Gel Lidah Buaya: Kandungan, Manfaatnya untuk Kecantikan dan Efek Sampingnya

Jika dipegang terasa licin, seperti berlendir dan bagi sebagian orang mungkin enggan untuk menyentuhnya karena lengket. Namun gel lidah buaya tidak bisa dan tidak seharusnya dipandang sebelah mata.

Memangnya apa manfaat gel lidah buaya? Lidah buaya adalah tanaman yang dipercaya memiliki banyak khasiat. Tanaman ini bergerigi di bagian pinggirnya dan terdiri atas 3 lapis, yakni lapisan pertama yang merupakan pelindung, lapisan kedua atau lateks dan lapisan ketiga atau gel.

Lapisan pertama adalah tempat sintesis protein dan karbohidrat. Lapisan kedua adalah lapisan kuning yang rasanya pahit dan mengandung glikosida dan antrakuinon yang berperan sebagai antioksidan. Lalu lapisan ketiga atau gel terdiri atas air, sterol. Vitamin, lipid, glukomanan dan asam amino.

Kandungan Gel Lidah Buaya

Rasanya tidak salah jika lidah buaya dikenal sebagai tanaman yang bagus untuk kesehatan dan juga kecantikan. Pasalnya, di dalam lidah buaya ada banyak kandungan nutrisi yang mendukung untuk itu. Berikut sejumlah kandungan dan sifat lidah buaya yang membuatnya memiliki banyak manfaat.

  1. Mineral yang terdiri atas potassium mangan, zinc, selenium, kromium, magnesium, sodium dan kalsium
  2. Asam folat (B29) dan kolin
  3. Asam amino
  4. Vitamin E yang memang diperlukan untuk imunitas kulit
  5. Vitamin B12
  6. Vitamin B untuk menghilangkan rasa nyeri pada otot
  7. Vitamin C
  8. Vitamin A yang berbentuk beta-karoten

Kandungan yang dimiliki oleh lidah buaya tersebut bahkan sudah dibuktikan oleh banyak penelitian. Selain berbagai kandungan di atas, lidah buaya juga diketahui memiliki 8 enzim yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit.

Kedelapan enzim tersebut ialah lipase, peroksidase, aliase, carboxypeptidase, amylase, bradykinase, alkaline phosphatase, katalase dan selulase. Enzim yang bermanfaat mengurangi peradangan adalah enzim bradykinase.

Sementara enzim yang lain bisa membantu tubuh untuk memecah lemak serta gula. Sejumlah penelitian juga telah menemukan manfaat lain dari lidah buaya. Tanaman ini diketahui sebagai tanaman yang mempunyai sifat analgesik, antibakteri, antioksidan, antivirus, antiseptik dan anti radang.

Manfaat Gel Lidah Buaya

Berbagai kandungan nutrisi dalam daging lidah buaya di atas menjadi salah satu alasan kenapa tanaman bergerigi ini banyak digunakan sebagai masker wajah. Memangnya apa manfaat gel lidah buaya untuk wajah? Berikut informasinya.

1. Sebagai Media Detoksifikasi Alami

Dalam tubuh manusia ada banyak zat berbahaya dan beracun yang bisa masuk melalui berbagai hal. Salah satunya ialah akibat kontaminasi lingkungan sekitar seperti debu dan partikel polusi yang dapat menempel pada kulit.

Apabila zat berbahaya dan beracun ini tidak dibersihkan, maka dapat menimbulkan sejumlah penyakit. Sedangkan untuk mengeluarkannya, bisa menggunakan aloe vera atau lidah buaya.

2. Mengurangi Peradangan atau Inflamasi Termasuk Akibat Jerawat

Seperti yang sudah diketahui, daging lidah buaya memiliki sifat anti inflamasi. Dengan anti inflamasi ini lidah buaya mampu mengurangi peradangan yang dapat dimanfaatkan dengan cara menjadikannya sebagai jus lalu diminum atau dengan mengoleskannya pada bagian kulit yang bermasalah.

Salah satu hal yang menyebabkan munculnya peradangan adalah kerusakan oksidatif dengan penyebabnya radikal bebas dalam tubuh yang merusak sel-sel tubuh. Sedangkan kandungan antioksidan lidah buaya akan mengikat radikal bebas tadi yang pada akhirnya peradangan dapat teratasi.

Untuk wajah berjerawat, lidah buaya juga bisa mengurangi peradangannya dan sekaligus mengobatinya. Pasalnya, lidah buaya memiliki sifat antibakteri dengan kandungan astringent dan saponin di dalamnya yang akan membantu menyerap lemak berlebih di wajah.

Tidak hanya bisa mengurangi peradangan jerawat, lidah buaya bahkan dapat membantu mencegah munculnya jerawat.

3. Melembabkan Kulit

Rutin mengoleskan daging lidah buaya dapat membantu menjaga kelembaban kulit dan hal ini juga berlaku untuk kulit wajah. Manfaat daging lidah buaya satu ini begitu penting untuk diperhatikan karena kulit wajah yang kering akan memicu munculnya sejumlah masalah.

Diantaranya ialah masalah kulit terkelupas, kulit bersisik hingga munculnya jerawat. Selain itu, kulit kering akan lebih mudah mengalami ruam, luka sobek dan teriritasi. Dengan menerapkan lidah buaya, kulit akan tetap terhidrasi dengan baik.

4. Mencerahkan Wajah

Hadirnya lidah buaya bagaikan angin segar bagi para pemilik kulit kusam. Bagaimana tidak, tanaman satu ini memiliki manfaat mampu mencerahkan kulit wajah. Hal ini dapat terjadi berkat kandungan enzim di dalam lidah buaya yang tidak hanya membuatnya cerah namun juga melembutkan kulit yang kasar.

5. Menghilangkan Bintik Hitam

Untuk wajah yang memiliki flek dan bintik hitam, daging lidah buaya juga bisa menjadi solusinya. Masalah flek dan bintik hitam ini bisa diatasi dengan catatan mengaplikasikan daging lidah buaya harus dilakukan secara teratur, paling tidak dua kali dalam sehari.

6. Mencegah Tanda Penuaan dan Mengurangi Stretch Mark

Kerutan dan garis halus pada kulit akan muncul seiring dengan bertambahnya usia. Hal tersebut dapat terjadi salah satunya adalah karena kulit kehilangan elastisitas dan kelembabannya. Namun sebenarnya tanda-tanda penuaan tersebut dapat dicegah dengan lidah buaya.

Hal ini dikarenakan lidah buaya dapat memberikan efek melembabkan yang sekaligus membantu pengangkatan sel kulit mati. Bukan hanya itu, daging lidah buaya juga bisa mengurangi stretch mark loh.

Efek Samping Gel Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya yang begitu banyak untuk kecantikan bisa menarik orang untuk menerapkannya secara rutin pada kulit. Produk-produk berbahan dasar daging aloe vera banyak diburu dan ini juga bisa menjadi alternatif bagi Zweena Lovers yang ingin mendapatkan manfaat lidah buaya untuk kecantikan.

Jika ada pertanyaan produk berbahan dasar gel lidah buaya harganya berapa, sudah tentu jawabannya akan bervariasi. Penggunaan produk jadi seperti itu memang bisa menjadi alternatif yang bagus. Namun tentu saja lebih baik jika menggunakan daging lidah buaya yang alami yang baru dipetik.

Untuk itu, tidak ada salahnya jika menanam lidah buaya di lahan kosong di rumah supaya bisa merasakan manfaatnya setiap saat. Toh penggunaannya juga sangat mudah.

Bisa dengan mengoleskannya langsung pada kulit wajah, bisa dengan menjadikannya sebagai jus atau bisa juga mengkombinasikannya dengan bahan lain saat akan dijadikan sebagai masker. Menggunakan lidah buaya yang alami seperti ini bisa menghindarkan diri dari risiko iritasi terutama pada kulit sensitif.

Jadi, walaupun menggunakan produk alami dari alam sekalipun, tetap ada risiko dan efek sampingnya. Daging lidah buaya berisiko menimbulkan iritasi pada kulit yang sensitif dan bahkan juga bisa menimbulkan efek samping kulit yang terasa terbakar.

Maka dari itu, sebelum menggunakan daging lidah buaya pada kulit, sebaiknya lakukan tes alergi tidaknya kulit terlebih dahulu. Caranya dengan mengoleskan daging lidah buaya pada punggung tangan. Jika muncul rasa gatal dan warna memerah setelahnya, ini berarti lidah buaya sebaiknya tidak digunakan

 

Terlepas dari hal tersebut, jika Zweena Lovers tertarik untuk membuat produk perawatan kulit dengan bahan dasar daging lidah buaya, dapat menggunakan jasa maklon Zweena. Ini adalah jasa maklon yang membuat kosmetik, sabun herbal, skincare dan juga minuman kecantikan.

Jika Zweena Lovers tertarik, bisa segera hubungi customer service Zweena atau kalau masih ingin mendapatkan informasi lebih lanjut, kunjungi saja website zweena.co.id. Ingat, memilih jasa maklon harus yang terpercaya, seperti Zweena ini ya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *