10 Manfaat Sabun Susu

Memilih sabun susu untuk perawatan kulit alami tidak sekadar membersihkan tetapi juga menghaluskan dan mencerahkan. Semua bahan yang digunakan sangat lembut bagi kulit sehingga tidak berisiko menyebabkan efek negatif.

 Pembuatan sabun dari susu hewan yakni kambing dan sapi melalui proses saponifikasi yang sama dengan sabun biasa. Bedanya, bahan air pada sabun biasa diganti dengan susu yang kaya akan kandungan minyak dan lemak alami. Wajar jika manfaat yang diberikan termasuk istimewa.

Segudang Manfaat Sabun Susu untuk Kulit

Susu sudah sejak lama dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk produk kecantikan dan kesehatan kulit seperti sabun dan lulur. Bahkan berendam di dalam cairan susu yang dicampur dengan madu kerap dilakukan, terutama oleh kaum hawa yang menginginkan perawatan kulit maksimal.

Apa saja keunggulan sabun dari susu hingga digandrungi oleh banyak orang? Berikut 6 hal istimewa yang diberikan oleh produk tersebut:

1. Membantu Mengatasi Jerawat

Zweena Lovers yang memiliki keluhan acne, cobalah menggunakan sabun jerawat batangan yang terbuat dari susu. Keefektifannya sudah dibuktikan melalui penelitian, lo.

Salah satu contohnya terdapat di dalam Journal of Biological Research and Applied Sciences yang menyebutkan bahwa kandungan antibakteri pada sabun alami susu ampuh mengatasi problem jerawat sekaligus mencegah terjadinya infeksi kulit.

Jerawat tidak hanya hilang, tetapi juga dicegah kemunculannya kembali. Kulit wajah pun menjadi lebih bersih dan sehat.

Istimewanya lagi, tidak ada campuran bahan kimia berbahaya dalam sabun tersebut. Alhasil, penggunanya akan terhindar dari risiko kanker dan penyakit serius lainnya.

Wajar apabila sabun dari susu, baik kambing maupun sapi, menjadi alternatif terbaik bagi yang menghindari efek samping dari penggunaan sabun berbahan kimia.

2. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan memang hal yang pasti, tetapi tidak ada salahnya untuk mencegah penuaan yang terjadi sebelum waktunya.

Salah satu usaha terbaik untuk awet muda adalah dengan rutin memakai sabun alami dari susu. Adapun dua kandungan yang berperan besar dalam hal ini adalah vitamin A dan asam laktat.

Vitamin A pada susu memiliki sifat anti penuaan sehingga mampu menjaga vitalitas kulit untuk memerangi tanda-tanda penuaan dini. Beberapa tandanya seperti muncul garis-garis halus, bintik hitam serta pori-pori yang membesar.

Selanjutnya, kandungan asam laktat bekerja sangat baik untuk mengangkat sel kulit mati. Manfaat tersebut sudah dibuktikan melalui penelitian yang termuat dalam National Library of Medicine USA.

Dengan begitu, regenerasi kulit berjalan tanpa kendala sehingga wajah terlihat lebih segar, tampak lebih muda dan sehat.

3. Menambah Tingkat Kecerahan Kulit

Khasiat sabun susu kambing untuk memutihkan kulit tidak perlu diragukan. Lagi-lagi, kandungan asam laktat sebagai bahan eksfoliator alami berkontribusi besar dalam manfaat ini.

Sebab, kulit wajah yang sudah dieksfoliasi akan merangsang pertumbuhan sel-sel baru untuk tumbuh sekaligus melancarkan peredaran darah. Hasilnya, kulit yang tadinya kusam akan berubah lebih cerah dan sehat.

Tidak hanya bagian wajah, sabun alami dari susu juga mampu meratakan warna kulit di seluruh badan serta menyamarkan noda hitam. Memiliki kulit yang sehat dan cerah tentu akan meningkatkan kepercayaan diri, kan? 

4. Melembapkan Kulit

Tidak banyak yang mengetahui bahwa sabun biasa kerap mengandung bahan yang keras bagi kulit. Lama kelamaan, bahan tersebut dapat mengurangi kelembaban alami dari kulit sehingga menjadikannya lebih kering.

Bagi Zweena Lovers yang mengalami problem tersebut atau memang memiliki kulit berjenis kering, maka sabun alami susu merupakan pilihan terbaik.

Sebab, bahan pembuatan sabun dari susu sama sekali tidak meninggalkan efek kering maupun menghilangkan kelembaban alami kulit.

Lemak tak jenuh yang terkandung pada sabun alami susu sangat efektif untuk melembabkan kulit sekaligus memberikan nutrisi yang cukup. Tidak hanya lembab, permukaan kulit pun menjadi lebih halus. 

5. Merawat Kulit yang Kering

Kandungan yang mampu menghidrasi kulit dengan tetap menjaga kelembaban alaminya menjadikan sabun dari susu sangat ideal sebagai sabun kulit kering.

Alternatif terbaik dibandingkan dengan produk sabun biasa yang terkadang menggunakan bahan yang tidak ramah untuk dry skin. Biasanya setelah pemakaian sabun akan berisiko membuat kulit semakin kasar, bersisik dan kusam.

Sabun alami dari susu kaya akan asam lemak dan kolesterol baik yang mampu menggantikan kadar lipid yang rendah pada kulit kering. Dengan begitu, kelembapan kulit akan selalu terjaga.

Maka dari itu, sabun dari susu cukup baik digunakan oleh para penderita penyakit kulit seperti psoriasis dan eksim. Walaupun tidak sepenuhnya menyembuhkan, tetapi efek hidrasi yang dihasilkan dapat membantu meringankan gejala dan mereduksi frekuensi kambuh.

6. Membersihkan Hingga ke Dalam Pori-Pori

 Kegunaan sabun yang paling dasar adalah membersihkan badan dari kotoran yang menempel. Jangan khawatir karena sabun alami dari susu dapat bekerja lebih baik untuk menghilangkan kotoran secara maksimal.

Sebagai contoh, manfaat sabun susu sapi untuk menghilangkan kotoran pada kulit hingga menembus pori-pori tidak perlu diragukan lagi.

Hal tersebut disebabkan oleh adanya mikroba baik yang bersifat membersihkan kotoran secara menyeluruh. Sedangkan kandungan lemak jenuh pada sabun dari susu mampu memproduksi busa yang banyak, padat dan kenyal sehingga mudah menjangkau ke dalam pori-pori.

Kelebihannya tentu Zweena Lovers tidak perlu lagi menggosok-gosok kulit selama mandi karena sabun sudah bekerja sendiri dengan baik. Lumayan bisa menyingkat waktu jika sedang terburu-buru.

3 Tips Memilih Sabun Susu yang Baik untuk Kulit

Kulit merupakan aset berharga yang wajib dirawat sebaik mungkin. Tujuannya agar kulit selalu terjaga kesehatan dan kecantikannya.

Maka dari itu, jangan sampai salah memilih sabun alami susu yang banyak beredar di pasaran. Berikut tips yang perlu diterapkan sebelum benar-benar membeli:

1. Pilih Berdasarkan Jenis Sabun

Seperti halnya sabun biasa, sabun yang terbuat dari susu pun dibuat dalam bentuk cair dan batangan. Bahan pembuatnya tentu saja sama, hanya saja terdapat nilai tambahan yang membedakan kedua jenis tersebut.

Sabun cair dari susu kambing atau sapi relatif lebih praktis dan higienis. Biasanya, pH yang dimiliki lebih rendah sehingga aman digunakan pada sensitive skin.

Sedangkan sabun batangan dinilai lebih ampuh untuk membuang minyak dan kotoran pada kulit. Pilihan yang cocok bagi yang sering beraktivitas outdoor.

2. Sesuaikan Bahan Sabun dengan Kebutuhan Kulit

Kebutuhan kulit setiap orang tentu saja berbeda sehingga wajib untuk mengetahui kondisi kulit masing-masing. Dengan begitu, produk yang dibeli akan bekerja secara tepat dan efektif pada kulit.

Misalnya, bagi yang membutuhkan hidrasi lebih maka pilihlah sabun dari susu yang mengandung bahan tambahan seperti madu, jojoba oil dan lidah buaya. Bahan-bahan alami tersebut mampu memberikan kelembaban yang dibutuhkan oleh kulit.

3. Bagi Pemilik Dry Skin, Hindari Memilih Sabun dengan Kandungan Zat Aditif

Tidak bisa dipungkiri bahwa zat aditif kerap terkandung pada produk sabun, sekalipun yang terbuat dari susu alami.

Kadar zat aditif yang berlebihan berisiko mengganggu kesehatan dan menimbulkan efek negatif seperti gatal-gatal dan kemerahan pada kulit. Maka dari itu, pemilik kulit kering disarankan untuk memilih sabun dari susu yang dilabeli bebas dari zat aditif.

Jika Zweena Lovers tertarik untuk membuat produk sabun dari susu kambing, sapi atau bahkan domba, maka bisa memanfaatkan jasa maklon dari http://zweena.co.id/. Anda hanya perlu menyiapkan modal, proses produksi sampai jadi akan dikerjakan oleh pihak pabrik.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *