Sabun Muka Pria

Saat pertama kali muncul, sabun muka menjadi benda kecantikan yang hanya digunakan oleh kaum wanita. Namun, seiring perkembangannya muncullah sabun muka pria untuk membantu kaum laki-laki dalam menjaga kebersihan dan kesegaran wajah.

Walaupun masih banyak kalangan pria yang enggan menggunakan sabun muka khusus, namun pentingnya sabun muka bagi pria wajib diketahui.  Dengan begitu, kaum lelaki bisa menyadari bahwa wajah juga harus dirawat dengan sabun khusus pria.

Pentingnya Sabun Muka Pria

Berikut beberapa alasan yang mendasari pentingnya penggunaan sabun khusus untuk wajah pria.

1. Karena Kulit Pria dan Wanita Berbeda

Meski tidak terlihat secara kasat mata, nyatanya struktur kulit wajah pria berbeda dengan wajah wanita. Padahal, sebagian besar sabun muka yang beredar di pasaran menyesuaikan dengan struktur wajah wanita. Tentu saja kaum laki-laki kurang cocok jika menggunakan sabun untuk wanita.

Beberapa perbedaan yang paling menonjol dari wajah wanita dan pria adalah derajat keasamannya, produksi kolagen, serta tingkat produksi minyaknya.

Untuk itulah dibutuhkan sabun muka khusus pria yang memang diformulasikan wajah pria. Dengan begitu, sabun yang dipakai bisa memberikan efek yang lebih maksimal dibandingkan menggunakan pembersih untuk kulit wajah wanita.

2. Kulit Pria Lebih Tebal dan Membutuhkan Sabun Formula Khusus

Kulit pria lebih tebal dibandingkan wanita, sehingga sabun yang dipakai harus bisa menembus ketebalan tersebut agar bisa membersihkan sampai ke dalam pori-pori. Fakta ini terbukti secara ilmiah dan dibenarkan oleh Dr. Melyarna Putri pada halaman klikdokter.com.

Menurut Dr. Melyarna, berdasarkan penelitian yang dilakukan di berbagai negara, pria dengan kisaran usia 18 sampai 61 tahun memiliki ketebalan kulit 10 % hingga 20 % lebih tebal dibandingkan kulit wanita.

3. Aktivitas Pria yang Sering Terpapar UV dan Radikal Bebas

Dalam kehidupan sehari-hari, pria adalah orang yang memiliki kewajiban untuk bekerja sehingga aktivitasnya lebih padat dibandingkan wanita. Dengan aktivitas tersebut, maka pria dituntut untuk bisa memberikan perawatan yang maksimal pada wajah dibanding wanita.

Tidak hanya perawatan dari segi kebersihannya saja, tapi perawatan untuk menjaga kulit dari radikal bebas dan paparan sinar UV ketika sibuk bekerja di luar.

4. Penampilan Pria Penting untuk Dijaga

Umumnya wanita adalah orang yang lebih suka memperhatikan penampilan. Padahal pria juga wajib menjaga penampilannya demi mempermudah aktivitas sosial di masyarakat.

Apabila tidak menggunakan sabun muka khusus pria, tentu perawatan wajah tidak bisa dilakukan dengan maksimal. Akibatnya, wajah rentan terkena masalah kulit yang merusak penampilan seperti kusam, berminyak, dan berjerawat.

Formula yang Dibutuhkan Pada Sabun Muka Pria

Agar bisa memberikan perawatan yang maksimal pada wajah, ada beberapa formula dan komposisi khusus yang salah satunya harus ada pada sabun muka yang dipilih oleh pria.

Untuk menjawab pertanyaan terkait sabun muka apa yang cocok untuk pria? Maka jawabannya adalah sabun muka yang mengandung beberapa formula berikut ini.

1. Kaolin

Kaolin sangat cocok untuk kulit pria yang memproduksi minyak berlebih. Dengan kaolin, maka kotoran yang masuk ke pori-pori bisa dibersihkan sampai tuntas. Selanjutnya, pori-pori yang terlalu besar dan memproduksi banyak minyak bisa kembali mengecil akibat formula kaolin pada sabun muka.

2. Montaline C40

Kandungan ini mungkin tidak terlalu dikenal oleh masyarakat umum. Padahal eksistensinya cukup dikenal di kalangan sabun pembersih muka pria. Kandungan ini diklaim mengandung anti bakteri yang ampuh membunuh bakteri di wajah dalam waktu singkat.

3. Natural White Clay

Lumpur atau tanah liat termasuk salah satu bahan alami yang mudah didapatkan tapi memiliki manfaat yang sangat baik di wajah. Kalau digunakan sebagai pembersih wajah, maka tanah liat ini sangat efektif menyerap minyak berlebih pada kulit pria yang produksi minyaknya sangat tinggi.

4. Charcoal

Selain tanah liat, arang juga terkenal ampuh membersihkan wajah hingga ke pori. Berdasarkan informasi dari halaman boldsky.com charcoal juga bisa membantu proses detoksifikasi kulit serta menyerap minyak berlebih.

Namun formula charcoal atau arang ini terkenal lebih keras sehingga kurang cocok untuk jenis kulit yang sensitif. Untungnya pemilik kulit sensitif pada pria jumlahnya sangat sedikit.

5. Vitamin B3 dan E

Vitamin ini banyak ditemukan pada bahan alam ataupun formulasi bahan kimia. Ketika digunakan sebagai campuran pembersih wajah pria, vitamin ini bisa membuat kulit pria lebih cerah dan bersinar setelah aplikasi.

6. Mentol

Bagi pria yang memiliki kulit cenderung sensitif, mentol bisa menjadi bahan sabun muka yang aman dan bisa mendinginkan kulit iritasi dengan gejala gatal dan kemerahan.

7. Ekstrak Vitamin C

Vitamin C untuk sabun muka pria biasanya memiliki komposisi yang lebih besar dibandingkan wanita. Manfaatnya bagi kulit pria masih sama, yakni untuk mencerahkan kulit dan menjaga kesegarannya.

Kriteria Sabun Muka Pria yang Baik

Untuk mempermudah pria mencari sabun muka terbaik, ada beberapa kriteria pokok yang harus diketahui sebagai bahan pertimbangan sebelum memilih. Beberapa di antaranya adalah:

1. Mampu Menyerap minyak

Fakta bahwa produksi minyak pada pria sangat tinggi menuntut pria memilih sabun yang bisa menyerap minyak berlebih. Jangan mencari pembersih wajah yang justru terlalu banyak mengandung minyak atau vitamin yang melembabkan.

2. Tidak Mengandung Banyak Pewangi

Kandungan pewangi yang tinggi memang sangat nyaman saat digunakan pada kulit. Sayangnya, pewangi yang berlebihan justru bisa menimbulkan reaksi alergi atau mengurangi khasiat dari bahan baku.

3. Mengandung Anti Bakteri

Kondisi kulit pria yang mudah berminyak juga sangat berpotensi dihinggapi banyak bakteri. Ini bisa menimbulkan efek buruk seperti jerawat dna kulit kasar. Untuk itulah pria wajib mencari pembersih wajah yang mengandung anti bakteri.

  1. Sesuai dengan Jenis Kulit

Kriteria terakhir adalah sabun yang paling sesuai dengan jenis kulit. Tidak semua pria memiliki jenis kulit berminyak. Ada juga yang tipe kulitnya kering sehingga harus memilih sabun yang mengandung pelembab.

Jasa Maklon untuk Produksi Sabun Muka Pria

Bagi Zweena Lovers yang ingin membuat sendiri sabun muka dengan kualitas terjamin, bisa bekerja sama dengan jasa maklon sabun di zweena.co.id. Semua bahan baku yang dibutuhkan untuk membuat sabun pria tersedia di pabrik ini.

Selain itu, pekerjanya juga sudah berpengalaman dalam membuat sabun dengan proses kimia tertentu. Adapun berbagai kelebihan yang akan didapatkan saat membuat sabun muka dengan jasa maklon di sini adalah :

  • Bahan yang digunakan sudah terbukti dan teruji keamanannya, baik dari jenis bahan ataupun jumlah kandungannya yang tidak melebihi batas.
  • Semua nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit pria sebenarnya juga terdapat pada bahan-bahan alam di sekitar. Jika ingin membuat sabun pria yang aman, bisa memilih dari bahan herbal ataupun kimia sesuai keinginan.
  • Produk sabun yang dibuat jasa juga menawarkan garansi pada pelanggannya sehingga ketika sabun tidak sesuai permintaan, bisa meminta jasa membuatnya lagi.
  • Kelebihan terakhir adalah adanya izin BPOM dari produk yang dibuat karena bahan dan proses pembuatannya yang sudah memenuhi standar keamanan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *