Peluang Usaha Kosmetik di Masa Depan

 

Setiap perempuan pasti menginginkan dirinya menjadi seseorang yang cantik. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menggunakan skincare atau kosmetik.

Oleh karena itu, peluang usaha kosmetik di masa depan dinilai sangat menjanjikan, terlebih bagi orang yang mengerti dan senang di bidang ini.

5 Peluang Usaha Kosmetik yang Menjanjikan

Membuka bisnis di  bidang kecantikan memang gampang-gampang sulit. Mudahnya karena itu merupakan hal yang disenangi oleh hampir semua perempuan dan pasti tidak menemukan kesulitan yang berarti dalam memasarkannya. Kesulitannya adalah memerlukan izin khusus agar legal dan tidak merusak wajah orang lain.

Berikut ini ada beberapa peluang usaha kosmetik yang menjanjikan dan bisa dicoba, pastikan membacanya dari awal hingga akhir ya!

1. Membuat Brand Produk Kosmetik Sendiri

Pertanyaan yang paling mendasar dan sering dilontarkan adalah bagaimana cara memulai usaha toko kosmetik?  Jawabannya adalah membuat brand sendiri. Ada dua opsi yang bisa dicoba pertama adalah mendirikan pabrik atau bekerjasama dengan jasa maklon kosmetik.

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, berikut ini penjelasannya:

  • Mendirikan Pabrik Secara Mandiri

Brand adalah faktor penting yang wajib ada jika ingin memulai bisnis apapun, tidak hanya kosmetik saja, karena inilah yang nantinya akan menjadi tanda pengenal produk yang dijual.

Membuat brand berarti harus paham apa saja komposisi yang harus ada dan dilarang, kemudian mengurus perizinan di badan yang menangani, mencari pekerja, produksi hingga memasarkannya. Hal ini tentunya bukan perkara yang mudah, namun kelebihannya keuntungan yang didapatkan juga semakin besar.

  • Bekerjasama dengan Jasa Maklon Kosmetik

Opsi yang kedua yaitu bekerjasama dengan jasa maklon kosmetik yang belakangan ini keberadaannya semakin marak. Opsi ini dinilai lebih mudah karena tidak perlu repot lagi mengurus perizinan, meracik komposisi sendiri dan menyediakan lahan untuk produksi.

Pembagian kerjanya, Zweena Lovers menyiapkan modal yang cukup, kemudian jasa maklon berkonsultasi dengan ahli tentang bahan baku dan komposisi apa yang akan digunakan. Pada tahap ini, pemilik modal juga dilibatkan.

Setelah semuanya beres, baru kemudian jasa maklon akan mengurus perizinan dan mulai memproduksi produk sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan.

Membuat brand kosmetik sendiri memang masih jarang dilakukan dan hanya sedikit yang berhasil. Namun dengan keuletan dan strategi yang tepat, semua tidak akan sia-sia, bukankah begitu?

2. Berjualan Via Online maupun Offline

Peluang usaha kosmetik selanjutnya yang bisa dicoba adalah berjualan. Pertama bisa dilakukan secara online, mengingat bahwa produk kecantikan atau kosmetik menjadi trending nomor dua setelah fashion pada beberapa situs e-commerce.

Menjualnya secara online juga memudahkan diri untuk dapat melakukan promosi dengan target pemasaran yang luas hingga ke luar negeri. Tidak hanya itu, menjual kosmetik secara online juga mampu menghemat pengeluaran, karena tidak perlu mengeluarkan biaya sewa tanah dan bangunan.

Walaupun demikian tetap saja, harus ada sinyal internet dan fasilitas komputer yang memadai. Selain itu pemilihan situs juga dirasa penting, apakah ingin menjual kosmetik di e-commerce atau membuat website pribadi.

Zweena Lovers juga bisa berjualan secara offline. Beberapa orang mengaku bahwa lebih senang berbelanja dengan sistem ini karena bisa mengetahui real produknya tanpa menerka-nerka dan curiga. Oleh karena itu, membuka toko offline tetap menjanjikan keuntungan yang besar.

3. Menjadi Dropshipper atau Reseller

Jika bertanya berapa modal untuk usaha kosmetik? Jawabannya tergantung, apakah ingin membuat brand sendiri, dropshipper atau reseller, karena masing-masing membutuhkan modal yang berbeda dengan sistem kerja yang berbeda pula.

Apabila belum memiliki modal yang cukup, maka bisa mencoba menjadi reseller atau dropshipper terlebih dahulu. Namun yang perlu diingat adalah perlu pertimbangan yang cukup terkait produk apa yang akan dijual. Apakah aman? terkenal? Laris atau justru sebaliknya?

Untuk mengetahui hal tersebut bisa dilakukan dengan menyelenggarakan survei kecil-kecilan baik melalui marketplace atau secara offline. Ketika sudah menentukan produk apa sih yang ingin dijual maka selanjutnya perlu memperhatikan tren kecantikan yang sedang berkembang.

Apakah produk tersebut mengikuti perkembangan zaman, kualitasnya baik, harganya terjangkau atau malah sudah mulai ditinggalkan oleh masyarakat? Hal ini penting adanya agar bisa memastikan potensi laris atau tidaknya produk yang dijual. Sampai sini bisa dipahami kan?

4. Membuka Bisnis Salon Kecantikan

Bagi yang memiliki modal cukup peluang usaha kosmetik selanjutnya yang bisa dicoba adalah dengan membuka bisnis salon kecantikan atau membuka toko produk kosmetik di pusat perbelanjaan seperti mal, swalayan atau yang lainnya.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa beberapa orang memang lebih suka berbelanja secara online, namun untuk produk tertentu seperti foundation, bedak, maskara, lipstik dan lainnya perlu dilihat langsung dan membuka bisnis salon kecantikan adalah hal yang tepat untuk dilakukan.

Terlebih jika include dengan jasa make up baik untuk lamaran, wedding, wisuda atau yang lainnya. Keuntungan akan bertambah banyak jika sembari menjual brand produk sendiri. Cara ini juga dinilai cara efektif untuk memasarkan produk ke masyarakat.

Bisa dibayangkan jika ada seseorang yang minta di make up atau dirawat wajahnya, kemudian hasilnya bagus dan ia bertanya tentang produk apa yang digunakan. Nah dari sini, Zweena Lovers bisa menawarkan produk pribadi dengan harga yang dipatok sendiri.

Berapapun itu, kalaupun hasilnya bagus pasti masyarakat juga tidak akan ragu untuk membelinya. Dari penjelasan ini, anggapan bahwa bisnis kosmetik tidak menguntungkan bisa dipatahkan.

5. Membuka Bisnis Spa Kecantikan

Peluang terakhir agar mendapatkan keuntungan di bisnis kosmetik bisa membuka spa kecantikan. Hal ini dirasa tepat bagi seseorang yang sudah memiliki pengetahuan luas di bidang kecantikan.

Namun ada hal lain yang harus diperhatikan seperti dekorasi eksterior dan interior, modal, pekerja, target pasar dan lain sebagainya. Membuka bisnis spa kecantikan juga harus memiliki strategi atau perencanaan yang matang, khususnya untuk karyawan.

Usahakan untuk melakukan training kepada mereka tentang bagaimana cara mentreatment yang benar, memberikan pelayanan yang baik dan ramah serta bagaimana cara mengatasi masalah.

Selain itu, agar dikenal masyarakat luas, di awal pembukaan berikan promo atau diskon. Baru ketika sudah agak stabil maka bisa diganti dengan harga paket.

Konsumen akan mendapatkan patokan harga yang lebih murah dibandingkan dengan membeli satu persatu produk. Zweena Lovers juga tidak rugi di bidang produksi dan keuntungan yang didapat lebih besar.

Berdasarkan penjelasan diatas, pertanyaan apakah usaha toko kosmetik banyak untungnya bisa terjawab kan? Oleh karena itu mulai lah menentukan arah dari sekarang, ingin membuat brand sendiri dengan produksi pabrik atau bekerjasama dengan jasa maklon kosmetik.

Apabila ingin bekerjasama dengan jasa maklon dan mewujudkan salah satu peluang usaha kosmetik di atas, maka bisa langsung menghubungi Zweena.co.id. J

asa maklon kosmetik yang membantu mewujudkan mimpi perempuan Indonesia berbisnis di kancah kosmetik. Jangan khawatir soal perizinan karena semuanya legal dan akan mendapatkan nilai plus di mata masyarakat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *