Manfaat Buah dan Sayur Solusi Kulit Wajah Sehat

Setiap orang disarankan untuk mengonsumsi buah dan sayur setiap hari untuk menjaga tubuh supaya tetap sehat. Ternyata bukan hanya tubuh saja yang akan sehat dengan mengkonsumsi kedua makanan alami ini, namun kulit wajah juga. Pastinya manfaat buah dan sayur ini sayang sekali jika terlewatkan.

Memangnya kandungan apa yang terdapat pada buah dan sayur? Kenapa sampai bisa memiliki manfaat yang besar seperti itu? Mengenai hal ini tentu jawabannya sangat banyak dan masing-masing buah dan sayur terkadang memiliki kandungan yang berbeda.

Manfaat Buah dan Sayur untuk Kecantikan Kulit

Tentunya kandungan-kandungan tersebut diperlukan oleh tubuh supaya tetap bugar dan bisa menjalankan aktivitas seperti biasa. Perlu diketahui bahwa apa yang dikonsumsi manusia akan direfleksikan langsung oleh tubuh.

Mengkonsumsi buah dan sayur adalah tindakan yang bagus untuk menjaga tubuh dan kulit tetap berada dalam kondisi yang baik. Lalu, apa manfaat mengkonsumsi buah dan sayur segar setiap hari? Berikut informasinya.

1. Membantu Proses Regenerasi dan Pertumbuhan Sel

Ada beberapa jenis buah yang dapat membantu proses regenerasi serta pertumbuhan sel. Contohnya adalah alpukat. Secara khusus, buah satu ini mengandung vitamin B7 atau biotin yang berperan dalam hal tersebut.

2. Membantu Mencegah Keriput

Manfaat buah dan sayur yang lainnya ialah mencegah keriput. Buah dan sayur yang memiliki manfaat satu ini khususnya adalah yang memiliki kandungan antioksidan di dalamnya. Dengan kandungan antioksidan tersebut, kulit wajah akan selalu awet muda serta terbebas dari masalah kerutan dan keriput.

Pasalnya, kandungan tersebut akan berperan dalam menghambat penuaan sel. Contoh yang paling mudah untuk ini ialah stroberi. Buah stroberi kandungan antioksidannya cukup tinggi sehingga bisa menjadi pilihan yang bagus untuk dikonsumsi setiap hari.

3. Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas adalah sesuatu yang tidak baik termasuk untuk kesehatan kulit. Dengan mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari, radikal bebas dapat dicegah, kesehatan kulit dapat terjaga dan risiko kulit mengalami sejumlah masalah dapat diminimalisir.

Contoh buah yang cocok untuk menangkal radikal bebas ialah pepaya. Buah yang rasanya manis ini kaya akan enzim papain, yakni zat aktif yang akan membantu menangkal radikal bebas.

4. Membuat Kulit Jadi Awet Muda dan Rambut Serta Kuku Bisa Jadi Lebih Indah

Dalam sayur dan buah terdapat kandungan serat yang bagus untuk kesehatan usus. Serat memang tidak mengenyangkan, akan tetapi serta dapat membantu menunda terjadinya pengosongan lambung sehingga seseorang tidak mudah lapar.

Orang yang sedang ingin menurunkan berat badannya disarankan untuk mengkonsumsi banyak serat karena alasan tersebut. Selain itu, sayuran dan buah-buahan yang berserat juga memiliki manfaat lain, yakni:

  1. Membantu perkembangan bakteri yang baik di dalam usus
  2. Membantu mengatasi kurang darah atau anemia
  3. Dapat mempercantik kulit, kuku serta rambut
  4. Membantu mencegah kanker
  5. Membuat kulit jadi lebih awet muda
  6. Membantu proses detoksifikasi atau pembersihan racun dari dalam tubuh
  7. Membantu menurunkan berat badan dan melancarkan buang air besar

Selain serat, kandungan lain dalam buah dan sayur yang juga bermanfaat untuk kulit ialah vitamin E. Vitamin ini selain bagus untuk kulit juga bagus untuk kesuburan.

Daftar Buah dan Sayur yang Bagus untuk Kulit

Jadi sudah jelas bukan apa manfaat buah dan sayur bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit? Untuk selanjutnya, ada beberapa buah dan sayur yang memang bagus untuk kesehatan kulit. Diantaranya sebagai berikut.

1. Alpukat

Alpukat meskipun dikatakan memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi, namun lemaknya itu adalah lemak yang sehat. Dengan kandungan lemak sehat tersebut, alpukat jadi memiliki kemampuan membuat kulit tetap lembab serta elastis.

Para ilmuwan telah menemukan fakta bahwa mengkonsumsi lemak sehat buah alpukat ada hubungannya dengan kondisi kulit yang kenyal. Selain menjadi sumber lemak sehat, buah yang bijinya cukup besar ini juga merupakan sumber vitamin E yang sangat diperlukan oleh kulit.

Vitamin E sendiri akan berperan sebagai antioksidan yang akan membuat kulit terlindung dari paparan radikal bebas. Berdasarkan pendapat para ahli, fungsi dari vitamin E tersebut lebih optimal dengan vitamin C yang juga terdapat dalam buah satu ini.

2. Wortel

Wortel selama ini dikenal dengan kandungan vitamin A-nya yang bagus untuk indra penglihat. Namun selain bagus untuk mata, wortel juga bagus untuk kulit. Diantara manfaat wortel ialah membantu memperlambat penuaan dini pada kulit yang membuat orang yang rutin mengkonsumsinya awet muda.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, wortel bisa dikonsumsi baik dengan cara dimakan langsung, dimasak terlebih dahulu, dijadikan jus atau dijadikan masker. Silahkan dipilih saja cara mana yang paling Zweena Lovers suka.

3. Tomat

Di dalam tomat terdapat vitamin serta mengandung likopen yang merupakan pigmen alami karotenoid. Diantara vitamin yang ada di dalam tomat adalah vitamin C yang merupakan molekul antioksidan yang bagus untuk kesehatan kulit.

Sementara kandungan likopen, para ahli meyakini bahwa kandungan ini akan membantu melindungi kulit khususnya dari paparan sinar matahari dan sekaligus mencegah munculnya kerutan,

Pigmen alami karotenoid dalam tomat bisa lebih optimal diserap oleh tubuh apabila disertai dengan mengkonsumsi sumber lemak sehat yang lain. Contohnya dalam hal ini ialah minyak zaitun. Tomat sendiri selain memiliki manfaat tersebut, juga membantu membuat kulit wajah lebih cerah.

Sedangkan mengenai penggunaannya, Zweena Lovers dapat menjadikan tomat sebagai masker atau bisa juga dikonsumsi. Kalau ingin segera mendapatkan hasilnya, maka penggunaan masker dan pengkonsumsian tomat harus dilakukan secara rutin.

4. Timun

Timun seringkali dijadikan lalapan dan bahan campuran saat membuat rujak. Rasa dan aromanya yang segar memang bisa mengundang selera. Namun tidak hanya enak disantap, timun juga dapat membantu meremajakan sel kulit wajah.

Selain itu, timun juga dapat menenangkan kulit, membuat kulit lebih halus, lebih kenyal, lebih cerah bahkan lebih berkilau.

5. Pepaya

Tidak hanya wortel yang dikenal baik untuk mata, namun pepaya juga. Buah yang berwarna orange ini mengandung mineral, vitamin serta antioksidan yang memberikan peran besar dalam meningkatkan elastisitas kulit.

Diantara manfaat yang ditawarkan oleh buah satu ini ialah mengurangi kerutan serta garus halus yang merupakan tanda-tanda penuaan dini. Selain itu, buah ini juga merupakan pilihan yang bagus saat ingin menjadikan kulit lebih cerah dan bagus.

Sejumlah kandungan buah pepaya yang berdampak bagus pada kulit adalah magnesium, kalium, fosfor, kalsium, vitamin B, vitamin E< vitamin K, vitamin C, vitamin A dan enzim papain. Khusus enzim papain, ini adalah kandungan yang akan berperan sebagai pencegah penuaan sekaligus zat antiradang.

6. Jambu Biji

Buah yang sangat mudah ditemukan di Indonesia satu ini juga kaya akan vitamin C. kaitannya dengan kesehatan kulit, vitamin C berkenaan dengan peningkatan produksi kolagen. Selain itu, kandungan zinc dalam jambu biji juga berperan dalam hal tersebut.

Manfaat buah dan sayur benar-benar luar biasa sehingga harus dimasukkan dalam menu santapan sehari-hari. Terlepas dari hal tersebut, jika Zweena Lovers ingin mempunyai brand sendiri untuk produk-produk kecantikan, bisa menggunakan jasa maklon Zweena.

Ini adalah jasa maklon terpercaya yang melayani berbagai macam produk seperti sabun, minuman herbal dan kosmetik serta produk skincare. Zweena Lovers dapat mengunjungi website resmi zweena.co.id jika tertarik untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *