Ketahuilah, Ini Dia Manfaat Vitamin C

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwasanya vitamin C merupakan salah satu suplemen yang memiliki banyak manfaat, baik untuk tubuh maupun wajah. Selain diandalkan untuk menangkal berbagai penyakit, ternyata ada banyak manfaat vitamin C yang lainnya loh.

Apa saja sih? Mari simak pembahasan di bawah ini!

10 Manfaat Vitamin C

Tahukah Zweena Lovers, bahwasanya sistem pertahanan tubuh sangat membutuhkan asupan, baik itu mineral maupun vitamin agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Salah satu yang paling penting peranannya dalam mendukung fungsi tersebut adalah Vitamin C atau yang lebih dikenal dengan asam askorbat.

Vitamin C masuk ke dalam kategori vitamin yang bisa larut dalam air. Sebenarnya tubuh memang sudah memproduksi vitamin C sendiri, hanya saja terkadang ada beberapa kondisi yang menyebabkan penurunan sehingga membutuhkan asupan tambahan.

Untuk menjawab Apa manfaat vitamin C bagi tubuh dan kulit, simak penjelasan pada beberapa poin berikut ini ya!

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat Vitamin C yang pertama adalah membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Cara kerjanya dengan mendorong produksi sel darah putih atau yang disebut dengan fagosit dan limfosit. Vitamin ini berfungsi sebagai antioksidan dan melindungi sel tersebut dari kerusakan karena terpapar radikal bebas.

Vitamin C juga mampu membuat kulit lebih tahan dari udara buruk dan lingkungan, menghalau jamur, bakteri dan mikroba lain yang bisa menimbulkan penyakit berbahaya.

2. Membantu Proses Pemulihan Tubuh dari Penyakit

Belakangan ini, terlebih sejak adanya pandemi Covid 19, masyarakat harus lebih ekstra dalam menjaga kesehatan. Penyakit yang paling sering diderita adalah flu dan batuk. Nah apabila mengkonsumsi vitamin C, maka penyerapan zat besi dari makanan akan berjalan dengan baik dan sistem kekebalan tubuh bekerja lebih maksimal.

Jadi penyakit flu, batuk dan kelelahan akibat aktivitas yang berat bisa segera diatasi dan disembuhkan. Mulai dari sekarang sedia vitamin C yang cukup di rumah ya!

3. Menjaga Kulit agar Tetap Kencang dan Sehat

Mungkin beberapa dari Zweena Lovers pasti menemukan bahwa di dalam kosmetik atau skincare yang digunakan ada yang berbahan vitamin C. Vitamin C bisa menjaga kesehatan kulit karena mendorong produksi kolagen dan senantiasa melindungi sel kulit.

Seperti yang telah diketahui, bahwa collagen memang menjadi protein utama dalam membentuk struktur kulit. Seiring bertambahnya usia, produksinya akan menurun dan lebih gampang terkena radikal bebas.

Oleh karena itu, vitamin C sangat penting agar tetap menjaga produksi kolagen dan kulit terasa lebih sehat. Jadi, jangan takut dan ragu ya kalau skincare mengandung bahan ini.

4. Sebagai Antioksidan

Penjelasan di atas sudah menyinggung bahwasanya manfaat vitamin C adalah sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas seperti asap rokok, polusi udara dan lain sebagainya.

Hal tersebut memang benar adanya dan salah satu cara untuk menghindarinya adalah dengan rajin mengkonsumsi vitamin C agar radikal bebas tidak menumpuk dan tubuh terhindar dari resiko penyakit kanker, penuaan dini, jantung dan lain sebagainya.

5. Mencegah Anemia Defisiensi Besi

Zweena Lovers harus tahu bahwasanya anemia defisiensi besi adalah penyakit yang menyerang sel darah merah saat zat besi sedang berkurang. Peran keduanya sangat penting agar oksigen terikat dan bisa diedarkan ke seluruh tubuh.

Nah agar kondisi anemia defisiensi besi tersebut terhindar, maka kebutuhan vitamin C harus terpenuhi. Vitamin C bekerja dengan meningkatkan kemampuan penyerapan zat besi, khususnya dari sumber nabati yang biasanya lebih sulit diserap oleh tubuh.

6. Mengatasi Peradangan Kulit

Vitamin C mampu mengatasi peradangan kulit yang disebabkan oleh beberapa kondisi, contohnya adalah dermatitis atopik, jerawat dengan gejala gatal, kekeringan dan sakit. Apabila ingin mengatasi masalah tersebut maka diperlukan perawatan di dalam struktur epidermis kulit.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengkonsumsi vitamin C yang memiliki peranan penting dalam mengatasi peradangan pada kulit. Formulasi anti inflamasinya memiliki banyak khasiat walaupun sedang berada di lingkungan patologis.

7. Membantu Mengontrol Tekanan Darah

Apakah Zweena Lovers menderita penyakit hipertensi? Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh The American Journal of Clinical Nutrition menjelaskan bahwa mengkonsumsi vitamin C mampu menurunkan darah sistolik sebesar 4,9 mmHg dan disastolik sebanyak 1,7 mmHg.

Hasilnya akan lebih optimal jika diimbangi dengan diet asupan garam. Sampai sini apakah bisa dipahami?

8. Menurunkan Kadar Kolesterol Tubuh

Ini adalah manfaat Vitamin C yang ditunggu oleh para penderita penyakit kolesterol tinggi. Beberapa penelitian yang sudah dilakukan bahwa mengkonsumsi vitamin C sebanyak kurang lebih 500 miligram per harinya bisa menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol LDL.

LDL merupakan singkatan dari Low Density Lipoprotein yang merupakan salah satu jenis dari kolesterol jahat dan bisa memicu pembentukan plak pada pembuluh darah. Apabila dibiarkan, maka berakibat buruk bagi tubuh.

Nah tugas vitamin C adalah membantu mencegah hal tersebut dengan menjaga kadar keduanya agar tetap seimbang.

9. Membantu Mencegah Penyakit Asam Urat

Selain kolesterol, vitamin C juga bermanfaat untuk menurunkan kadar asam urat yang tinggi di alam arah. Penderita penyakit ini sering mengalami keluhan di bagian persendian berupa nyeri dan bengkak dan asam askorbat bisa untuk mencegahnya.

Lalu pertanyaan yang sering muncul amankah mengkonsumsi vitamin C setiap hari? jawabannya aman kok. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, konsumsi suplemen vitamin C selama 30 hari berturut-turut efektif menurunkan kadar urat secara drastis.

Apabila dikonsumsi oleh orang yang belum pernah memiliki riwayat penyakit asam urat sebelumnya, maka menurunkan resiko hingga 44% lebih rendah dibanding yang tidak mengkonsumsi vitamin C.

10. Menurunkan Resiko Penyakit Kronis

Terakhir adalah vitamin C mampu menurunkan resiko penyakit kronis karena berfungsi sebagai antioksidan alami. Bagi yang belum paham, antioksidan adalah zat yang mampu melindungi semua sel tubuh dari efek radikal bebas.

Tanpa adanya antioksidan, maka seluruh bagian tubuh akan rentan mengalami mutasi berbahaya atau kerusakan. Nah hal tersebut bisa menimbulkan sejumlah penyakit baik jantung, kanker, pengerasan pembuluh darah dan lain sebagainya.

Satu hal yang perlu diketahui bahwa asupan vitamin C memang tidak secara langsung bisa mencegah dan menghindarkan diri dari penyakit, namun berpotensi menurunkan resikonya.

Setelah mengetahui beberapa manfaat vitamin C selanjutnya adalah kapan saat yang tepat untuk minum vitamin C? Jawabannya tidak terikat waktu, bisa dikonsumsi baik pagi, siang maupun sore hari, asalkan tetap sesuai dengan dosis yang dianjurkan pada kemasan.

Belakangan ini banyak kosmetik yang mulai melibatkan vitamin C dalam bahan dasarnya, sehingga manfaatnya lebih  terasa dan mampu membuat wajah menjadi lebih cerah.

Jika Zweena Lovers cukup putus asa dengan brand kosmetik yang itu-itu saja dan tidak merasakan manfaat vitamin C, maka bisa membuat brand sendiri dengan memformulasikan bahan yang efektif dan tepat.

Caranya dengan bekerjasama dengan Zweena, satu-satunya jasa maklon kosmetik yang tidak hanya menyediakan pabrik saja, namun tapi juga konsultasi bahan baku yang tepat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *