakni dengan menjadikan putih telur sebagai masker.

Setelah putih telur diaplikasikan, tunggu sampai masker tadi mengering yang lama waktunya sekitar 15 menitan. Baru setelah itu bilas wajah hingga bersih. Tidak hanya membantu mengatasi bekas jerawat, bahan alami satu ini juga membantu mengatasi penuaan dini loh.

5. Lidah Buaya

Bahan lain apa yang bisa menghilangkan bopeng? Salah satu jawabannya ialah lidah buaya. Ini adalah tanaman yang bergerigi di bagian pinggirnya, namun yang digunakan sebagai masker wajah adalah dagingnya atau gelnya.

Jika Zweena Lovers sedang dalam masa penyembuhan jerawat, lidah buaya ini akan membantu supaya proses penyembuhan bisa lebih cepat dan sekaligus membuat kulit jadi lebih kencang dan halus. Bonusnya lagi flek hitam bekas jerawat bisa lebih tersamarkan.

6. Bawang Merah

Tidak hanya bawang putih saja yang bisa digunakan untuk menghilangkan noda dan bopeng bekas jerawat, namun bawang merah juga. Hal ini bahkan telah dibuktikan melalui penelitian yang ada dalam Journal of Cosmetic Dermatology.

Peneliti menjelaskan bahwa peserta penelitian yang mengaplikasikan gel ekstrak bawang merah telah mengalami perbaikan pada tekstur bekas lukanya. Bukan hanya itu, bekas luka ini juga jadi lebih halus dan warna kemerahannya dapat berkurang setelah 4 minggu.

Alternatif Lain untuk Menghilangkan Noda dan Bopeng Bekas Jerawat

Apakah bopeng bisa hilang secara alami? Sekali lagi, umumnya bekas jerawat itu sifatnya permanen dan tidak bisa hilang dengan sendirinya. Oleh sebab itu diperlukan perawatan kulit jika memang ingin menyingkirkannya.

Selain menggunakan bahan-bahan alami seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, alternatif perawatan lain yang bisa dilakukan ialah dengan perawatan dari dokter serta menjaga kesehatan kulit.

1. Perawatan Kulit Wajah Dari Dokter

Perawatan bekas jerawat dari dokter spesialis kulit umumnya akan ditentukan berdasarkan pada sejumlah faktor, diantaranya jenis jerawat dan bekasnya, riwayat medis, kondisi kesehatan, usia serta pendapat dari si pasien itu sendiri.

Akan tetapi secara umum beberapa pilihan perawatan dari dokter diantaranya sebagai berikut.

  1. Dermal filler atau suntik wajah. Yakni prosedur yang dilaksanakan untuk menyamarkan lipatan dan keriput, mengembalikan kekenyalan pipi serta menebalkan bibir. Dengan pilihan pertama ini, biasanya dokter akan menyuntikkan cairan dengan ke bagian wajah yang memang membutuhkan
  2. Dermabrasi yaitu prosedur pengelupasan kulit dengan memakai alat yang berputar di permukaan kulit supaya lapisan terluarnya terangkat. Lapisan terluar ini nanti akan dibuang sehingga nantinya muncul kulit yang merah dan panas rasanya. Saat proses penyembuhan akan terbentuk kerak dan biasanya dalam waktu 1 hingga 2 minggu kulit akan lebih mulus dan merona
  3. Chemical peeling yaitu prosedur yang dilaksanakan dengan mengoleskan larutan kimia pada kulit leher dan wajah. Untuk setiap sesi akan digunakan cairan yang berbeda namun bahan utamanya sama yakni asam trikloroasetat atau asam glikolat. Dengan bahan ini sel kulit mati akan terangkat dan kulit akan terkelupas sehingga kulit yang lama akan digantikan dengan kulit baru
  4. IPL Treatment yakni perawatan yang dilakukan dengan memanfaatkan cahaya lampu xenon dengan intensitas tinggi yang tujuannya adalah untuk meremajakan kulit.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Menjaga kesehatan kulit bisa dilakukan diantaranya dengan rutin mencuci wajah dengan pembersih yang cocok untuk jenis kulit, memilih kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit, tidak menyentuh kulit wajah saat tangan kotor, mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup dan menjalankan pola makan sehat.

Dari berbagai cara menghilangkan noda dan bopeng bekas jerawat, manakah yang paling menarik menurut Zweena Lovers? Apapun pilihannya, jika Zweena Lovers ingin menciptakan produk pembasmi noda serta bopeng bekas jerawat, bisa gunakan jasa maklon agar tidak repot.

Banyak jasa maklon yang terpercaya dan salah satunya adalah Zweena. Ada cukup banyak produk yang bisa diorder selain skincare, diantaranya ialah kosmetik, sabun dan juga minuman herbal. Ada harga khusus juga untuk setiap orderan yang dilakukan.

Ingin info lebih banyak? Bisa kunjungi zweena.co.id ya.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *