Pabrik Kosmetik Indonesia

Pasar kosmetik dinilai semakin menjanjikan karena kosmetik sudah menjadi kebutuhan primer terutama bagi para wanita. Terbukti, Kementerian Perindustrian mencatat jumlah pabrik kosmetik Indonesia sudah lebih dari 760 dan pertumbuhannya sekitar 7% – 9% pada 2019 hingga 2020.

Jumlah pebisnis kosmetik yang bertambah dipengaruhi oleh kehadiran perusahaan maklon yang membantu dalam memproduksi makeup, skincare dan kosmetik herbal. Jasa maklon menjadi pilihan terbaik bagi para entrepreneur yang bermodal minim sekalipun.

Apa Itu Jasa Maklon?

Jangan kaget jika tidak menemukan kata ‘maklon’ di KBBI karena kata yang terdaftar adalah ‘maklun’ yang berarti upah membuat barang seperti perhiasan, pakaian dan sebagainya.

Memang benar, sebab perusahaan maklon mendapatkan keuntungan dari pembuatan produk kosmetik yang dipesan oleh customer.

Sedangkan menurut Peraturan Menteri Keuangan Nomor 70 Tahun 2010 tertulis bahwa jasa maklon adalah pemberian jasa untuk memproduksi barang yang spesifikasi dan bahan bakunya sesuai permintaan pengguna jasa.

Dengan kata lain, perusahaan maklon sebagai pemberi jasa siap menyelesaikan pengerjaan produk kosmetik sesuai pesanan pengguna jasa. Kemudian, produk yang sudah jadi akan menjadi milik pengguna jasa tersebut.

Wajar apabila pabrik maklon menjadi pilihan termudah bagi pebisnis pemula karena tidak perlu repot dan keluar lebih banyak uang untuk memproduksi barang. Prosesnya dilakukan sampai rampung oleh pihak maklon, bahkan bahan bakunya juga bisa 100% disediakan oleh mereka.

Tips Memilih Pabrik Kosmetik Indonesia yang Terpercaya

Bagi Zweena Lovers yang ingin menjadi beautypreneur dan memiliki produk sendiri, maka wajib memperhatikan tips dalam memilih pabrik maklon. Tujuannya untuk mencari yang paling terpercaya sehingga terhindar dari penipuan.

Berikut 6 tipsnya:

1. Cek Reputasi Perusahaan

Hal terpenting dalam memilih pabrik kosmetik adalah soal reputasi. Jangan sampai tergoda karena harga produksi yang murah tapi pengelolanya ternyata abal-abal.

Bukti nyata bahwa perusahaan kosmetik memiliki reputasi yang baik adalah memiliki legalitas standar yang lengkap seperti Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Izin Gangguan (HO).

Pabrik yang bereputasi baik pasti selalu berusaha memberikan pelayanan maksimal dan menjaga kualitas barang yang diproduksi.

Selain itu, pihak maklon yang bereputasi pasti memastikan produk kosmetik yang dihasilkan sudah memperoleh lisensi BPOM dan HKI. Keuntungan yang besar bagi para beautypreneur selaku pengguna jasa karena produk kosmetik yang dimiliki dijamin layak jual dan pakai.

2. Pastikan SDM yang Dimiliki Berkualitas

Selanjutnya, pilih perusahaan yang memiliki tenaga ahli yang jumlahnya memadai dan ahli di bidang pembuatan kosmetik.

Perlu diingat bahwa kosmetik merupakan produk yang langsung dipakaikan ke kulit sehingga membutuhkan formula yang aman agar tidak menyebabkan gangguan kesehatan. Jadi, tenaga yang profesional dan berpengalaman menjadi syarat wajib.

Pastikan juga pabrik tersebut memiliki laboratorium sendiri untuk melakukan riset dan mengembangkan produk. Hal ini penting karena kosmetik yang berkualitas tentu dihasilkan dari penelitian mendalam yang tidak sebentar.

Memiliki tenaga ahli yang mampu mengembangkan produk merupakan nilai tambah bagi perusahaan maklon. Customer akan puas dengan barang yang dihasilkan karena tidak ketinggalan tren kosmetik di pasaran dan mampu menyajikan produk unggulan.

3. Cek Layanan yang Diberikan

Bagi pebisnis pemula, wajib memilih perusahaan kosmetik yang menawarkan layanan lengkap dari awal hingga akhir.

Layanan yang dimaksud mulai dari konsultasi pembuatan produk, diskusi penentuan bahan baku dan formula kosmetik, konsultasi mengenai packaging, informasi detail mengenai proses produksi hingga cara terbaik untuk memasarkan produk.

Perusahaan yang memberikan layanan lengkap sangat memudahkan para customer yang sama sekali belum memiliki konsep yang jelas.

Sedangkan bagi klien yang sudah punya konsep mentah, arahan tim profesional perusahaan akan semakin memantapkan seperti apa kosmetik yang akan diproduksi.

Tentunya, dengan persiapan yang matang dan terkontrol, produk yang dihasilkan akan berpeluang laku di pasaran. Keuntungan juga untuk pabrik maklon karena mendapat lebih banyak pelanggan dari barang memuaskan yang dibuat.

4. Perhatikan Jenis Produk Apa Saja yang Dibuat

Tips selanjutnya dalam memilih pabrik maklon terpercaya adalah perhatikan varian produk yang dihasilkan. Pabrik yang terpercaya dan terbaik pasti menawarkan pembuatan produk kosmetik yang lengkap.

Umumnya, pabrik kosmetik Indonesia memproduksi rangkaian perawatan kulit, perawatan tubuh, perawatan rambut hingga produk yang khusus berbahan dasar herbal.

Semakin lengkap produk yang sanggup dibuat, maka semakin banyak pilihan yang tersedia. Misalnya, Zweena Lovers awalnya hanya ingin fokus pada produk hair care atau body care.

Nantinya, saat keuntungan besar sudah didapat dan siap memiliki jenis produk baru, maka cukup mengandalkan pabrik maklon yang sama.  Sebab, varian produk yang digarap sangat beragam.

Selain jenis produk, pilihan bentuk produk juga bebas ditentukan oleh pengguna jasa. Contohnya, produk perawatan wajah dalam bentuk cairan tidak kental, cairan kental, pasta, krim gel atau bubuk.

5. Prioritaskan yang Mengutamakan Kualitas dan Keunikan

Salah satu kunci kesuksesan dalam berbisnis di bidang kecantikan yaitu memiliki produk yang berkualitas dan unik. Jika produk yang dijual tergolong standar di pasaran, maka peluang untuk meraup keuntungan besar sangatlah kecil.

Oleh sebab itu, pilihlah jasa maklon kosmetik yang mengutamakan inovasi produk. Dengan begitu, barang pesanan Anda memiliki kekhasan yang membedakan dari kosmetik lain.

Tim dari perusahaan pasti memiliki ide-ide kreatif demi memproduksi sebuah kosmetik yang berbeda namun tetap menjamin kualitas.

Misalnya, saat ini sedang tren produk perawatan berbahan alami. Maka, tim ahli pasti akan melakukan inovasi yang unik mengenai jenis bahan alami yang dijadikan kandungan utama.

Pemilihan bahan aktif dan perencanaan konsep produk sangat membantu dalam menciptakan karakter dari kosmetik yang akan dihasilkan.

6. Pertimbangkan Biaya

 Jangan dibayangkan modal yang dibutuhkan jumlahnya milyaran, ya. Sebab, perusahaan kosmetik yang terpercaya sekalipun tidak mematok biaya yang fantastis.

Beberapa di antaranya hanya berkisar puluhan juta rupiah dengan layanan lengkap dan hasil yang berkualitas. Pilihan aneka produknya pun bebas dipesan oleh pengguna jasa sesuai kebutuhan.

Bahkan biasanya, ada perusahaan yang menyediakan paket layanan yang relatif lebih murah. Pilihan yang cocok bagi para pebisnis pemula yang tidak memiliki banyak modal.

Rekomendasi Maklon Kosmetik Terbaik

Apakah sudah semakin mantap berbisnis kosmetik? Rekomendasi pabrik kosmetik Indonesia yang terbesar dan bisa dipercaya adalah Zweena. Lokasi tepatnya ada di Sukoharjo, Jawa Tengah dengan jangkauan pelayanan se-Indonesia.

Adapun produk yang dibuat meliputi berbagai jenis makeup, skincare dan sabun herbal berkualitas. Anda bebas memilih varian produk yang diinginkan untuk dijual.

Sebaiknya, pertimbangkan dengan matang jenis produk yang akan dipilih pertama kali, misalnya fokus pada sabun, bedak, lipstik atau rangkaian dasar perawatan wajah dari facial wash, toner hingga moisturizer.

Hal tersebut dianjurkan terutama bagi pebisnis pemula. Dari segi modal, tentu akan lebih sedikit dan dari segi penjualan produk juga tidak terlalu merepotkan karena hanya berfokus pada produk unggulan.

Jangan lupa juga untuk berkonsultasi dengan tim perusahaan maklon sebelum proses produksi dimulai. Pastikan Anda menjelaskan dengan detail dan baik mengenai kosmetik seperti apa yang ingin diwujudkan.

Memilih pabrik kosmetik Indonesia yang terbaik dalam menyediakan jenis layanan hingga mengeksekusi produk sangat penting demi kesuksesan bisnis Zweena Lovers. Silakan ketahui lebih lanjut mengenai pembuatan kosmetik di website http://zweena.co.id/ 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *