Bagaimana Cara Memilih Sabun yang Bagus untuk Kulit?

Sebelum membahas tentang bagaimana cara memilih sabun yang bagus? pertama-tama harus mengetahui terlebih dahulu tipe kulit seperti apa, baik badan maupun wajah.

Tentunya hal ini sangat penting untuk kemudian menyesuaikan bahan dasar sesuai dengan tipe kulit dan menggunakan bentuk sabun yang seperti apa. Penasaran bagaimana jelasnya? Mari simak pembahasannya berikut ini!

Memilih Sabun yang Bagus? Ini Dia Caranya!

Kulit memang tidak bisa dirawat sembarangan karena masing-masing jenis memiliki treatment yang berbeda. Kulit normal, kering, kombinasi dan berminyak masuk ke alam tipe kulit sehat. Namun untuk yang mudah berjerawat dan sensitif tidak langsung dikategorikan sebagai kulit tidak sehat karena pastinya ada beberapa faktor yang menyebabkannya menjadi seperti itu.

Berikut ini adalah cara tepat memilih sabun yang bagus untuk kulit. Dimulai dengan langkah pertama hingga terakhir, simak poin-poinnya di bawah ini ya!

1. Mengetahui Ciri-Ciri Kulit

Pertama kali yang harus dilakukan adalah mengetahui ciri-ciri kulit, karena terkadang masyarakat bingung tipenya termasuk apa sehingga kurang tepat dalam memilih sabun.

Kulit Normal

Kulit normal memiliki ciri-ciri tidak terlalu kering, namun juga tidak berminyak. Kulit normal memiliki tingkat kelembaban dan kekenyalan yang cukup karena minyak yang ada di dalam lapisan tersebar merata. Produksinya juga tidak berlebih sehingga kulit normal seringkali tampak mengkilap.

Perlu diketahui bahwa kulit normal disini bukan berarti 100% terhindar dari masalah, hanya saja tingkat keparahannya sangat minim. Namun sangat disayangkan, bahwa mayoritas orang tidak percaya jika dirinya memiliki tipe kulit normal.

Kulit Berminyak

Tipe yang kedua adalah kulit berminyak yang disebabkan karena sebum di dalamnya terlalu tinggi. Sebum merupakan minyak alami yang diproduksi oleh tubuh, fungsinya untuk melindungi dan menjaga kelembaban.

Tingkat minyak semakin parah jika terjadi pertambahan usia, perubahan hormon dan konsumsi makanan yang tidak sehat. Bahkan beberapa menyebabkan kulit menjadi berjerawat dan tangkap mengkilap.

Apabila tidak dirawat dan mendapatkan treatment yang tepat, maka lama-kelamaan kulit akan menjadi rusak dan break out. Biasanya selain sabun, beberapa orang juga menggunakan produk penunjang seperti pembersih atau scrub.

Kulit Kering

Tipe kulit kering biasanya disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama adalah kondisi cuaca luar, mandi dalam durasi waktu yang cukup lama, paparan bahan kimia yang ada pada pembersih dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ciri khas yang melekat pada kulit kering adalah memiliki pori yang kecil bercak kemerahan dan terkadang kusam. Biasanya juga terasa ketat, terlihat garis, mudah gatal dan iritasi.

Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi adalah yang paling banyak dimiliki orang Indonesia. Ciri-cirinya adalah berminyak pada area tertentu dan normal, kering atau sensitif di area yang lainnya.

Kulit Sensitif

Terakhir adalah kulit sensitif yang berbeda dengan jenis sebelumnya yaitu mudah terkena iritasi, terserang gatal dan pecah-pecah apabila terkena sinar matahari. Oleh karena itu tak jarang pemilik kulit sensitif kesulitan untuk mencari sabun yang bagus.

2. Menyesuaikan Bahan Dasar dengan Jenis Kulit

Tak jarang yang bertanya sabun apa yang bisa memutihkan kulit? Tentunya hal tersebut tidak ada salahnya, namun alangkah baiknya jika menyesuaikan bahan yang ada di dalamnya dengan jenis kulit terlebih dahulu.

Kulit Kering

Apabila Zweena Lovers memiliki tipe kulit kering, maka hindari yang bahan dasarnya mengandung detergen, pewangi, alkohol dan antibakteri. Bahan-bahan tersebut bisa menyebabkan dermatitis kontak sehingga kulit terasa semakin kering.

Lalu sabun apa yang cocok untuk kulit kering?? Sebaiknya mencari yang mengandung beberapa pelembab alami seperti lidah buaya, minyak zaitun dan cocoa butter. Bisa juga yang mengandung pelembab kandungan seperti dimethicone, lanolin dan petrolatum.

Kulit Berminyak

Keuntungan kulit berminyak adalah serasa selalu lembab, namun lebih rentan terkena bakteri, sehingga tak jarang pemilik kulit berminyak lebih mudah mengalami jerawat atau komedo.

Nah untuk mencegahnya pilihlah sabun yang bagus dan mengandung bahan khusus seperti oatmeal, madu dan gliserin. Bahan-bahan tersebut membersihkan minyak yang ada di kulit tanpa membuatnya iritasi.

Kulit Sensitif

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kulit sensitif lebih mudah terkena iritasi dan alergi. Oleh karena itu, pilihlah sabun yang tidak mengandung bahan detergen, pewangi dengan kandungan pH yang seimbang.

Hindari juga penggunaan sabun yang mengandung antibakteri dan deodoran karena mengandung zat yang mudah mengiritasi kulit. Gunakan sabun bayi atau sabun lain yang bebas dari bahan-bahan yang sudah disebutkan di atas.

Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi ada dua jenis sabun yang direkomendasikan. Pertama untuk yang area kering, pilihlah sabun yang mengandung pelembab alami. Sedangkan untuk area yang berminyak maka gunakan yang mengandung bahan benzoyl peroxide agar mencegah timbulnya peradangan.

3. Menggunakan Bentuk Sabun yang Sesuai dengan Jenis Kulit

Cara terakhir yang bisa dilakukan setelah mengetahui jenis kulit dan formula apa yang harus ada dalam sabun, selanjutnya adalah menentukan bentuk sabun. Apakah yang batang, cair atau gel, berikut ini penjelasannya:

Sabun Batang

Tahukah Zweena Lovers bahwa sabun batang mengandung senyawa sodium hidroksida yang bermanfaat untuk membersihkan kulit dari segala jenis kotoran. Namun kekurangannya adalah membuat kulit terasa lebih kering.

Apabila termasuk ke dalam jenis kulit kering, maka lebih baik hindari sabun ini. Kalaupun tidak bisa, carilah sabun batang yang tidak mengandung zat basa yang tinggi dan mengandung emolien agar kelembaban tetap terjaga.

Sabun Cair

Sabun cair sangat cocok digunakan untuk kulit kering karena mengandung banyak pelembab yang bisa menjaga kulit agar tetap lembut. Selain itu juga bisa digunakan untuk kulit sensitif asalkan tidak mengandung pengharum dan kadar pH yang ada di dalamnya normal. Jadi tidak akan menimbulkan iritasi.

Shower Gel

Terakhir adalah shower gel, walaupun bentuknya sama-sama cair, namun jenis ini lebih banyak mengandung pewangi dan lebih kental. Jadi sangat cocok digunakan untuk jenis kulit yang berminyak.

Sebenarnya apapun jenis sabunnya, pastikan untuk melihat lebih teliti kandungan yang ada di dalamnya.  Apakah cocok untuk tipe kulit diri sendiri, atau justru sebaliknya. Apabila tingkat sensitif sudah sangat parah, maka harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Pertanyaan sabun apa yang memutihkan wajah bisa digantikan dengan sabun apa yang bersahabat dengan tipe kulit, karena sekali lagi membuat kulit menjadi sehat lebih penting dibandingkan memakai bahan pemutih yang belum tentu cocok.

Jika sudah lelah dengan sabun yang itu-itu saja dan ingin menggantinya dengan yang lebih bagus, maka bisa membuat brand sabun sendiri. Apalagi jika banyak orang yang memiliki permasalahan yang sama, wah bakal laris manis nih.

Apabila ingin membuat sabun yang bagus dan memenuhi target pasar, maka bisa mengkonsultasikan dengan Zweena.co.id sebagai jasa maklon kosmetik yang mampu menjawab kebutuhan kulit masyarakat Indonesia.

Bahan baku yang digunakan sudah pasti dirancang oleh ahli dan memiliki izin edar dari BPOM. Apabila tertarik segera hubungi kontak yang tertera di website ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *