Penyebab Munculnya Jerawat

Bagi semua orang, jerawat adalah sesuatu yang ingin dihindari, karena selain mengganggu penampilan juga sakit jika disentuh. Oleh karena itu, untuk mengantisipasinya, Zweena Lovers harus tahu penyebab munculnya jerawat pada penjelasan di bawah ini:

12 Penyebab Munculnya Jerawat

Dr. Lilik Norawati, SpKK, FINSDV, FAADV yang menjadi bagian dari Departemen Kosmetik Medik, Kulit dan Kelamin RSPAD Gatot Subroto menjelaskan bahwa tidak hanya remaja yang mengalami pertumbuhan jerawat tapi juga orang dewasa.

Pertanyaan apa penyebab utama timbulnya jerawat akan dijawab melalui penjelasan dari beberapa poin di bawah ini:

1.     Hormonal

Pertama adalah hormonal. Coba diperhatikan secara lebih detail bahwa seorang wanita sedang PMS atau menstruasi, maka jerawat di wajah akan semakin banyak. Biasanya hal ini terjadi selama kurang lebih 2-3 hari, atau bisa juga ketika mengalami menopause.

Kenapa hal tersebut terjadi? Jawabannya adalah produksi minyak sedang berlebih, proses pergantian sel kulit mati yang berjalan lambat, sehingga berdampak pada peningkatan hormon androgen yang pada akhirnya membentuk bakteri penyebab jerawat yang dikenal dengan propionibacterium acnes.

2.     Masa Pubertas

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwasanya masa pubertas yang dialami baik laki-laki atau perempuan mengubah fisik dan hormonnya. Pada situasi ini, hormon yang ada di dalam mengalami perubahan sehingga menyebabkan munculnya jerawat.

Jadi, jangan kaget ketika melihat seseorang yang dulunya mulus ketika kecil dan menjadi berjerawat ketika sudah puber.

3.     Alergi Makanan

Penyebab munculnya jerawat selanjutnya adalah alergi makanan. Hal ini terjadi karena zat di dalam makanan menyebabkan pembengkakan pada kulit dan memicu munculnya bakteri atau berkembang menjadi lebih cepat sehingga menimbulkan jerawat.

Jika bertanya makanan apa yang harus dihindari agar tidak berjerawat? Jawabannya adalah makanan yang mengandung minyak, zat kimia berbahaya dan instan. Ganti pola hidup dengan mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah.

Satu hal lagi yang perlu diketahui bahwa selain makanan, cuaca di sekitar atau perubahan lingkungan juga mengakibatkan munculnya jerawat, lho. Jadi, usahakan agar lebih memperhatikan kondisi sekitar, ya!

4.     Faktor Stres

Stres adalah sebuah kondisi dimana seseorang memikirkan sesuatu secara berlebih dan terlalu lama. Dampaknya bisa meningkatkan hormon adrenalin yang ada di dalam tubuh. Nah, jika hormon ini jumlahnya sangat banyak dan terus diproduksi, maka bisa menyebabkan munculnya jerawat.

Oleh karena itu, menjaga kondisi badan dan pikiran memang sangat penting untuk dilakukan agar tidak gampang stres dan muncul jerawat yang mengganggu penampilan dan aktivitas sehari-hari. Sampai sini apakah bisa dipahami?

5.     Air Tidak Bersih

Pada beberapa daerah di Indonesia, memang kualitas air kurang bersih. Nah, untuk mengetesnya, silahkan gunakan air tersebut untuk minum atau jika terlalu ekstrem gunakan untuk mencuci wajah selama beberapa hari.

Apabila kulit tenang dan tidak terjadi masalah, maka air tersebut sehat. Namun, apabila kualitasnya kurang baik maka bisa menimbulkan jerawat. Solusi yang harus dilakukan adalah dengan memasang filter agar klorin yang terdapat di dalam air bisa tersaring dengan baik.

Apabila belum mempunyai alat tersebut, maka bisa menggunakan micellar water atau air beli agar wajah tidak perlu bersinggungan dengan air. Merawat wajah memang tidak semudah yang dibayangkan, ya.

6.     Kurang Asupan Vitamin A

Penyebab munculnya jerawat yang keenam adalah tubuh kekurangan asupan vitamin A. Secara alamiah, apabila di dalam tubuh tidak terdapat vitamin A yang mencukupi, maka kelenjar kulit tidak akan bekerja secara maksimal dan tidak sehat, sehingga kemampuan dalam memerangi virus dan bakteri penyebab jerawat berkurang.

Oleh karena itu, Zweena Lovers harus rajin mengkonsumsi vitamin A yang bermanfaat sebagai antioksidan kulit agar sehat dan terlindung dari radikal bebas. Jika perlu,  konsumsi vitamin C juga agar wajah terlihat lebih cerah.

7.     Hindari Penggunaan Spot Treatment Berlebih

Beberapa orang memilih untuk mengaplikasikan obat topikal seperti benzoyl peroxide atau salicylic acid yang ternyata keduanya bisa membuat wajah lebih kering, produksi minyak akan bertambah dan pada akhirnya jerawat muncul.

Bahan aktif yang ada di dalam kedua obat tersebut memang memberikan efek membakar kulit apabila digunakan secara berlebihan dan justru membuat jerawat semakin meradang. Jadi cukup gunakan sewajarnya saja, ya!

8.     Kulit Berminyak

Tidak bisa dipungkiri bahwasanya perawatan wajah berminyak dengan tidak memiliki perbedaan. Hal tersebut dikarenakan kadar minyak yang ada di dalamnya sangat banyak sehingga wajah mudah terserang oleh bakteri.

Ketika bakteri sudah menempel, maka jerawat akan lebih mudah muncul. Satu-satunya cara adalah rajin membersihkan wajah dari minyak dan menggunakan skincare yang bisa mengatasi produksi minyak berlebih.

9.     Penggunaan Produk Rambut

Jerawat tidak hanya bisa terjadi pada wajah saja, tetapi anggota tubuh yang lain, salah satunya adalah kepala. Menurut penjelasan Dr. Lilik, penggunaan produk rambut seperti gel atau pomade memiliki bahan dasar minyak dan seperti yang dijelaskan di atas, minyak membuat jerawat lebih mudah muncul.

Selain itu, juga bisa menyumbat pori-pori. Salah satu cara yang paling tepat adalah menggunakan produk rambut berbahan dasar air. Namun, jika masalahnya ada pada sampo, maka gunakan produk yang tidak mengandung paraben dan sulfat.

10.  Kurang Minum Air Putih

Zweena Lovers, siapa nih yang tidak suka minum air putih? Hal itu tidak baik untuk kesehatan, karena menyebabkan metabolisme tubuh terganggu dan menjadi penyebab salah satu munculnya jerawat.

Air bermanfaat untuk menurunkan kadar minyak yang ada di dalam tubuh, sehingga meminimalisir menempelnya bakteri, kotoran atau lainnya yang bisa menyebabkan munculnya jerawat.

11.  Polusi

Jika bertanya apa penyebab munculnya jerawat dan bagaimana cara mengatasinya? Maka jawabannya adalah hindari tempat berpolusi. Jangan terlalu lama membiarkan wajah terpapar oleh udara yang kotor karena kemungkinan virus atau bakteri menempel menjadi lebih besar.

12.  Penggunaan Deterjen yang Tidak Cocok

Apabila sudah melakukan semua pantangan agar tidak menimbulkan jerawat namun tetap saja ia muncul, maka coba cek apakah baju, sarung bantal atau lainnya yang dicuci sudah menggunakan bahan kimia yang cocok?

Jika tidak, maka bisa jadi itu adalah penyebabnya, apalagi jika kulit sensitif dan komponen deterjen terlalu keras. Apabila mengenai wajah, maka hal tersebut membuat kulit teriritasi dan berjerawat. Jadi, coba dengan merk yang lain, ya!

Sudah lelah dengan kosmetik atau skincare yang menimbulkan jerawat dan pada akhirnya ingin membuat komponen sendiri yang disesuaikan dengan kulit?

Gampang! Tinggal menghubungi Zweena.co.id saja. Tinggal menyediakan modal, pabrik, dan bahan baku sudah disediakan, maka brand kosmetik sendiri akan tercipta dengan mudah.

Pastinya yang tidak menimbulkan jerawat dan cocok di kulit Zweena Lovers dan orang lain yang sensitif.

Setelah mengetahui penyebab munculnya jerawat, maka segera untuk menentukan langkah yang tepat dengan mengambil kesempatan untuk menciptakan brand kosmetik sendiri. Segera hubungi Zweena ya, tenang saja pendaftaran merek dan uji BPOM juga sudah ditanggung, kok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *