Tips Mudah Mengetahui Skincare yang cocok untuk kulit

Hallo Sweena Lovers, saat ini alat kosmetik dan skincare sangat menjamur sekali sehingga membuat kita semua bingung untuk memilih mana yang paling tepat. Hal itu wajar karena jika salah pilih maka akan membuat kulit kita malah menjadi rusak sehingga penting bagi kita untuk mengetahui Skincare yang cocok untuk kulit. Setiap perempuan tentu saja ingin melihat kulit mereka sehat dan terjaga kecantikannya sehingga merawat kulit melalui asupan nutrisi hingga skincare sangat penting untuk diperhatikan. Oleh karena itu, penting bagi kita memahami skincare yang cocok untuk kulit kita.

4 Cara Mengetahui Skincare yang Cocok Untuk Kulit

Perlu Sweena Lovers ketahui jika kondisi sudah parah maka kondisi kulit akan sulit dikembalikan seperti semula sehingga penting bagi kita memilih produk perawatan wajah yang sesuai dengan kulit. Untuk mengetahui kecocokan dengan kulit maka penting bagi anda mengetahui beberapa tips berikut sehingga kulit anda terlihat lebih cantik dibanding sebelumnya. Ada beberapa skincare yang cocok untuk beberapa bagian kulit apakah itu wajah maupun badan. Berikut ini beberapa cara untuk mengetahui apakah skincare yang anda pakai cocok dengan kulit anda atau tidak.

  1. Kulit akan tampak lembab dan kenyal

Memang kondisi setiap kulit seseorang bisa berbeda-beda sehingga anda perlu memperhatikan beberapa klit anda. Jika produk skincare anda cocok maka kulit akan terasa lembab dan kenyal. Perlu anda ketahui bahwa salah satu fungsi utama produk skincare adalah melembabkan kulit. Jika kulit tampak lembab, kenyal, dan bersinar maka produk yang anda gunakan berarti cocok dan telah bekerja dengan baik. Produk-produk yang bekerja dengan baik dan mengunci kelembaban dalam lapisan kulit sehingga wajah akan terasa lebih lembab dan kenyal. Wajah juga akan lebih sehat dan bebas dari penumpukan sel-sel kulit mati sehingga penampilannya terlihat cerah. Untuk membedakan kulit berminyak atau tidak maka anda bisa menyentuh dengan jari yang bersih. Berbeda dengan kulit yang lembab, kulit yang berminyak cenderung akan meninggalkan kesan licin akibat produksi sebelum yang lebih.

  1. Kulit mendapatkan manfaat produk

Karakteristik kulit cocok dengan produk skincare adalah bahwa kulit akan mendapatkan manfaat produk karena setiap produk skincare mengandung bahan aktif dengan keunikan tersendiri. Jika produk tersebut cocok dengan kulit maka tentu anda akan mendapatkan manfaat dari bahan aktifnya. Hal itu bisa dilihat dari kandungan alpha arbutin dan niacinamide yang akan memudarkan noda hitam pada wajah. Masker wajah dengan ekstrak lidah buaya juga akan menangkan kulit sensitif. Sedangkan krim retinol akan membantu menghilangkan milia.

  1. Warna dan permukaan kulit tampak merata

Cara sederhana lainnya adalah untuk mengetahui apakah itu cocok atau tidak maka anda bisa melihat dengan warna tampilan pada kulit. Produk-produk skincare yang sesuai biasanya akan membuat wajah lebih bersih dan jauh dari segala masalah kulit. Idealnya, warna permukaan kulit akan tampak merata dan tidak ada peradangan, ruam merah, atau area yang lebih gelap. Selain itu, kulit wajah mereka juga akan terasa halus, pori-pori akan mengecil dan juga bebas dari jerawat, bruntusan, dan tanda lainnya.

  1. Kenali perubahan positif pada kondisi kulit anda

Adapun cara untuk mengetahui Skincare yang cocok untuk kulit adalah dengan mengenali perubahan positif pada kondisi kulit yang mana kulit akan terasa nyaman dan bahagia yaitu terasa seimbang. Lembab berarti tidak berminyak berlebihan dan tidak meradang jerawat. Anda pun juga akan merasa saat produk skincare mengatasi masalah kulit anda dan melembabkan kulit kering dan mengelupas atau mulai terlihat lebih cerah dan segar.

Cara mengetahui produk Skincare yang tidak cocok dikulit

Untuk mengetahui apakah produk yang anda pakai tidak cocok dikulit maka ada beberapa hal yang bisa anda lakukan. Beberapa hal yang bisa anda lakukan diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Apakah terjadi purging di kulit

Perlu anda ketahui bahwa purging merupakan proses pembersihan atau detoks pada kulit saat menggunakan skincare baru dengan kandungan acid seperti AHA/ BHA, retinol, niacinamide, dan sebagainya. Saat anda menggunakan produk tersebut maka biasanya akan timbul jerawat dan itu tandanya kulit sedang beradaptasi dan kandungan tersebut akan mulai bekerja. Ketika purging terjadi maka Sweena Lovers perlu mengurangi intensitas pemakaian produk tersebut. Jika anda memulainya dengan pemakaian lima kali dalam seminggu maka anda bisa mengurangi pemakaiannya selama 2 kali seminggu.

  1. Berhenti saat breakout terjadi

Selanjutnya, jika produk yang kamu pakai mengalami breakout pada kulit maka anda perlu berhenti. Ketika kamu mengalami breakout yang mana biasanya ditandai dengan munculnya jerawat disertai peradangan maka cobalah untuk berhenti menggunakan produk yang anda pakai. Perlu Sweena Lovers ketahui bahwa kandungan produk apapun bisa menyebabkan breakout apalagi produk dengan kandungan eksfoliasi di dalamnya sehingga meskipun anda membeli skincare dengan harga fantastis maka belum tentu cocok untuk kulit anda.

  1. Perhatikan kondisi kulit setelah pemakaian

Setelah pemakaian berlangsung, anda juga perlu memperhatikan kondisi kulit apakah terjadi perubahan yang baik atau buruk. Ketika anda sudah menggunakan skincare secara rutin tentu produk tersebut akan memberikan efek pada kulit anda. biasanya efek tersebut bisa muncul setelah 28 hari. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk memperhatikan apa yang terjadi pada kulit dan jika tidak menimbulkan efek apapun maka tandanya formula skincare tidak bekerja secara efektif pada kulit.

  1. Lakukan test patch

Adapun cara lain untuk mengetahui apakah produk yang sudah anda pakai baik atau tidak maka lakukan juga test patch. Tes ini sangat penting karena cara ini akan mengetahui apakah produk tersebut cocok di kulit atau tidak. Selain itu, cara ini juga cukup mudah untuk dilakukan dan hasilnya akan lebih efektif dan memberikan sinyal pada kulit apakah skincare tersebut cocok pada kulit atau tidak. Langkah yang anda lakukan untuk melakukan hal ini juga cukup simpel karena anda hanya perlu mengolesi produk yang dipakai pada area belakang kuping dan diamkan beberapa jam. Jika terjadi reaksi kemerahan, gatal, atau efek lainnya maka tandanya kulit anda tidak cocok dengan kandungan yang ada pada skincare tersebut. Dengan kata lain, anda tidak perlu menggunakan produk tersebut lagi.

  1. Cek reaksi instan kulit

Untuk cara ini, anda perlu memperhatikan reaksi kulit secara langsung. Ada beberapa produk yang bisa memberikan reaksi instan pada kulit dan bahkan hingga beberapa menit saja saat pemakaian di kulit. Meskipun ada yang reaksinya terlihat beberapa jam hingga beberapa hari setelah pemakaian maka kulit lembab di pagi hari. Bila reaksi negatif dirasakan terlalu menyakitkan dan tidak nyaman maka hentikan pemakaian dan kembalikan kondisi kulit sampai prima dan coba lagi waktu lainnya.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengetahui Skincare yang cocok untuk kulit atau yang tidak cocok dengan kulit. Dengan mengetahui itu semua maka anda akan mendapatkan produk terbaik untuk kulit lebih cantik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *