Tips Memilih Kosmetik Aman untuk Kulit dan Daftar Bahan Berbahaya yang Perlu Dihindari

Produk kosmetik serta perawatan kulit digemari oleh banyak orang, khususnya kalangan remaja wanita. Sayangnya, tidak semua kosmetik aman untuk kulit karena ada beberapa diantaranya yang masih mengandung bahan berbahaya. Biasanya, kosmetik yang seperti ini adalah kosmetik ilegal.

Umumnya, kosmetik berbahaya menjanjikan hasil yang dapat terlihat dalam waktu singkat. Hal ini adalah tawaran yang sangat menggiurkan terutama bagi mereka yang ingin sekali merubah penampilannya dengan cepat. Memang, penampilan jadi lebih bagus, namun kesehatan jadi terancam.

Tips Memilih Kosmetik Aman untuk Kulit

Semakin maraknya peredaran produk kosmetik palsu, ini membuat masyarakat dituntut untuk selektif dalam memilih kosmetik aman untuk kulit. Berikut tips yang dapat diterapkan.

1. Beli Produk Kosmetik di Toko Terpercaya

Untuk mendapatkan produk kosmetik yang aman untuk kulit, maka pastikan untuk membelinya di toko-toko yang terpercaya. Tidak hanya bisa didapatkan di toko konvensional, produk semacam ini juga bisa didapat secara online di toko online.

Akan tetapi sekali lagi, pastikan hanya membeli produk kosmetik di toko yang terpercaya. Sebenarnya lebih bagus jika membelinya di toko konvensional secara langsung karena dengan begini Zweena Lovers bisa langsung mengecek warna kemasan, tekstur produk, aromanya dan lain-lainnya secara detail.

Sekedar saran, sebaiknya hindari produk kosmetik yang aromanya menyengat, teksturnya tidak biasa dan warna kemasannya kurang meyakinkan seperti lebih mudah atau justru kurang pekat. Karena produk-produk yang seperti ini disinyalir sebagai produk palsu.

2. Cek Kemasan Produk

Selain perlu membeli di toko yang terpercaya, Zweena Lovers juga harus memperhatikan kemasan produk dengan seksama terlebih dahulu. Tidak hanya harus memperhatikan warnanya, namun perhatikan apakah di kemasan tersebut tertera Nomor Izin Edar atau NIE-nya.

Produk yang legal serta aman tentunya memiliki izin yang resmi dari BPOM dan dibuktikan dengan adanya nomor izin edar tersebut. Apabila nomor izin edar ini sudah ada pada suatu produk, maka bisa dikatakan bahwa bahan-bahan dalam produk terjamin aman.

Pastinya, BPOM sudah melakukan uji terlebih dahulu untuk memberikan nomor izin edar tersebut, jadi benar-benar tidak sembarangan. Lalu, cream apa saja yang sudah BPOM?

Ini adalah pertanyaan yang bagus, dan kabar baiknya, sekarang memastikan nomor izin edar pada kemasan benar-benar legal sangat mudah. Yaitu dengan memanfaatkan web resmi BPOM.

Dengan adanya bantuan dari website resmi seperti ini, produsen kosmetik tidak bisa menempelkan nomor izin edar palsu. Jadi ketika nanti akan membeli kosmetik, pastikan untuk mengecek kemasannya dan juga lihat di website resmi BPOM juga ya.

Jangan lupa juga untuk melihat tanggal kadaluarsanya. Karena akan percuma produk memiliki nomor izin edar dan sudah terdaftar di website BPOM namun ternyata sudah kadaluarsa, produk tetap tidak aman.

3. Sesuaikan dengan Jenis Kulit

Terakhir namun juga sangat penting untuk diperhatikan adalah sesuaikan kosmetik yang akan dipilih dengan jenis kulit. Secara umum ada 3 jenis kulit yakni kulit berminyak, kulit kering dan kulit normal. Namun ada juga jenis kulit kombinasi yang berminyak di bagian tertentu dan di bagian lainnya kering.

Masing-masing jenis kulit memiliki tingkat kecocokan tertentu dengan kosmetik tertentu pula. Oleh sebab itu, sebelum membeli produk kosmetik, pastikan Zweena Lovers mengenali jenis kulit diri sendiri terlebih dahulu ya.

Mengenai hal ini, Zweena Lovers bisa bertanya pada dokter atau bisa juga konsultasi langsung di klinik kecantikan untuk memastikannya. Jadi mulai sekarang sebaiknya stop bertanya pakai cream apa biar wajah glowing, karena bisa saja suatu produk cocok di kulit tertentu dan tidak cocok di kulit lainnya.

Daftar Bahan Berbahaya Dalam Produk Kosmetik yang Perlu Dihindari

Merk kosmetik apa saja yang berbahaya? Pertanyaan semacam ini wajar muncul karena kekhawatiran akan mendapatkan kosmetik yang tidak bagus untuk kesehatan. Sayangnya, di luar sana ada cukup banyak kosmetik yang mengandung bahan-bahan toksik.

Untuk menghindarinya, maka Zweena Lovers perlu mengetahui bahan apa saja sih yang ada dalam kosmetik tertentu namun berbahaya jika tetap digunakan. Informasi beberapa bahan yang dimaksud adalah sebagai berikut.

1. Merkuri

Krim pemutih apa yang bagus dan aman? Sudah tentu yang bebas merkuri. Bahan berbahaya satu ini memang umum ditemukan pada blush on, eye shadow serta bedak karena memiliki kemampuan dapat mengawetkan produk.

Merkuri juga biasa ada pada krim yang dapat memutihkan kulit dan biasanya diiming-iming dengan hasil yang dapat terlihat dengan cepat. Memang, selain bisa mengawetkan, bahan satu ini juga bisa membuat kulit wajah jadi lebih putih.

Sayangnya, merkuri itu adalah logam berat yang memiliki sifat beracun. Apabila bahan ini sampai terserap ke dalam tubuh, maka tubuh berisiko terkena kerusakan saraf dan otak.

Selain itu, tubuh juga berisiko mengalami penyakit ginjal, menurunnya daya tahan tubuh, gangguan fungsi paru serta muncul masalah pada sistem pencernaan. Sementara untuk kulit, merkuri dapat menyebabkan iritasi, bintik hitam dan juga alergi.

2. Paraben

Paraben adalah salah satu pengawet yang umum ditemukan dalam kosmetik. Produk yang mengandung paraben diduga dapat menimbulkan kekhawatiran akan risiko kanker payudara. Akan tetapi, di Amerika sana, paraben tidak dibatasi.

Studi di Harvard juga sudah menghubungkan antara penumpukan paraben dalam badan dengan tingkat kesuburan yang berkurang. Akan tetapi, FDA sendiri masih belum mempunyai bukti yang kuat yang dapat menunjukkan bahwa paraben secara nyata dapat mempengaruhi kesehatan manusia.

Intinya, ini adalah bahan yang meskipun dinilai cukup berbahaya namun tidak terlalu perlu dikhawatirkan. Namun jika kekhawatiran tersebut tetap ada, sebaiknya berhenti saja menggunakannya terutama apabila produk menyebabkan iritasi.

3. Asam Retinoat

Asam retinoat pada awalnya dimanfaatkan untuk mempercepat proses regenerasi kulit mati sehingga pembentukan sel baru dengan ukuran pori-pori yang lebih kecil lebih mudah dan kulit terlihat lebih mulus. Namun, jika kulit tidak cocok dengan bahan satu ini, maka sel kulit akan rusak.

Akibatnya, kulit akan tampak terkelupas dan kering. Selain itu, bagian kulit yang terkena asam retinoat akan terasa panas serta dapat menimbulkan teratogenik dan iritasi.

4. Timbal

Timbal umum ditemukan dalam produk lipstik dan sayangnya ini juga merupakan logam beracun yang dapat mengancam kesehatan. Penggunaan timbal dalam kosmetik dapat meningkatnya terjadinya kerusakan ginjal dan keracunan timbal.

Sementara pada wanita yang tengah hamil, apabila terpapar timbal dalam kadar yang tinggi bisa mengakibatkan kelahiran prematur, keguguran serta bayi lahir dengan berat badan yang rendah.

Memilih kosmetik aman untuk kulit adalah sebuah keharusan, sebab ini tidak hanya akan berhubungan dengan kecantikan, namun juga dengan kesehatan. Selalu periksa produk kosmetik yang akan dibeli mulai dari kemasannya dan detail-detail yang lainnya.

Jangan lupa juga untuk membeli produk kosmetik yang masa kadaluarsanya masih lama, jadi ketika disimpan pun Zweena Lovers dapat merasa tenang. Atau Zweena Lovers ingin menghadirkan alternatif produk kosmetik baru yang aman untuk kulit?

Bisa loh menggunakan jasa maklon dari Zweena. Zweena adalah jasa maklon yang melayani order kosmetik, skincare, sabun herbal dan juga minuman herbal. Jika tertarik bisa langsung hubungi customer service atau bisa juga dengan mengunjungi website resmi di zweena.co.id terlebih dahulu.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *