Kegunaan Sabun Sereh untuk Kecantikan Wajah dan Tubuh

Sereh atau serai yang dikenal sebagai bumbu dapur ternyata memiliki manfaat lain untuk wajah dan tubuh. Salah satu buktinya adalah adanya sabun sereh yang aman digunakan tanpa menimbulkan efek samping karena terbuat dari bahan alami.

Produk sabun kecantikan yang terbuat dari tanaman sereh menjadi alternatif terbaik untuk menghindari produk yang berbahan dasar kimia berbahaya. Dalam JAPTR yakni jurnal farmasi tertulis bahwa sereh memiliki banyak kandungan baik seperti antibakteri, antijamur dan antioksidan.

Kegunaan Sabun Sereh untuk Kecantikan Wajah dan Tubuh

Sudah banyak penelitian yang membuktikan keunggulan tanaman sereh. Pasti penasaran apa saja detailnya, bukan? Berikut 8 manfaat sabun dari sereh khususnya untuk kecantikan yang bisa digunakan sesuai kebutuhan:

 

1.     Mengusir Jerawat

Adakah di antara Zweena Lovers yang kesal karena jerawat tak kunjung hilang? Beruntung ada sabun berbahan alami sereh yang cukup ampuh mengatasi masalah jerawat sekaligus menghilangkan bekas jerawat pada wajah.

 

Alasannya, sereh mampu menghambat pertumbuhan dan mematikan bakteri yang bisa memunculkan jerawat. Dengan penggunaan rutin, pasti masalah jerawat membandel dapat teratasi.

 

Cara memakainya cukup membersihkan muka menggunakan jari-jari tangan. Agar hasilnya lebih bersih maksimal, jangan lupa untuk menggunakan air suam-suam kuku dan hindari pemakaian air yang terlalu dingin.

 

Bagi pemilik kulit sensitif, sebaiknya cuci muka dengan sabun alami sereh sebanyak 1 kali sehari saja. Tujuannya untuk mengurangi risiko iritasi pada wajah karena terlalu berlebihan mencuci muka.

 

2.     Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Wajah yang mulus pasti menjadi dambaan semua orang. Salah satu cara mewujudkannya adalah dengan memakai sabun dari sereh. Tanaman tersebut terbukti bisa bekerja layaknya sebagai toner wajah yang mengecilkan pori-pori.

 

Pori-pori yang mengecil dan tersamarkan akan membuat wajah terlihat lebih mulus. Produksi minyak pun akan terkontrol dengan baik sehingga kulit wajah terhindar dari masalah seperti kotoran yang menumpuk dan jerawat.

 

Memiliki wajah berpori-pori kecil juga mempercantik penampilan, lho. Sebab, makeup akan menempel dengan sempurna dan tahan lebih lama. Hasil riasannya dijamin flawless sehingga meningkatkan percaya diri.

3.     Menghilangkan Flek Hitam dan Mencerahkan Wajah

 

 

Flek hitam terjadi karena hiperpigmentasi yang menjadikan warna kulit tidak merata. Permasalahan wajah tersebut kerap meresahkan sehingga banyak orang yang rela mencoba berbagai perawatan, setidaknya untuk menyamarkan fleknya.

 

Ternyata, tidak perlu treatment mahal nan ribet karena sabun dari tanaman sereh ampuh membantu menyamarkan hingga menghilangkan flek hitam pada wajah. Dengan begitu, kulit wajah akan kembali memiliki warna yang merata.

 

Wajah juga akan terlihat lebih cerah dan bersih berkat manfaat sabun sereh untuk memutihkan kulit yang terbukti efektif. Wajar jika sabun serai direkomendasikan bagi yang memiliki masalah kulit kusam tanpa perlu takut akan muncul efek samping.

4.     Menghilangkan Bau Badan dan Kaki

Bau badan seringkali menimbulkan rasa tidak nyaman sehingga deodoran kerap dipilih untuk mencegah aroma yang tidak sedap tersebut. Sayangnya, pemakaian deodoran sintetis yang beredar di pasaran berisiko menyebabkan penyakit berbahaya.

 

Seperti yang tersebut dalam penelitian yang dilakukan oleh dokter dari Universitas Northwestern Amerika, Kris McGrath, bahwa terdapat hubungan yang erat antara bahan antiperspirant pada deodoran sintesis, pencukuran bulu ketiak dan penyakit kanker.

 

Mengkhawatirkan, bukan? Jika ingin mencari alternatif yang lebih aman, maka sabun yang terbuat dari tanaman sereh sangat direkomendasikan. Sudah sejak lama sereh dimanfaatkan sebagai penghilang bau badan alami yang tidak menyebabkan gangguan kesehatan.

 

Pada batang sereh terdapat zat antibakteri seperti flavonoid, sitral dan saponin. Selain itu, tanaman tersebut juga mengandung minyak atsiri yang bau harumnya sangat khas dan segar.

 

Istimewanya lagi, membersihkan badan dengan sabun serai tidak hanya meninggalkan bau harum tetapi juga melembutkan permukaan kulit.

 

 

5.     Menyamarkan Selulit

Munculnya selulit pada bagian seperti pinggul, paha, perut dan pantat memang meresahkan dan dapat menurunkan rasa percaya diri. Perlu perawatan yang khusus dan rutin untuk benar-benar menghilangkan stretch mark tersebut.

 

Kabar baiknya, penggunaan sabun dari sereh dapat membantu untuk menyamarkan selulit. Dengan begitu, permukaan kulit yang tadinya tidak rata, perlahan akan halus kembali.

 

Agar hasilnya lebih maksimal, sebaiknya kombinasikan sabun sereh dengan minyak esensial. Pemakaiannya cukup dengan mencampurkan sabun dan minyak esensial kemudian menggosokkannya perlahan ke permukaan kulit yang berselulit.

 

Selain dengan tangan, menggosok dengan sikat juga boleh agar stretch mark lebih cepat tersamarkan. Hanya saja, pastikan untuk memilih sikat gosok yang berbulu halus dan aman untuk permukaan kulit.

6.     Mengurangi Kerontokan dan Ketombe

Manfaat sabun sereh untuk rambut sangat banyak, lho. Pilihan yang cocok dan aman bagi Zweena Lovers yang memiliki problem rambut rontok atau berketombe.

 

Kandungan pada tanaman sereh mampu membersihkan kulit kepala, mengontrol minyak berlebih dan memperbaiki sirkulasi darah. Alhasil, rambut akan semakin sehat dan kuat sehingga bisa menunjang penampilan.

 

Sabun serai boleh digunakan tanpa campuran apapun atau dengan menambahkan minyak esensial. Cara pemakaiannya sangat mudah, sama persis seperti saat keramas menggunakan shampo.

 

Selain kuat dan bersih, rambut juga akan tercium wangi. Bahkan aroma khas dari sereh dapat menghasilkan efek relaksasi yang baik untuk badan dan pikiran, lho. Dijamin, selama keramas menggunakan sereh, nuansa spa penuh dengan aromaterapi bisa dirasakan.

 

 

7.     Menjaga Kulit dari Gigitan Serangga

Kulit yang mulus akan berkurang keindahannya kalau terdapat bekas gigitan serangga seperti nyamuk. Terlebih, jika bentolannya terus menerus digaruk sehingga memunculkan luka yang susah hilang.

 

Cara paling mudah untuk menangkal gigitan nyamuk adalah dengan memanfaatkan sabun serai atau sereh. Para ahli sudah membuktikan melalui berbagai penelitian komprehensif bahwa tanaman sereh memiliki kandungan yang memberikan perlindungan terhadap gigitan serangga.

 

Kandungan tersebut lebih tepatnya adalah citronella sebagai komponen minyak atsiri yang dihasilkan oleh sereh. Bahan anti nyamuk pada sereh sangat ampuh tidak hanya untuk mengusir melainkan untuk mematikan nyamuk.

 

Maka dari itu, wajar apabila sereh digunakan sebagai bahan pembuatan minyak telon bayi. Sebab, kulit bayi yang diolesi minyak telon berbahan sereh akan terlindung dari gigitan nyamuk.

8.     Mengatasi Masalah Kulit

Sudah tau kalau sereh memiliki kandungan antibakteri dan antijamur, kan? Berkat adanya kandungan tersebut, sabun alami dari sereh berkhasiat untuk mengatasi masalah kulit. Contohnya seperti biduran, eksim, iritasi atau infeksi jamur.

Penggunaan sabun serai terbukti dapat melembabkan kulit sehingga menurunkan risiko terkena penyakit kulit. Istimewanya lagi, sereh juga memiliki kandungan anti radang sehingga mampu meringankan gejala yang timbul.

Membersihkan seluruh badan dengan sabun alami sereh juga meningkatkan regenerasi kulit, lho. Dengan begitu, kulit menjadi lebih sehat.

Apabila Zweena Lovers tertarik menggunakan sabun alami dari sereh, maka manfaatkan jasa maklon yang ditawarkan oleh Perusahaan Zweena. Produk mulai dari sabun herbal, skincare herbal hingga segala jenis kosmetik berkualitas siap dibuat sesuai dengan permintaan.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *