Manfaat Minyak Argan yang Belum Banyak Diketahui

Mungkin mayoritas masyarakat lebih mengena minyak zaitun dibandingkan dengan minyak argan. Tetapi pada kenyataannya, banyak sekali lho manfaat minyak argan bagi kesehatan dan kecantikan, karena kandungan vitamin E nya lebih banyak. Apa saja sih? Mari simak penjelasan berikut ini, ya!

Apa Itu Minyak Argan?

Sebelum membahas lebih jauh alangkah baiknya mengetahui apa sih minyak argan itu? Kenapa belakangan ini namanya sering disebut. Sebenarnya hal ini ada kaitannya dengan kecantikan para gadis di Timur Tengah.

Pernahkah bertanya apa saja sih rahasia mereka sehingga tampak bersinar walaupun berada di bawah sinar matahari yang terik? Bahkan selalu tampak lebih lembut, rambut hitam berkilau dan selalu cantik. Semua itu dikarenakan kandungan minyak argan atau argan oil.

Minyak argan berasa dari biji pohon argan yang ada di daratan Maroko yang sudah diambil ekstraknya. Biasanya disebut dengan emas cair karena memberikan manfaat bagi kulit, seperti membuatnya terasa lebih lembab. Minyak argan ini sudah dikenal lama sejak sebelum masehi.

Berdasarkan penjelasan di atas apakah sudah paham dengan apa itu minyak argan? Jika sudah, selanjutnya adalah mengetahui kandungan apa saja yang ada di dalamnya?

Kandungan Apa Saja yang Ada di Dalam Minyak Argan?

Jangan salah, ternyata minyak argan masuk ke dalam kategori minyak yang bisa dikonsumsi. Cara pembuatannya adalah dengan mengambil biji pohon argania spinosa yang sudah disangrai. Nah, ketika sudah dijadikan kosmetik, maka pembuatannya sudah tidak manual lagi. Berikut ini kandungan yang ada di dalamnya:

1.     Asam Lemak Bebas dan Gliserol

Asam lemak bebas dan gliserol  menjadi salah satu kandungan yang ada di dalam minyak argan. Berdasarkan jurnal yang ditulis oleh Zoubida Charrouf dan Dominique Guillaume, kandungan gliserol dalam minyak argan totalnya sekitar 99%.

Hal tersebut mencakup 95% triasilgliserol dan 4% monoasilgliserol, asam lemak bebas dan diasilgliserol. Semuanya termasuk minyak tak jenuh, sehingga tidak berbahaya jika digunakan untuk kesehatan.

2.     Bahan Tidak Tersabunkan

Kandungan yang kedua adalah bahan tidak tersabunkan sebesar 1%. Komponen yang menyertainya adalah karoten, tokoferol, triterpen alkohol, xantofil dan sterol. Nah, tokoferol utama yang ada di dalam minyak argan adalah gamma tokoferol dengan persentase 81-92%.

Keduanya termasuk agen antioksidan aktif dan sangat baik bagi kesehatan tubuh dan waja karena bisa menangkal radikal bebas.

Jadi, itu dia beberapa kandungan dari minyak argan yang memiliki banyak manfaat. Nah, untuk mengetahui apa saja, maka simak pembahasan selanjutnya sampai akhir, ya!

Manfaat Minyak Argan

Setelah mengetahui pengertian dan kandungan, selanjutnya adalah manfaat minyak argan bagi perawatan tubuh dan kulit yaitu:

1.     Membuat Kulit Lebih Lembab

Manfaat yang pertama adalah membuat kulit terasa lebih lembab. Minyak argan bisa dibilang merupakan pelembab minyak alami yang mudah diserap ke dalam kulit, sehingga membuatnya tidak mudah kering dan lentur.

Biasanya kandungan minyak argan lebih mudah ditemukan di sabun, lotion atau conditioner rambut. Cara pemakaiannya dengan mengoleskan secara oral atau dicerna dikonsumsi secara rutin jika berbentuk suplemen.

Kemampuan membuat kulit lebih lembab karena banyak mengandung vitamin E yang mampu meningkatkan retensi air kulit.

2.     Melindungi Kulit dari Akibat Sinar Matahari

Manfaat minyak argan yang kedua adalah melindungi kulit akibat paparan sinar matahari. Berdasarkan penjelasan National Institute of Health, minyak argan mengandung antioksidan yang membantu melindungi kulit dan menangkal radikal bebas.

Lebih jauh lagi, kandungan bahan yang ada di dalamnya juga bisa mencegah luka bakar atau hiperpigmentasi. Selain itu juga mencegah perkembangan kanker, khususnya melanoma. Sampai sini apakah bisa dipahami?

3.     Bermanfaat Sebagai Kondisioner Rambut

Ketiga, minyak argan bermanfaat sebagai kondisioner rambut. Beberapa orang yang sudah pernah mencobanya berkata bahwa kondisioner yang mengandung minyak argan bisa membuat rambut terlihat lebih bercahaya dan lembut.

Sangat cocok bagi orang yang sering bekerja di luar ruangan dan menjadikan rambut mereka sebagai salah satu ikon utama menarik atau tidaknya penampilan. Selain itu, juga bisa digunakan oleh orang yang berhijab kok, karena merawat rambut juga suatu keharusan.

4.     Sebagai Anti Aging

Selain untuk melembabkan wajah, ternyata minyak argan juga bermanfaat sebagai anti aging lho, membuat kulit lebih muda, mengurangi keriput dan lain sebagainya. Selain itu, kandungan bahan antioksidannya bisa mengembalikan elastisitas kulit seperti semula.

Coba perhatikan beberapa kulit wajah orang Timur Tengah, sangat terlihat lembab dan halus bukan? Bahkan jauh dari kata kusam ataupun kering. Setelah diadakan penelitian dan wawancara lebih mendalam, mereka menggunakan minyak argan sebagai skincare utama.

Jadi, walaupun belum terlalu terkenal seperti minyak zaitun, namun manfaat minyak argan tampaknya tidak perlu diragukan lagi.

5.     Mengobati Jerawat

Tahukah Zweena Lovers bahwa jerawat hormon merupakan akibat dari sebum yang berlebihan yang diakibatkan dari produksi hormon yang berlebih. Nah, minyak argan memiliki kandungan anti sebum yang efektif dalam mengatur jumlahnya.

Selain itu, minyak ini juga mampu mengobati jerawat dan membuat kulit terasa lebih halus. Sekarang tidak perlu mengkonsumsi obat atau bahan kimia berlebih kan untuk mengatakan selamat tinggal pada jerawat?

6.     Menyembuhkan Infeksi pada Kulit

Minyak argan merupakan salah satu skincare tradisional yang juga dipercaya mampu mengobati infeksi pada kulit. Hal ini dikarenakan kandungan antibakteri dan fungisida yang ada di dalamnya.

Jadi, apabila sedang terjadi infeksi kulit yang disebabkan karena jamur atau bakteri, maka bisa diobati dengan minyak argan ini. Cara penggunaannya cukup mengoleskan minyak ke area yang terkena infeksi sebanyak dua kali sehari.

7.     Memiliki Efek Anti Penuaan

Manfaat minyak argan selanjutnya adalah memiliki efek anti penuaan. Bahkan beberapa peneliti menemukan fakta jika minyak argan oral dan kosmetik mampu meningkatkan elastisitas kulit secara signifikan.

Jadi, jangan heran jika minyak argan dipercaya sebagai pengobatan anti penuaan yang cukup efektif. Cara penggunaannya dengan mengoleskan minyak argan langsung pada kulit selama beberapa kali hingga kulit terasa lebih kencang. Sampai sini apakah bisa dipahami?

8.     Meningkatkan Penyembuhan Luka

Tahukah Zweena Lovers, jika minyak argan mengandung antioksidan dan vitamin E yang bisa membantu proses penyembuhan luka secara lebih cepat. Konsumsi secara teratur dan rasakan manfaatnya bagi luka dan tubuh secara keseluruhan.

9.     Menenangkan Dermatitis Atopik

Penyakit dermatitis atopik adalah sebuah kondisi dimana kulit terlihat merah dan gatal. Beberapa penelitian menjelaskan bahwa mengoleskan minyak argan dapat membantu proses penyembuhan dermatitis atopik karena kandungan vitamin E dan sifat inflamasinya.

10.  Mengurangi Sifat Minyak pada Kulit

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika kulit yang berminyak sangat mengganggu dan membuat pori-pori tersumbat. Pemakaian minyak argan secara teratur mampu mengurangi sifat minyak tersebut pada kulit.

Apabila ingin merasakan manfaat minyak argan pada kosmetik, maka mulailah membangun bisnis dengan menggunakan brand sendiri. Caranya dengan menghubungi Zweena untuk jasa maklon kosmetik, modal dari pribadi tapi bahan baku dan pabrik dari Zweena. Kurang apa lagi? Segera coba sekarang dan jangan menunggu terlalu lama.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *