Masalah Kulit Berminyak? Ini Dia Cara  Alami yang Bisa Mengatasinya

Minyak di wajah memang memiliki sisi positif dan negatif. Positifnya adalah mampu melindungi wajah dari paparan sinar dan melembabkan. Sedangkan negatifnya adalah membuat pori-pori tersumbat sehingga wajah menjadi lebih mudah berjerawat.

Jika Zweena Lovers sedang menghadapi masalah kulit berminyak, maka membaca penjelasan di bawah ini adalah pilihan yang tepat.

Cara Alami Mengatasi Masalah Kulit Berminyak

Pada umumnya, kulit berminyak memang cukup sulit untuk ditangani. Mayoritas orang memilih untuk menggunakan skincare atau mendatangi ahli kulit ternama dengan biaya yang cukup mahal.

Nah, apabila tidak ingin demikian, maka bisa menggunakan beberapa cara alami seperti berikut ini:

1.     Rajin Mencuci Muka

Bukan hal yang baru bagi para kaum laki-laki dan perempuan bahwasanya mencuci wajah adalah hal utama yang harus dilakukan apabila ingin merawat wajah. Salah satunya adalah menghilangkan minyak yang menempel di wajah.

Lalu berapa kali aturan mencuci wajah yang benar? Jawabannya adalah minimal satu kali dalam sehari dengan penggunaan sabun, facial wash atau foam yang tidak mengandung bahan terlalu keras agar kulit wajah tidak mudah teriritasi.

2.     Menggunakan Pelembab

Apa ciri-ciri wajah berminyak? Jawabannya adalah lembab, lalu kenapa masih harus menggunakan pelembab? Tujuannya untuk meminimalisir minyak itu sendiri, melindungi kulit dari sengatan matahari langsung dan menunjang penampilan.

Namun tetap harus diperhatikan apabila ingin menggunakan produk tertentu. Pastikan semua komposisinya cocok di kulit.

3.     Menggunakan Masker dari Tanah Liat

Tahukah Zweena Lovers, bahwasanya masalah kulit berminyak bisa diatasi dengan hanya menggunakan tanah liat yang khusus diperuntukkan untuk kecantikan, lho. Manfaatnya adalah membantu menyerap minyak yang berlebih sehingga kondisi kesehatan wajah tetap terjaga.

Cara pemakaiannya dengan mencampurkan satu sendok teh tanah liat dengan air mawar merk apapun secukupnya hingga berbentuk seperti pasta. Setelah itu, baru aplikasikan pada wajah dan tunggu beberapa waktu hingga sedikit mengering.

Jangan lupa untuk membilasnya menggunakan air hangat, ya. Setelah rutin menggunakannya, dijamin deh minyak pada wajah akan banyak berkurang.

4.     Mengatur Pola Makan

Apabila masih suka dengan junk food atau makanan berminyak lebih baik segera hindari karena justru semakin memperparah keadaan. Atur pola makan sehat agar kulit terjaga, khususnya wajah. Ganti dengan sayuran, buahan dan memperbanyak air mineral.

5.     Menggunakan Masker Oatmeal

Tahukah Zweena Lovers bahwasanya oatmeal juga mampu membantu menenangkan kulit yang meradang dan mengurangi minyak yang berlebih, lho. Giling oatmeal hingga halus, campurkan sedikit air mawar, yogurt, atau madu hingga sedikit mengental.

Setelah itu, gunakan masker dengan dipijat secara perlahan selama kurang lebih 3 menit. Jika dirasa cukup maka bisa membilasnya dengan  air hangat. Jika bertanya seperti apa jenis kulit berminyak? Pastinya membutuhkan perawatan yang lebih khusus dibanding kulit normal.

6.     Melakukan Olahraga yang Teratur

Selain melakukan beberapa cara di atas untuk mengatasi masalah kulit berminyak, juga bisa olahraga secara teratur. Tujuannya agar tumpukan racun di dalam tubuh keluar melalui keringat.

Apabila keringat tidak bisa keluar dan tetap ada di dalam tubuh, maka bisa menimbulkan minyak pada wajah. Lakukan olahraga setiap hari dengan teratur, bisa yang ringan bisa juga yang berat.

Olahraga lari, jalan-jalan atau senam tidak membutuhkan biaya yang banyak kok, bahkan ada yang gratis jika minumnya membawa dari rumah dan senam mengikuti instruksi yang ada di Youtube. Bagaimana sangat mudah bukan? Jadi, sekarang tidak ada ada alasan lagi untuk mengatakan selamat tinggal pada kulit berminyak.

7.     Menggunakan Madu untuk Melembabkan

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika madu memang memiliki banyak manfaat, termasuk jika digunakan untuk perawatan kulit. Madu memiliki kandungan antibakteri dan antiseptik sehingga sangat baik untuk kulit berminyak yang rentan terhadap munculnya jerawat.

Selain itu, madu merupakan humektan alami, sehingga apabila digunakan di wajah maka kelembaban kulit akan terjaga. Cara penggunaannya adalah oleskan madu secara tipis pada wajah, tunggu 10 menit hingga mengering kemudian bilas dengan air hangat.

8.     Menggunakan Tomat

Tomat mengandung bahan yang dinamakan asam salisilat yang bisa digunakan untuk mengatasi peradangan jerawat. Namun jangan salah, ternyata kandungan tersebut juga bisa digunakan untuk menyerap minyak yang berlebih lho dan membuka pori-pori tersumbat.

Cara penggunaannya adalah cuci tomat hingga bersih dari pestisida, kemudian potong kecil-kecil dan langsung oleskan pada wajah. Bisa juga di campurkan satu sendok teh gula pasir kemudian mengoleskannya pada wajah.

Tunggu selama kurang lebih 5 menit kemudian bilas dengan air, boleh hangat boleh juga dingin, tapi lebih baik yang hangat saja.

9.     Menggunakan Kacang Almond untuk Mencegah Kulit Berminyak

Manfaat kacang almond yang terbukti nyata adalah mampu mengangkat sel kulit mati. Ternyata lebih dari itu lho yaitu menyerap minyak berlebih dan menghilangkan kotoran pada wajah.

Zweena Lovers bisa mengambil kacang almond secukupnya kemudian dihaluskan. Kemudian dicampur dengan satu sendok makan madu hingga teksturnya menyerupai masker. Silahkan oleskan pada wajah hingga merata sambil pijat melingkar, diamkan hingga mengering dan bilas dengan air bersih.

10.  Menggunakan Lidah Buaya

Masalah kulit berminyak bisa diatasi dengan menggunakan lidah buaya. Terkenal dengan manfaatnya diantaranya adalah meredakan luka bakar, peradangan kulit, mengatasi kulit bersisik akibat bercak minyak dan masih banyak lagi yang lainnya.

Cara penggunaannya dengan mengoleskan gel lidah buaya secara tipis-tipis pada kulit wajah sebelum tidur. Diamkan hingga pagi kemudian bilas dan cuci muka menggunakan sabun. Sayangnya, lidah buaya ini bisa menyebabkan alergi bagi sebagian orang.

Jadi ,lakukan percobaan terlebih dahulu pada tangan, jika tidak ada reaksi maka bisa langsung diaplikasikan pada wajah. Sebaliknya, jika gatal atau kemerahan urungkan niat Zweena Lovers untuk mengoleskannya pada wajah, ya!

11.  Menghindari Make Up yang Berlebih

Make up yang berlebih karena bisa menyebabkan minyak menjadi lebih banyak akibat dari penumpukan zat kimia. Sebaiknya gunakan sewajarnya saja, jika pekerjaan menuntut untuk menggunakan make up tebal, maka gunakan cleanser atau toner agar bersih maksimal.

12.  Menggunakan Minyak Jojoba

Pertanyaan yang paling sering muncul adalah kenapa harus menggunakan minyak untuk membersihkan minyak juga? Jawabannya karena bisa mengurangi minyak pada wajah secara signifikan, menghilangkan komedo dan mencegah jerawat, terlebih Jojoba.

13.  Menggunakan Jeruk Nipis dan Telur

Terakhir adalah menggunakan jeruk nipis dan telur karena didalamnya banyak mengandung vitamin C dan antioksidan sehingga selain menghindarkan wajah dari jerawat juga bisa menyerap minyak berlebih, mencerahkan wajah dan mengangkat sel kulit mati.

Telur berfungsi untuk membuat wajah lebih kenyal karena banyak mengandung mikronutrien dan protein. Sampai sini apakah bisa dipahami?

Masalah kulit berminyak memang sangat mengganggu, gunakan cara di atas untuk mengatasinya. Bagaimana jika ingin membuat produk kosmetik yang alami tapi tetap membuat wajah tidak berminyak?

Coba konsultasikan dengan Zweena.co.id, jasa maklon kosmetik yang mampu bekerjasama dengan sangat baik dan bisa dipercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *