Blog

Peluang Usaha Bisnis Kosmetik

Posted by:

Peluang Usaha Bisnis Kosmetik, Siapa sih wanita yang tak ingin tampil cantik? Setiap wanita tentunya ingin selalu tampil cantik dan menawan dalam setiap penampilannya. Namun, banyak aktifitas yang cenderung membuat kita tak lagi memperhatikan penampilan. Apalagi kebutuhan yang semakin meningkat membuat wanita berfikir dua kali ‘menghabiskan’ uang untuk membeli berbagai macam rangkaian produk kosmetik yang serba mahal. Lalu, bagaimana agar bisa tetap tampil cantik tapi juga menghasilkan uang?

Prospek Bisnis Membuka Usaha Toko Kosmetik, Kosmetik telah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap wanita, karena pastinya mereka ingin selalu tampil cantik setiap saat. Wanita setiap saat ingin selalu terlihat cantik dan menarik di hadapan semua orang terutama orang yang disukainya. Nah, untuk mendukung keinginan tersebut, mereka rela mengeluarkan uangnya walaupun cukup mahal demi mendapatkan kosmetik yang membuat mereka semakin cantik. Bahkan boleh dikatakan kosmetik telah menjadi kebutuhan pokok para wanita, mulai dari atas sampai kebawah. Maka tak heran, penjual kosmetik akan selalu anda. Mungkin tinggal penjualnya yang harus bekerja keras agar bisa bertahan dengan pesaingnya. Sehingga bisnis ini sangat berpeluang tinggi untuk dijalankan.

 

Baca: Perkembangan Jasa Maklon Kosmetik 

Salah satu alasan mengapa usaha ini menguntungkan karena kosmetik tidak pernah mengenal musiman, akan selalu beberikan laba sepanjang tahun. Walau harga barangnya mahal, sang konsumen akan berusaha mendapatkannya. Namun, walaupun demikian Membuka usaha toko kosmetik memerlukan usaha yang cukup keras.

Bisnis Jualan Alat Kecantikan boleh dibilang mudah, namun ada beberapa cara untuk menjalankannya sesuai dengan modal :

  • Membuka toko kosmetik di pusat-pusat perbelanjaan atau lokasi keramaian
  • Menjadi reseller atau dropship alat-alat kecantikan. Ini sangat cocok bagi anda yang punya modal terbatas.
  • Menjual alat kecantikan secara online
  • Meraup Untung Peluang Bisnis Membuka Usaha Toko Kosmetik

Kiat Sukses Memulai Bisnis Toko Kosmetik

  1. Memilih lokasi strategis, sebaiknya anda melakukan survei terlebih dahulu. Jika memungkinkan cari tempat di lokasi perbelanjaan, dekat kampus, lokasi perkantoran dan pinggiran jalan raya utama
  2. Mencari distributor resmi untuk memasok produk-produk kosmetik ke toko anda. Agar tidak tertip menjual kosmetik palsu yang pada akhirnya akan merugikan, sebaiknya meminta saran dari pengusaha yang sudah berpengalaman dibidangnya.
  3. Lebih memprioritaskan jenis produk kosmetik yang laris di pasaran atau banyak dipakai konsumen untuk menghindari kerugian karena lama terjual sehingga perputaran modal terhambat
  4. Pastikan produk kosmetik yang anda jual telah memenuhi standart keamanan yang diterapkan oleh pemerintah, terutama produk import 

    Bagaimana dengan Anda, kenapa tak mencoba untuk memulai bisnis kosmetik? Bisnis kosmetik merupakan bisnis yang tepat buat para wanita, karena memang sesuai dengan passion dan keseharian. Kamu bisa menjalankan bisnis ini tanpa beban. Hal yang penting dalam berbisnis salah satunya adalah kita harus merasa enjoy dan bahagia saat menjalankannya. So, cintailah apa yang kamu kerjakan agar mendapatkan hasil yang maksimal.

    Peluang bisnis produk kecantikan bisa jadi solusi buat kamu yang ingin tetap cantik namun juga memiliki income atau pendapatan lebih. Dari hasil berjualan kosmetik yang kamu jual, kamu bisa membeli aneka produk kecantikan yang kamu inginkan. Bahkan, kamu bisa mulai menabung untuk membeli pakaian, tas bahkan sepatu cantik untuk menunjang penampilanmu!

    Tips Sukses Peluang Usaha Bisnis Kosmetik

    Bagi yang ingin memulai bisnis ini cukup mengetahui tips sukses bisnis kosmetik, caranya cukup simpel kok. Kamu tidak perlu modal yang besar untuk memulai bisnis kosmetik. Nah, agar lebih jelas berikut ini beberapa tips bisnis kosmetik yang bisa kamu ikuti sebagai langkah awal kesuksesanmu dalam berbisnis, dan pastinya tetap cantik!

Peluang Usaha Bisnis Kosmetik yang Menguntungkan

Buat kamu yang masih pemula ingin tahu “Tips Sukses Bisnis Kosmetik”, berbisnis tentunya menjadi tantangan tersendiri buatmu. Bagaimana tidak, kamu yang biasanya hanya sebagai konsumen kini juga harus dapat mempromosikan produk agar mendapatkan calon pelanggan baru yang ikut memakai produkmu. Tenang, di sini kita akan membahas beberapa hal yang akan memandumu memulai bisnis kosmetik.

 

Baca: Produsen Maklon Kosmetik Herbal BPOM
Mau Tahu Cara Tips Sukses Bisnis Kosmetik?

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih produk kosmetik yang ingin kamu jual. Caranya? Mulailah melakukan riset kecil-kecilan seputar produk kosmetik yang banyak di pakai oleh masyarakat. Tak hanya itu, pastikan produk yang akan kamu jual memiliki kriteria antara lain: tidak mengandung bahan yang berbahaya, aman digunakan, barang yang dijual resmi, mengantongi izin BPOM, serta kualitas terjamin. Bahkan ada produk yang melabeli produknya dengan jaminan produk tersebut halal.

Pilihlah produk kosmetik yang tepat, karena ini akan sangat berpengaruh pada kelangsungan bisnismu. Kamu gak mau kan, pelangganmu banyak yang komplain karena produk kosmetikmu bermasalah? Bukannya tambah cantik, malah merusak wajah atau tubuh customer. Hiyy, ngeri banget pastinya! So, sangat disarankan untuk menjual produk-produk dengan merk yang terpercaya.
Cara Mencari Agen atau Distributor Kosmetik

Cara menjadi Agen Kosmetik dan Distributor Kosmetik, Jika kamu sudah menentukan produk kosmetik yang ingin kamu jual, carilah informasi seputar produk tersebut, terutama agen atau distributor resmi. Usahakan menghubungi langsung ke pusatnya. Mengapa? Biasanya, jika langsung ke pusat, maka kamu bisa mendapatkan diskon yang lumayan besar daripada menjadi tangan ketiga, keempat, dst. Stok produk yang tersediapun lebih lengkap. Pastikan kamu membaca baik-baik cara atau ketentuan menjadi agen atau reseller. Tanyakan hal-hal yang belum jelas sebelum memutuskan menjadi agen/ reseller kosmetik.

Baca: Maklon Kosmetik Herbal Terbaik
Memahami Produk Kosmetik yang Dijual

Produk kosmetik yang di jual seperti saat menjual barang yang lain, kamu harus memahami terlebih dahulu produk kosmetik yang ingin kamu jual. Pelajari dengan seksama, hingga benar-benar menguasai jenis-jenis produk, bahan yang terkandung di dalamnya, ukuran atau berat, cara penggunaan, manfaat produk, dan seterusnya. Sehingga, kamu bisa ikut membantu pelangganmu saat menerima keluhan dan merekomendasikan produk yang tepat.
Tips Cara Sukses Bisnis Kosmetik Miliki Target Pasar yang Spesifik

Nah, selanjutnya miliki lah target pasar yang spesifik. Maksudnya, kamu harus tahu ‘siapa ya yang akan membeli produk kosmetik’ tersebut? Misalnya saja, kamu ingin membidik pasar muslimah. Maka, produk kosmetik yang kamu tawarkan sebaiknya adalah produk yang mengusung konsep halal. Contohnya saja rangkaian produk kecantikan dari Zweena KOSMETIK. Bisa dipastikan kamu akan benar-benar menguasai pasar tersebut, karena saat ini para muslimah semakin cerdas dan cermat dalam memilih produk kosmetik yang digunakan agar terhindar dari kandungan bahan-bahan yang tidak diperbolehkan. Bidik pasar yang jelas dan spesifik. Semakin spesifik semakin bagus karena kamu bisa fokus menggarap pasar tersebut.
Tips Cara Sukses Bisnis Kosmetik Siapkan Modal Usaha

Memulai bisnis kosmetik dari nol, apakah bisa? Tentu saja bisa. Buat kamu yang ingin berbisnis tanpa modal, bisa kamu mulai dengan menjual produk secara dropship. Cara ini cukup simpel daripada kamu langsung membuka toko kosmetik, karena kamu bisa menjualnya secara online terlebih dahulu. Jika ada orderan, maka pihak distributor/agen kosmetiklah yang akan memproses orderan tersebut.

Namun, jika ingin benar-benar serius dalam menjalankan bisnis ini, siapkan modal yang cukup untuk order produk terlebih dahulu. Kamu juga harus menjajal terlebih dahulu produk kecantikan yang kamu jual, minimal kamu akan tahu kualitas produk tersebut. Modal awal tidak perlu besar, dengan modal minim pun bisa. Nantinya, jika orderan sudah mulai berjalan, laba dari hasil penjualan bisa kamu jadikan modal tambahan untuk order produk sebagai stock di rumah, bahkan untuk membuka gerai.
Tips Cara Sukses Bisnis Kosmetik Memilih Tempat Promosi yang Tepat

Promosi merupakan keharusan agar bisnismu dikenal masyarakat. Sebagai langkah awal, kamu bisa mulai memanfaatkan sarana di sekitarmu seperti gadget atau smarphonemu. Promosikan pula di situs jejaring sosial, buatlah akun khusus untuk menawarkan produkmu. Seperti etalase, kamu juga harus menampilkan produk berupa gambar di akun facebook, instagram bahkan websitemu. Promosi di grup WhatsApp atau BBM juga bisa kamu lakukan secara berkala.

 

Baca: Maklon Kosmetik Herbal Terbaik
Tips Cara Sukses Bisnis Kosmetik Memilih Tempat Promosi yang Tepat

Promosi merupakan keharusan agar bisnismu dikenal masyarakat. Sebagai langkah awal, kamu bisa mulai memanfaatkan sarana di sekitarmu seperti gadget atau smarphonemu. Promosikan pula di situs jejaring sosial, buatlah akun khusus untuk menawarkan produkmu. Seperti etalase, kamu juga harus menampilkan produk berupa gambar di akun facebook, instagram bahkan websitemu. Promosi di grup WhatsApp atau BBM juga bisa kamu lakukan secara berkala. Untuk promosi secara offline, sediakan katalog produk dan brosur. Juga sample produk (jika ada). Menjual produk menggunakan katalog akan menekan biaya kulakan, karena kamu hanya perlu mengorder produk yang dipesan oleh customermu. Berikan penawaran dan diskon untuk menarik pelanggan berbelanja.
Sertakan Nomor Kontak yang Jelas

Setelah promosi habis-habisan, kamu perlu ingat bahwa tujuan utamanya adalah produk terjual. Untuk mengarahkan serious buyer hingga closing (produk berhasil terjual), pasanglah nomor kontak yang jelas agar mempermudah pelanggan menghubungi kamu untuk melakukan pemesanan. Sertakan nomer handphone, WhatsApp, Pin BBM, Line, atau yang lainnya.
Tips Cara Sukses Bisnis Kosmetik Service Excellent

Memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Itulah tujuan service excellent kepada customer kamu, antara lain fast respond atau cepat tanggap saat transaksi. Pelangganmu akan merasa puas jika kamu dapat melayani dengan cepat, tanggap, ramah, juga informatif. Jangan memarahi pelanggan! Meskipun menemui pelanggan yang menjengkelkan,usahakan untuk tetap bersikap ramah dan profesional. Jadilah penjual yang mengutamakan kepuasan pelanggan dengan pelayanan yang maksimal.

Hal yang biasanya ditemui oleh para pebisnis kosmetik adalah seringnya customer yang curcol alias curhat tentang masalah kecantikan. Bekalilah dirimu dengan berbagai informasi yang bermanfaat seputar kecantikan dan kesehatan agar selalu siap dengan jawaban yang tepat. Jangan ngaco, misalnya karena kamu malas belajar, sebab jawabanmu akan menunjukkan keprofessionalanmu dalam hal mejual produk kosmetik.
Tips Cara Sukses Bisnis Kosmetik Perhatikan Penampilan

Yang terpenting dari itu semua, selalu perhatikan penampilanmu. Tampil cantik menjadi hal yang mutlak saat kamu memulai bisnis produk kosmetik. Jangan sampai kamu berjualan kosmetik, tapi kamu sendiri enggan mempercantik diri. Siapa yang bakalan percaya denganmu? Ohya, kamu bisa mulai menjajal produk yang kamu jual, sekaligus nantinya dapat memberikan testimoni pada pelanggan.

Nah, itulah beberapa tips Sukses bisnis kosmetik yang perlu kamu ketahui saat memulai bisnis kosmetik. Ingin tampil cantik dengan produk yang aman, halal dan terpercaya? Klik disini untuk melihat katalog produk Zweena Kosmetik selengkapnya.


Jasa Maklon Kosmetik | Kosmetik Herbal BPOM | Produk Kosmetik Herbal | Maklon Sabun Herbal | Produsen Kosmetik | Manufacture Cosmetics | Maklon Kosmetik

0

About the Author:

Zweena merupakan perusahaan produsen kosmetik melayani jasa maklon kosmetik herbal dan jasa pembuatan kosmetik BPOM dengan kualitas terbaik di Indonesia.

  Related Posts