Tips Bisnis Online Kosmetik agar Laris dan Berkembang

Memiliki bisnis kosmetik sendiri adalah sesuatu yang diidamkan oleh mayoritas perempuan. Selain menggiurkan, owner juga mamp memakai produk yang dibuatnya sendiri dan memiliki banyak koleksi.

Lalu bagaimana sih tips bisnis online kosmetik agar laris dan berkembang? Mari simak penjelasannya!

Tips Bisnis Online Kosmetik Agar Mencapai Kesuksesan

Berbisnis dengan sesuatu yang menyenangkan tidak akan terasa berat, justru semakin semangat untuk mengerjakannya. Selain menjadi hobi juga menambah keuntungan, terlebih zaman sekarang perkembangan teknologi sudah semakin canggih, jadi sayang jika tidak dimanfaatkan.

Sayangnya, banyak yang masih belum paham bagaimana menjalankan sebuah bisnis kosmetik? Tenang, karena di bawah ini ada beberapa tips yang bisa diikuti:

1. Membuat Bisnis Plan

Hal pertama yang bisa dilakukan dalam berbisnis adalah membuat rancangan atau yang lebih dikenal dengan business plan. Pengertian business plan sendiri adalah rencana tertulis yang berisi strategi pengembangan, misalkan keuangan, marketing dan lain sebagainya.

Keberadaaan business plan ini sangat penting karena menjadi peta perjalanan. Apabila merasa kesulitan dalam mengambil keputusan, maka jawabannya sudah ada di business plan. Jadi tidak perlu bingung kapan harus menambah modal, barang atau yang lainnya.

Selain itu business plan juga bisa membantu dalam menentukan langkah, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Seperti apa bisnis dalam jangka waktu satu tahun dan seperti apa dalam jangka waktu lima tahun.

2. Menentukan Tipe Bisnis

Tips bisnis online kosmetik yang kedua adalah mulai menentukan apa sih tipenya? Apakah nantinya akan dijual secara online saja, atau membutuhkan store offline? Nah apabila masih terikat kerjasama dengan beberapa pihak tertentu, maka sebaiknya keputusan tersebut dibicarakan bersama-sama agar tidak menimbulkan kesalahpahaman.

3. Membuat Brand

Tahukah Zweena Lovers, bahwa brand adalah sesuatu yang sangat penting karena inilah yang menentukan karakter dan identitas bisnis sehingga lebih dikenal banyak orang. Sebaiknya pilihlah nama yang mudah dihafal masyarakat dan unik.

Apabila kesulitan dalam menentukan brand, maka bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan jasa maklon kosmetik. Cara ini dinilai lebih mudah karena tidak berpikir sendirian, tinggal menyiapkan modal, bahan baku dan proses pembuatan sudah diurus.

4. Menyiapkan Budget

Atu hal penting yang perlu diingat bahwa tidak ada bisnis tanpa modal dan budget. Nah agar berhasil, maka harus mampu melihat dan menyesuaikan berapa jumlah dana yang dimiliki. Jika belum cukup sebaiknya menjadi dropshipper terlebih dahulu sekalian belajar.

Namun jika sudah cukup, maka mulailah bekerjasama dengan jasa maklon kosmetik untuk membuat brand sendiri dan menyuplai sesuai dengan jumlah pesanan. Satu lagi yang tidak boleh dilewatkan, karena pemasaran nantinya akan dilakukan secara online, maka menyiapkan dana untuk kuota atau wi-fi juga sangat penting.

Belum lagi jika ingin sempurna dalam hal packaging, semua yang dibutuhkan harus benar-benar disiapkan dengan baik ya!

5. Menentukan Harga

Jika Zweena Lovers bertanya apakah bisnis kosmetik menguntungkan? Jawabannya tergantung bagaimana cara menentukan harga. Juallah barang yang mahal dengan cara yang elegan, sehingga pembeli tidak akan kabur setelah melihat harga dan tetap mendapatkan keuntungan.

Selain itu, tentukan strategi mulai dari sekarang dengan metode coret harga, diskon di hari dan jam tertentu, serta bonus yang diberikan untuk jumlah pembelian tertentu. Bisa juga dengan menyusun paket kosmetik, jadi lebih cepat terjualnya.

6. Mengelola Keuangan dengan Baik

Tips bisnis online kosmetik yang harus dilaksanakan agar berhasil adalah dengan melakukan pengelolaan keuangan dengan sebaik mungkin. Pisahkan mana keuangan pribadi dan mana yang keuangan bisnis. Lengkapi rekening dengan fitur SMS atau aplikasi agar bisa dengan mudah mengontrol jumlah uang yang keluar dan masuk.

Mengingat belakangan ini banyak pembeli yang menyertakan bukti transfer palsu, maka memiliki aplikasi pengecekan rekening sangat penting adanya. Jangan sampai kecolongan atau pembeli kesulitan dalam membayar ya!

7. Memanfaatkan Media Sosial

Namanya bisnis online, berarti cara pemasarannya tidak jauh-jauh dari sosial media. Promosi yang menarik mampu menarik minat para pembeli sehingga buat postingan sekreatif mungkin.

Sekali lagi, untuk mendapatkan pembeli yang banyak membutuhkan proses yang panjang. Namun hal ini bisa diantisipasi jika penerapan strategi penjualan dan promosi cukup baik. Promosi bisa dilakukan dengan cross selling, up selling seperti gratis produk tertentu setiap sekian pembelian.

Bisa juga menerapkan strategi building yaitu menjual produk bersamaan dengan produk lainnya yang sudah cukup laris. Buatlah akun instagram yang khusus untuk promosi, Whatsapp bisnis atau laman facebook. Semakin banyak media sosial yang digunakan semakin banyak pula orang yang tahu.

8. Memberikan Pelayanan yang Baik

Tips bisnis online kosmetik yang tidak boleh ditinggalkan adalah senantiasa memberikan pelayanan yang baik kepada calon pembeli. Memang, karakter setiap orang berbeda antara satu dengan yang lainnya, ada yang to the point, run, cerewet bahkan ada yang menawar walaupun sudah tertera harga pas.

Hal tersebut tentunya tidak boleh membuat Zweena Lovers putus asa hingga pada akhirnya marah-marah, karena bisa mencoreng citra bisnis yang sudah dibangun dengan susah payah. Salah satu masalah yang paling sering terjadi adalah pembeli menanyakan nomor resi.

Mereka tidak akan memperhatikan waktu apakah malam, pagi, sore jika belum mendapatkan resi maka akan bertanya terus-menerus. Hal ini bisa dihindari dengan menyediakan satu admin yang fast respon dan senantiasa membalas chat.

Jangan sampai calon pembeli beralih ke produk yang lain karena admin yang ditanya lebih fast respon. Tentunya tidak ingin hal tersebut terjadi kan?

9. Membuat Detail Produk

Setelah menentukan media sosial dan strategi yang cocok, selanjutnya adalah membuat detail produk kosmetik berupa foto yang menarik, deskripsi (berat, manfaat, ukuran, varian lengkap dengan harganya).

Tujuannya untuk mempercepat proses transaksi karena tidak perlu bertanya terlalu lama karena semua detail sudah dicantumkan. Apabila ditemukan kesalahan, maka perbaiki sesegera mungkin.

10. Mencantumkan Manfaat

Jangan lupa juga untuk mencantumkan manfaat karena inilah yang paling ditunggu oleh para calon pembeli. Mencantumkan manfaat tidak hanya berbentuk tulisan saja, tapi juga bukti yang nyata seperti testimoni, real pemakaian, dan lain sebagainya.

Jangan sampai kalah bersaing dengan kompetitor yang menerapkan strategi penjualan sosial media yang lebih unik. Pada fase ini, tingkat kreativitas seorang owner diuji.

11. Evaluasi

Tips yang terakhir adalah jangan melupakan evaluasi. Selalu perbaiki produk kosmetik berdasarkan saran dari para pemakai.

Mungkin masih banyak yang bertanya bagaimana mendapatkan lisensi atau izin untuk menjual kosmetik? Mengingat hal ini juga sangat berpengaruh, beberapa orang pasti lebih memilih yang sudah mengantongi izin BPOM dibanding yang tidak.

Apabila masih kebingungan bagaimana mendapatkan lisensi atau izin, maka bisa menggunakan jasa maklon kosmetik Zweena Lovers.

Semua izin mulai dari BPOM, sertifikat dan lainnya sudah diuruskan, jadi tidak perlu khawatir. Jangan lupa juga untuk melaksanakan beberapa tips bisnis online kosmetik di atas ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *