10+ Manfaat Biji Buah Mahoni untuk Kesehatan dan Kecantikan

Mahoni adalah jenis tanaman kayu yang sering dimanfaatkan sebagai pelindung. Di balik pohonnya yang besar, ternyata mahoni juga memiliki buah yang kaya akan manfaat. Sebagian besar manfaat biji buah mahoni yang mulai dikembangkan adalah untuk kecantikan dan kesehatan.

Bahkan sekarang sudah banyak ditemukan berbagai produk kecantikan yang menjadikan biji mahoni sebagai bahan dasar utamanya. Bagi Zweena Lovers yang ingin meracik produk kecantikan dan kesehatan dengan bahan herbal, maka biji mahoni bisa dipertimbangkan.

Manfaat Biji Buah Mahoni untuk Kecantikan

Kecantikan menjadi kebutuhan pokok setiap wanita mengingat fitrahnya yang ingin selalu terlihat cantik. Meski sekarang sudah banyak produk kecantikan kimia yang memberikan hasil maksimal, tidak ada salahnya untuk mencoba bahan herbal seperti biji mahoni yang mudah didapatkan.

Dengan memanfaatkan biji mahoni, maka beberapa khasiat untuk kecantikan berikut bisa didapatkan:

1. Suplemen Diet

Tubuh yang ideal adalah salah satu faktor pendukung kecantikan wanita. Salah satu cara efektif untuk membuat tubuh langsing ideal adalah dengan diet yang sehat. Demi mempercepat efek diet, biji buah mahoni bisa digunakan sebagai suplemen herbalnya.

Biji mahoni diketahui mengandung saponin yang efektif menghambat pelepasan enzim lipase. Enzim inilah yang bekerja memecahkan lemak sehingga terserap oleh tubuh. Apabila pelepasannya dihambat, tentu saja lemak akan langsung dikeluarkan dari tubuh sehingga tidak menimbulkan kegemukan.

Cara menggunakannya bisa diolah menjadi serbuk dan dibentuk kapsul. Lalu, apakah buah mahoni bisa dimakan? Tentu saja bisa, namun rasanya sangat pahit sehingga lebih baik diolah dulu atau dicampur dengan bahan lainnya.

2. Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas memberikan efek yang sangat buruk bagi kecantikan, baik kecantikan dari dalam ataupun dari luar seperti wajah. Ketika terkena polusi asap, wajah dan seluruh tubuh akan mudah rusak sehingga terlihat kering dan kusam.

Kandungan flavonoid dalam biji buah mahoni ini rupanya bisa dimanfaatkan untuk mencegah dan mengurangi efek radikal bebas pada tubuh. Jadi, penampilan akan senantiasa terlihat cantik meskipun beraktivitas di luar rumah.

Manfaat yang besar ini sudah dibuktikan oleh banyak peneliti di dunia, salah satunya adalah peneliti kesehatan sekaligus dosen Universitas Airlangga di Indonesia. Bahkan di bawah bimbingannya, tim yang dibentuk bisa membuat masker kecantikan dari biji mahoni dan didanai langsung oleh pemerintah.

Manfaat Biji Buah Mahoni untuk Kesehatan

Selain untuk kecantikan, biji buah mahoni juga terkenal mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Inilah yang menyebabkan banyak minuman herbal yang sengaja diracik menggunakan bahan ini. Manfaat biji mahoni bagi kesehatan ini meliputi:

1. Mengatasi Sembelit

Sulit buang air besar atau sembelit biasanya terjadi karena seseorang kurang mengkonsumsi serat. Namun bagi sebagian orang, sembelit yang sudah parah tidak bisa diobati hanya dengan memakan banyak serat saja. Pada akhirnya, obat kimia di apotek yang dijadikan solusi terakhir.

Demi mengurangi konsumsi bahan kimia dalam tubuh, biji mahoni bisa dijadikan alternatif obat sembelit ketika tidak kunjung sembuh. Ini disebabkan karena kandungan di dalamnya dipercaya mampu mengatasi berbagai masalah pencernaan termasuk sembelit.

2. Mengobati Insomnia

Insomnia terlihat sebagai masalah kesehatan yang tidak terlalu parah. Padahal, gangguan tidur ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan kalau tidak segera diatasi. Selain minum susu sebelum tidur, mengonsumsi racikan biji mahoni ternyata juga efektif mempermudah seseorang untuk tidur.

Cara kerjanya adalah dengan melemaskan otot yang tegang pemicu insomnia. Senyawa flavonoid inilah yang berperan besar dalam melemaskan kembali otot, sehingga bisa tidur dengan mudah dan berkualitas.

3. Menurunkan Kolesterol

Masalah kolesterol terjadi karena kebiasaan mengkonsumsi makanan berminyak yang mengandung lemak jahat. Akibatnya, darah mengandung kolesterol yang tinggi dan rentan terkena penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke.

Untuk mengendalikan dan mengontrol kolesterol, ramuan biji mahoni sangat cocok dikonsumsi. Kandungan dalam biji ini sudah terbukti mampu melawan kolesterol jahat dan mencegah seseorang dari serangan jantung dan stroke.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat bagi kesehatan selanjutnya adalah menurunkan tekanan darah khususnya pada penderita hipertensi. Sama dengan sebelumnya, senyawa yang sangat berguna untuk menurunkan tekanan darah ini adalah flavonoid.

Tidak hanya menurunkan tekanan darah, biji mahoni juga mampu menjaganya agar tetap normal sehingga tidak terlalu rendah ataupun tinggi. Ini disebabkan karena dalam biji mahoni juga terdapat natrium dan kalium yang efektif menetralkan kembali tekanan darah serta meningkatkan fungsi saraf.

5. Obat Malaria

Meskipun malaria bisa diobati, namun penyakit ini tergolong mematikan dan sudah memakan banyak korban. Sebagai penanganan alternatif, penderita malaria bisa mengkonsumsi biji mahoni secara rutin jika tidak memiliki komplikasi penyakit lainnya.

Cara mengkonsumsinya cukup mudah, yakni dengan merebus biji tersebut dan meminum air rebusannya. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa parasit plasmodium pada malaria bisa dibunuh dengan air rebusan biji mahoni.

Manfaat Biji Buah Mahoni untuk Kulit

Manfaat yang paling terkenal dari biji mahoni ini adalah untuk kulit. Bahkan sudah banyak produk kecantikan dan perawatan kulit yang memakai biji buah mahoni sebagai bahan andalannya. Dari sekian banyak manfaat biji mahoni untuk kulit, beberapa yang paling terkenal di antaranya:

1. Menyegarkan dan Menyehatkan Kulit

Kulit yang cantik bisa dilihat dari kesehatan dan kesegarannya. Untuk membuatnya terlihat lebih segar dan terawat, dibutuhkan antioksidan yang tinggi di dalamnya. Kebutuhan akan antioksidan ini bisa dipenuhi dengan mudah melalui ekstrak biji buah mahoni.

Cara menggunakannya bisa dimakan langsung atau diolah sebagai masker dan salep yang diaplikasikan pada permukaan kulit secara rutin.

Kandungan Lactococcos Ferment di dalam biji ini sangat efektif membantu menutrisi kulit dan regenerasi sel kulit mati. Jadi, aplikasi secara rutin bisa membuat kulit lebih sehat dan segar karena kulit mati yang rusak bisa menghilang secara bertahap.

2. Mengatasi Jerawat

Jerawat tidak hanya berkaitan dengan masalah kecantikan, tapi juga masalah kesehatan kulit yang harus dicegah. Flavonoid pada biji mahoni mengandung anti bakteri dan efektif mengempiskan pembengkakan kulit seperti jerawat.

Dengan mengaplikasikannya pada kulit secara rutin, jerawat tidak hanya kempis tapi juga tidak akan kembali lagi.

Ramuan jerawat ini bisa dibuat sendiri dengan menumbuh biji mahoni yang kering, lalu dicampur sedikit air dan dioleskan pada jerawat. Tapi jika merasa terlalu rumit, bisa dengan membeli produk kecantikan yang mengandung biji mahoni.

3. Mengatasi Tanda Penuaan Dini

Tanda penuaan dini sangat banyak, bisa berupa keriput, garis halus, bercak hitam, hingga kulit yang kering. Semua tanda-tanda penuaan dini tersebut juga bisa diatasi dengan olahan biji mahoni. Antioksidan yang sangat tinggi di dalamnya sangat efektif mencegah tanda-tanda penuaan dini tersebut.

Cara aplikasinya bisa diolah sebagai masker, diminum sebagai suplemen, atau memadukan keduanya untuk hasil yang lebih cepat.

4. Mengatasi Gejala Alergi pada Kulit

Alergi kulit bisa disebabkan karena seseorang mengonsumsi makanan atau menggunakan kosmetik tertentu yang menjadi zat alergen bagi tubuh. Dampak alergi ini cukup beragam, bisa berupa bintik-bintik besar, jerawat, hingga gatal-gatal.

Apabila kondisi alergi kulit ini terjadi, segera konsumsi air rebusan biji mahoni yang mengandung saponin. Senyawa inilah yang mengandung antihistamine dan mampu mengurangi serta meredakan gejala alergi pada kulit.

Jasa Maklon yang Bisa Mengolah Biji Mahoni untuk Produk Kecantikan dan Herbal

Dengan segala manfaat yang bisa diperoleh dari biji mahoni, tentu bisa menjadi kesempatan bagi Zweena Lovers untuk memanfaatkannya sebagai bahan dasar produk kecantikan yang terkenal. Apabila mengalami kesulitan dalam pengolahan, bisa memanfaatkan jasa maklon kosmetik di zweena.co.id.

Selain prosesnya lebih mudah, jasa maklon ini juga didukung oleh tenaga yang berpengalaman dalam meracik bahan herbal dan kimia. Tidak heran kalau semua produk yang sudah dibuat selalu mendapat izin dari BPOM.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *