Cara Efektif Menghilangkan Tahi Lalat Dengan Aman

Tahi lalat merupakan bintik kecil berwarna coklat atau hitam yang terlihat di permukaan kulit. Tekstur permukaan tahi lalat cukup bervariasi, ada yang kasar, halus, bahkan ada yang ditumbuhi rambut. Beberapa orang merasa tidak nyaman karena mereka memiliki tahi lalat yang mengganggu penampilan mereka terlebih di area yang terbuka. Apakah Zweena Lovers termasuk salah satunya? Jangan khawatir karena ada cara menghilangkan tahi lalat yang efektif.

40. Cara Efektif Menghilangkan Tahi Lalat Dengan Aman 1

 

Penyebab Tahi Lalat

Pertumbuhan tahi lalat disebabkan karena ada melanosit yang menumpuk di satu tempat di permukaan kulit. Melanosit yang tidak menyebar ke permukaan kulit kemudian membuat pigmen yang menutupi permukaan kulit.

Beberapa ahli mengatakan bahwa tahi lalat bisa diturunkan secara genetik. Jika seseorang memiliki banyak tahi lalat dengan karakteristik tertentu, keturunannya mungkin mengalami hal yang sama namun ini juga belum terbukti akurat 100%.

Apakah Tahi Lalat Berbahaya?

Tahi lalat merupakan hal yang normal dan tidak berbahaya bagi kesehatan. Meski tidak berbahaya, beberapa orang menjadi insecure karena memiliki tahi lalat yang bentuknya mengganggu penampilan. Tahi lalat umumnya tidak berbahaya tetapi terkadang dapat berkembang menjadi kanker kulit. Kanker kulit melanoma terlihat berbeda dari tahi lalat normal.

Kanker kulit melanoma memiliki tepi yang kasar dan tidak rata, bentuknya tidak simetris, terdiri dari campuran dua, tiga warna atau lebih, dan diameternya lebih besar (lebih dari 6 mm). Tahi lalat jenis ini terasa gatal dan berdarah dari waktu ke waktu. Seseorang dengan kondisi medis berikut memiliki risiko lebih tinggi terkena melanoma kulit

Cara Menghilangkan Tahi Lalat Secara Medis

Menghilangkan tahi lalat secara medis biasanya digunakan untuk menghilangkan tahi lalat hidup. Disebut tahi lalat hidup karena tahi lalat timbul atau menonjol di atas permukaan kulit. Untuk caranya yaitu:

 1. Cryotherapy (pembekuan)

Metode cryotherapy digunakan oleh dokter sebagai cara untuk menghilangkan tahi lalat hidup. Nitrogen cair yang sangat dingin akan disemprotkan ke area tahi lalat dalam dosis kecil. Prosedur ini sedikit menyakitkan tetapi dokter Anda akan meresepkan anestesi lokal. Kulit bekas tahi lalat yang telah diangkat akan sedikit melepuh tetapi bisa sembuh dengan sendirinya.

 2. Laser

Laser juga direkomendasikan sebagai metode untuk menghilangkan tahi lalat hidup karena metode ini memberikan hasil yang sangat baik. Sinar laser akan digunakan untuk memancarkan gelombang cahaya yang kemudian diarahkan ke tahi lalat untuk menguapkan pigmen gelap di kulit.

 3. Bedah

Cara lainnya yang digunakan untuk menghilangkan tahi lalat hidup adalah dengan melakukan operasi atau pembedahan. Sebelum proses bedah, dokter akan memberi Anda anestesi. Operasi memakan waktu beberapa menit dan luka sembuh selama sekitar 7-10 hari, setelah itu tanda kemerahan akan muncul dalam beberapa minggu yang kemudian akan perlahan memudar dengan sendirinya.

Cara Menghilangkan Tahi Lalat di Wajah

Tahi lalat yang tumbuh di wajah dapat merusak rasa percaya diri dan juga mengganggu penampilan bagi sebagian orang. Apakah Zweena Lovers juga memiliki tahi lalat di wajah? Jangan khawatir karena Zweena Lovers bisa mencoba beberapa cara alami berikut ini

 1. Madu

Cara menghilangkan tahi lalat secara alami alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan tahi lalat di wajah adalah dengan menggunakan madu. Oleskan madu murni pada tahi lalat lalu tutup dengan plester. Lakukan prosedur ini setiap pagi dan malam selama kurang lebih 6 minggu sampai tahi lalat hilang.

 2. Lidah buaya

Lidah buaya juga bisa digunakan sebagai obat tahi lalat di wajah namun tentunya hal ini harus dilakukan secara rutin. Metodenya cukup sederhana dan harus mengambil daging lidah buaya atau produk lidah buaya terlebih dahulu yang biasanya sudah memiliki bentuk gel. Oleskan ke tahi lalat dan biarkan kering tanpa dibilas.

 3. Tea tree oil

Anda dapat menggunakan minyak tea tree ini untuk menghilangkan tahi lalat di wajah Anda. Anda bisa melakukan perawatan ini 1-2 kali sehari agar hasilnya lebih maksimal. Caranya cukup sederhana yaitu dengan mencampurkan 4-5 tetes minyak tea tree dalam wadah dengan setengah sendok makan minyak zaitun, lalu aduk rata. Oleskan campuran tersebut pada tahi lalat, diamkan selama kurang lebih 5 menit, lalu bersihkan dengan handuk basah.

Cara Menghilangkan Tahi Lalat Dengan Bahan Alami

Tahi lalat juga bisa tumbuh di bagian tubuh yang lain dan bukan hanya wajah. untuk menghilangkan tahi lalat di wajah memang membutuhkan bahan khusus agar tidak menimbulkan efek lain seperti jerawat. Sedangkan untuk bagian tubuh lain bisa mencoba beberapa bahan lainnya seperti :

 1. Kulit pisang

Menghilangkan tahi lalat di tubuh tanpa ada efek samping yaitu dapat dilakukan dengan kulit pisang. Ambil kulit pisang dan oleskan pada tahi lalat, diamkan selama 5-10 menit lalu bilas dengan air hangat. Anda bisa melakukan cara ini setiap hari.

 2. Bawang putih

Anda bisa menggunakan bawang putih yang merupakan bahan alami untuk membantu menghilangkan tahi lalat. Caranya cukup dengan menghaluskan 2-3 siung bawang putih yang sudah dikupas dan oleskan pada tahi lalat. Biarkan pasta semalaman dan bilas saat Anda bangun tidur. Anda bisa melakukan perawatan ini setiap hari sampai tahi lalat hilang.

 3. Nanas

Nanas adalah salah satu bahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan tahi lalat tanpa efek samping. Nanas memiliki kandungan yang kaya akan enzim yang dapat mencegah pembentukan tahi lalat. Caranya, uleni nanas hingga hancur, lalu rendam kapas di dalamnya. Oleskan kapas di atas tahi lalat dan diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat.

 4. Cuka apel

Cuka apel juga bisa digunakan untuk menghilangkan tahi lalat dengan cepat. Siapkan mangkuk kecil terlebih dahulu kemudian isi dengan 3-4 tetes cuka sari apel dan setengah sendok makan air mineral. Aduk keduanya hingga rata kemudian rendam kapas di dalamnya. Tempelkan kapas tersebut ke atas tahi lalat dan biarkan selama 2-3 jam, lalu bilas hingga bersih.

 5. Iodium

Anda dapat menggunakan iodium sebagai cara alami dan cepat untuk menghilangkan tahi lalat. Cukup dengan meneteskan iodium cair pada tahi lalat untuk mematikannya dari dalam.

 6. Baking soda dan minyak jarak

Soda kue yang dicampur dengan minyak jarak bisa digunakan 2-3 kali seminggu. Pertama, siapkan 1 sdt minyak jarak dan ½ sdt soda kue kemudian campurkan hingga membentuk seperti pasta. Oleskan campuran tersebut di atas tahi lalat dan diamkan selama sekitar 10 menit kemudian lap hingga bersih.

Inilah beberapa cara menghilangkan tahi lalat yang aman baik dengan bahan alami atau secara medis. Zweena Lovers bisa mencoba mana yang sesuai dengan yang diinginkan. Apabila Zweena Lovers ingin membuat kosmetik atau produk perawatan kulit bahkan hingga minuman herbal, bisa membuatnya di Zweena.co.id yang akan membantu mewujudkan impian Anda.

Leave a Comment

Scroll to Top