Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Kusam Secara Sederhana

 

Kulit kusam tentu akan membuat penampilan menjadi kurang menarik dan bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri. Cara mengatasi kulit kusam sebenarnya tidaklah sulit, namun membutuhkan kesabaran karena tidak bisa memberikan hasil yang instan.

Perawatan secara rutin akan memberikan hasil yang lebih baik dan bertahan lama. Lakukan perawatan seimbang antara menjadi pola hidup yang sehat dan penggunaan produk kecantikan agar hasilnya lebih permanen.

Apa Penyebab Kulit Kusam?

1.     Kondisi Cuaca

Pengaruh lingkungan juga bisa menjadi salah satu penyebab kulit menjadi kering. Terik matahari dan cuaca panas mampu membuat air dalam kulit menguap sehingga memicu terjadinya kulit kusam.

Hal ini bisa menyebabkan gangguan kulit lainnya seperti keriput, munculnya jerawat dan lain sebagainya.

2.     Stres

Stres merupakan gangguan psikis yang bisa menyerang siapa saja. Saat stres proses metabolisme tubuh juga bisa mengalami gangguan. Hal ini juga bisa berdampak pada kondisi kulit wajah yang berubah menjadi kusam.

Dampaknya, kulit akan lebih mudah kering atau muncul jerawat. Untuk itu, cobalah untuk merilekskan pikiran agar terhindar dari stres. Seimbangkan hidup dengan menjaga pikiran tetap sehat.

3.     Perubahan Hormon

Perubahan hormon dalam tubuh dapat mempengaruhi kondisi kulit, misalnya menjadi kering atau lebih berminyak. Contohnya saat wanita sedang hamil atau setelah melahirkan, umumnya kulit akan terlihat lebih kering karena kehilangan kelembaban dan elastisitasnya.

4.     Dehidrasi

Dehidrasi membuat area permukaan kulit menjadi lebih kering dan membuatnya terlihat kusam. Gunakan pelembab dan minum air secara rutin untuk membantu meningkatkan kelembaban kulit secara optimal.

5.     Tidak Mencuci Muka

Kebiasaan malas mencuci muka dapat menyebabkan kulit menjadi kusam. Hal tersebut bisa membuat kulit mengalami berbagai masalah seperti jerawat. Kondisi ini akan membuat kulit menjadi tidak sehat dan menurunkan penampilan.

Cara Mengatasi Kulit Kusam yang Efektif

Menurut Joshua Zeichner, MD, direktur kosmetik dan penelitian klinis pada departemen dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai mengatakan bahwa penyebab utama kulit kusam adalah karena mengalami dehidrasi.

Hilangnya hidrasi pada bagian bawah permukaan kulit membuat tingkat epidermis menjadi lebih rendah. Kondisi ini dapat menyebabkan penurunan ketebalan kulit sehingga menjadi kusam. Cara mengatasi kulit kusam yang paling efektif adalah menghilangkan kebiasaan buruk dan rajin melakukan perawatan.

Hal tersebut perlu dilakukan agar tidak muncul berbagai masalah lain seperti jerawat dan komedo. Rangkaian perawatan sederhana dapat secara efektif mengatasi kusam jika dilakukan secara rutin. Simak informasinya sebagai berikut:

1.     Rutin Membersihkan Wajah

Cara pertama yang harus dilakukan untuk mengatasi kulit kusam adalah membersihkan wajah secara teratur dua kali sehari. Tidak disarankan mencuci muka lebih dari 2x karena bisa menyebabkan kulit wajah menjadi kering.

Jika menggunakan makeup, pastikan untuk menggunakan produk remover terlebih dahulu untuk membersihkannya sebelum mencuci muka. Gunakan sabun pembersih wajah yang memiliki kandungan ringan, kemudian pijat sedikit dan bilas dengan air hangat.

2.     Eksfoliasi Kulit Secara Teratur

Eksfoliasi wajah atau pengelupasan kulit harus dilakukan secara rutin agar kulit mati bisa diganti menjadi yang baru. Kondisi ini membuat penampilan kulit menjadi lebih cerah dan terhindar dari kusam.

Selain itu, eksfoliasi juga bermanfaat untuk menyamarkan garis halus dan mencegah penyumbatan pori-pori. Lakukan eksfoliasi wajah secara rutin minimal 2-3x seminggu.

3.     Hindari Asap Rokok

Terlalu sering terpapar asap rokok mampu menyebabkan kondisi stres oksidatif pada sel kulit. Kondisi ini dapat memicu munculnya tanda penuaan dini dan membuat kulit menjadi kusam.

4.     Gunakan Masker

Menggunakan masker wajah secara rutin dapat secara optimal mengatasi wajah kusam. Saat ini terdapat banyak tipe masker yang bisa digunakan, mulai dari sheet mask, clay mask, peel off mask, dan lain sebagainya.

Bahkan saat ini ada juga masker yang sudah dilengkapi dengan kandungan serum dan pelembab. Pilihlah masker yang terbuat dari bahan alami dan cocok dengan jenis kulit. Penggunaan masker secara rutin akan membuat kulit terlihat lebih cerah dan awet muda.

5.     Istirahat Cukup

Sama seperti tubuh, kulit juga membutuhkan istirahat yang cukup agar bisa berkembang dengan baik. Tidur yang cukup mampu mencegah kulit terlihat kusam maupun penuaan dini.

Untuk itu, pastikan untuk mengatur waktu tidur dengan baik dan jangan terlalu sering begadang agar kondisi kulit bisa tetap berkualitas dan sehat.

6.     Gunakan Sunscreen

Penggunaan sunscreen sebelum keluar rumah dibutuhkan untuk melindungi kulit agar tidak terlihat kusam. Sunscreen mengandung SPF yang mampu melindungi kulit dari serangan sinar matahari. Oleskan sunscreen secara merata sebelum keluar rumah.

Jika beraktivitas dalam ruangan, penggunaan sunscreen hanya perlu dilakukan sekali. Namun jika beraktivitas di luar ruangan yang terpapar langsung dengan sinar matahari disarankan untuk mengoleskan kembali sunscreen setelah beberapa jam agar manfaatnya bisa bekerja optimal.

7.     Minum Air Secukupnya

Memenuhi asupan mineral dalam tubuh merupakan cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit kusam dan juga membuat tubuh tetap sehat.

Minum air putih secara teratur membuat kulit terhidrasi dengan baik sehingga terasa lembab. Disarankan untuk minum minimal 8 gelas sehari untuk memenuhi asupan cairan tubuh.

8.     Gunakan Pelembab

Untuk memberikan perlindungan yang optimal pada kulit wajah, disarankan untuk menggunakan toner dan pelembab setelah membersihkan wajah. Gunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit agar bisa memberikan nutrisi yang optimal.

Pilihlah pelembab yang memiliki kandungan SPF dan non comedogenic sehingga tidak menyumbat pori-pori dan mampu mengatasi masalah kulit kusam.

9.     Konsumsi Makanan Bergizi

Selain melakukan perawatan dari luar dengan menggunakan produk kecantikan, perawatan dari dalam juga perlu dilakukan.

Mengonsumsi makanan sehat seperti buah, sayur, protein dan biji-bijian juga dapat menunjang kesehatan kulit dan tubuh. Untuk mengatasi kulit kusam, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, E dan kaya antioksidan.

Penyedia Jasa Maklon Kosmetik Unggulan

Tingginya kebutuhan akan produk perawatan wajah, membuat bisnis kosmetik sangat menjanjikan dan mampu memberikan keuntungan yang besar. Tak heran jika para pemula bisnis ingin mencobanya.

Para pebisnis kosmetik yang ingin menambah jenis varian produk bisa menggunakan jasa maklon Zeewana Adi Nugraha untuk memproduksinya.

Bukan hanya memproduksi produk saja, Zweena Lovers juga akan mendapatkan bimbingan konsultasi dari tim ahli sehingga pembuatan produk bisa dilakukan dengan lebih optimal. Pengurusan izin dan lain sebagainya juga akan dibantu. Dengan begitu, segala proses bisnis dapat berjalan dengan lebih mudah.

Untuk informasi terkait syarat, biaya dan tata cara pendaftaran silahkan menghubungi pihak admin melalui website http://zweena.co.id/ Dengan senang hati pihak admin akan memberikan panduan dan penawaran spesial. Bersama jasa maklon terpercaya bisnis bisa semakin besar dan menguntungkan.

Cara mengatasi kulit kusam dapat bekerja efektif jika dilakukan secara rutin. Pahami penyebabnya agar bisa mengatasinya secara optimal. Lakukan perawatan secara rutin dengan menggunakan produk kosmetik berbahan alami untuk menghindari kulit dari iritasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *