Yuk Cari Tahu Bagaimana Cara Memilih Kosmetik yang Aman!

Zaman sekarang, kosmetik atau skincare sudah menjadi hal yang wajib dilakukan oleh para wanita. Sayangnya, masih banyak kosmetik palsu yang beredar dan tidak memiliki izin BPOM.

Tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan kulit. Oleh karena itu, Zweena Lovers harus tahu bagaimana cara memilih kosmetik yang aman?

Cara Memilih Kosmetik yang Aman yang Wajib Diketahui Para Wanita

Berdasarkan siaran pers yang dilakukan oleh Badan Pengelola Obat dan Makanan melalui Survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia menjelaskan bahwasanya saat ini, kosmetik menjadi produk kedua yang paling banyak dibeli masyarakat pada situs belanja online setelah busana.

Banyaknya kosmetik yang beredar ternyata juga menimbulkan dampak yang negatif, diantaranya adalah banyak yang palsu dan berbahaya untuk kesehatan kulit. Oleh karena itu, wajib tahu bagaimana tips memilih kosmetik yang aman.

1.     Mengecek KLIK

KLIK adalah singkatan dari kemasan, label, izin edar dan tanggal kadaluarsa yang tercantum pada masing-masing produk. Pertama Zweena Lovers harus mengecek apakah produk yang dibeli terdapat kecacatan atau masih sempurna? Biasanya perusahaan akan memberikan warning untuk tidak membeli kemasan yang sudah rusak.

Kemudian cek juga labelnya, apakah sudah ada nomor izin edar atau belum? Jika sudah berarti sudah aman dan memiliki izin edar resmi dari BPOM. Hal ini sekaligus membuktikan bahwa produk tersebut sudah lolos uji yang dilakukan BPOM.

Namun, tidak boleh percaya begitu saja karena banyaknya nomor BPOM yang palsu. Nah, agar lebih yakin, silahkan cek website resmi dengan memasukkan nomor yang tertera pada kemasan.

Jangan lupa juga untuk melihat tanggal kadaluarsa, apakah sudah lewat atau masih lama? mengingat sekarang banyak toko yang mengambil keuntungan dengan memanfaatkan ketidaktelitian para pembeli.

2.     Jangan Tertipu dengan Harga yang Murah

Kosmetik yang aman pastinya dibuat dengan bahan-bahan yang aman juga, dan hal tersebut tidak bisa didapatkan secara cuma-cuma. Jadi, tak heran jika kosmetik yang mahal biasanya memang memiliki khasiat yang luar biasa.

Namun, banyak masyarakat yang belum bisa membeli kosmetik dengan harga yang mahal, sehingga mereka melirik yang murah.

Bukan berarti murah tidak berkualitas ya, hanya saja belakangan ini banyak terjadi kasus pemalsuan kosmetik dan ilegal dibandrol dengan harga yang murah.

Jadi, harus benar-benar teliti dulu sebelum membeli, lakukan pengecekan apakah sudah sesuai standar atau belum. Tentunya, kalau buat wajah, harga bukanlah sebuah masalah, dibanding harus menanggung akibat kosmetik yang sembarangan.

3.     Membeli di Toko yang Terpercaya

Cara yang ketiga adalah membeli di toko yang terpercaya. Tidak harus offline, online juga bisa asalkan review yang diberikan bagus dan minim terjadi kesalahan. Jangan sekali-kali membeli di toko yang terlihat kurang meyakinkan, karena bisa jadi produk yang dijualnya palsu.

4.     Memperhatikan Reaksi Pemakaian Kosmetik

Bisa dibilang, ini adalah bagian yang paling sering dilupakan karena masyarakat asal beli saja tanpa meminta tester dari toko. Zweena Lovers harus mencoba terlebih dahulu produk tester dengan mengoleskannya pada punggung tangan.

Cek apakah tekstur dan warnanya berubah? Apakah tangan gatal atau yang lainnya? Jika tidak ada reaksi apapun maka produk tersebut cocok, tapi jika tidak dan menimbulkan gatal atau ruam merah, maka lebih baik mencari yang lainnya.

Bagaimana apakah pertanyaan bagaimana cara memilih skincare yang cocok sudah terjawab?

5.     Menghindari Kosmetik dengan Kandungan Vitamin A yang Berlebihan

Sekali lagi, memilih kosmetik yang aman memang tidak boleh sembarangan dan harus disesuaikan dengan apa yang dibutuhkan kulit wajah. Bagi ibu hamil atau menyusui, sebaiknya hindari produk yang banyak mengandung vitamin A.

Hal ini  dikarenakan vitamin A bisa membentuk zat seperti hidrokortison, accutane, retinoid dan masih banyak lagi yang lainnya yang berbahaya bagi perkembangan janin. Efek jangka panjangnya bisa memperlambat pembentukan sel, keracunan, cacat dan keguguran.

Lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan apabila ingin menggunakan kosmetik.

6.     Menghindari Kandungan Dioxan, Salisilat dan Avobonzone yang Berlebihan

Pelembab memang dibutuhkan oleh kulit agar tetap terhidrasi dan tidak terlihat kering. Namun, jangan sampai memilih produk yang berlebihan kandungan Dioxane, Salisilat dan Avebonzonenya, terlebih bagi ibu hamil dan menyusui sangat tidak diperbolehkan.

Zat-zat tersebut bisa menyebabkan gangguan pertumbuhan atau kecacatan. Dioxane yang paling parah yaitu bisa mencemari air susu ibu dan apabila masuk kedalam tubuh bayi, maka tidak baik untuk kesehatan.

7.     Tidak Memilih Produk yang Mengandung Fragrance bagi yang Berkulit Sensitif

Apabila bertanya produk kosmetik apa yang cocok untuk kulit sensitif? Maka jawabannya adalah produk yang kandungan fragrance atau parfumnya tidak terlalu banyak. Hal ini dikarenakan di dalamnya mengandung bahan kimia laktat yaitu campuran bahan pembuatan plastik.

Jadi, tidak bisa dibayangkan bagaimana kulit yang sensitif diberikan bahan pembuat plastik. Oleh karena itu, tidak masalah kosmetik beraroma biasa saja, asalkan tetap aman untuk digunakan.

8.     Menjauhi Pemutih yang Mengandung Merkuri

Banyak wanita yang menginginkan kulit putih dan bersih, tetapi mereka tidak sadar bahwa di dalamnya mengandung bahan yang berbahaya bagi kesehatan, merkuri adalah salah satunya.

Apabila kosmetik mengandung bahan tersebut maka akan ada efek negatif yang datang secara langsung, diantaranya adalah iritasi kulit, kemerahan ketika terpapar sinar matahari.

Lebih parah lagi, zat merkuri bisa meresap ke dalam pembuluh darah sehingga mengancam kesehatan rahim atau janin di dalam kandungan. Lebih baik memilih kosmetik yang aman saja dibanding harus menanggung semua efek negatif.

9.     Cara Pemakaian

Kosmetik yang memang aman untuk digunakan pasti mencantumkan cara pemakaian yang baik dan benar. Tujuannya agar para pemakai bisa mengetahui takaran yang paling tepat. Tak ketinggalan dicantumkan juga dampak apa yang akan timbul apabila kulit tidak cocok.

Mengingat bahwa walaupun sudah BPOM dan lolos uji, ada beberapa bahan yang memang menimbulkan alergi dan baru diketahui ketika menggunakan. Sekali lagi, selain aman tetap ketahui ya apa yang dibutuhkan oleh wajah.

10.  Jangan Asal walaupun Berkedok Herbal

Selain berbahan kimia, beberapa kosmetik juga ada yang menggunakan bahan-bahan alami alias herbal. Zweena Lovers tidak boleh asal juga ya dalam memilihnya, pastikan herbalnya asli bukan rekayasa zat atau yang lainnya.

Percuma saja bukan mengklaim herbal ternyata tidak ada unsur alaminya sama sekali.  Cari aman saja untuk kulit wajah kesayangan.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan jika ingin membeli sebuah produk maka harus di cek terlebih dahulu kemasan, label, kadaluarsa, komposisi dan nomor izin edarnya. Tujuannya agar mengetahui mana yang benar-benar aman dan tidak.

Apabila Zweena Lovers ingin membuat brand atau produk kosmetik sendiri dengan menyesuaikan apa yang benar-benar dibutuhkan oleh kulit diri sendiri atau wanita Indonesia, maka bisa berkonsultasi pada Zweena. Satu-satunya jasa maklon kosmetik yang terpercaya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *