Merawat Dan Cara Mengatasi Kulit Sensitif

 

Memiliki kulit sensitif bukanlah perkara mudah, karena jenis kulit ini lebih rentan mengalami iritasi dibanding yang lainnya. Penggunaan kosmetik yang salah bisa membuat kondisi kulit sensitif semakin parah. Untuk itu cara mengatasi kulit sensitif harus diketahui dengan baik agar tidak bermasalah.

Dengan mengetahui cara mengatasinya, pemilik kulit sensitif tidak perlu khawatir ketika harus memilih produk kecantikan. Setiap jenis kulit harus mendapatkan perawatan yang sesuai agar kondisinya bisa tetap sehat dan terjaga.

Apa Yang Menyebabkan Kulit Menjadi Sensitif?

Kulit sensitif bisa diartikan sebagai kondisi kulit yang rentan dan mudah mengalami iritasi akibat reaksi berlebihan terhadap beberapa faktor pemicunya.

Setiap orang mungkin memiliki faktor pemicu yang berbeda, namun umumnya disebabkan oleh hal yang sama. Untuk mencegah terjadinya iritasi, pemilik kulit sensitif harus rajin merawat kulit dengan hati-hati.

Hal tersebut perlu dilakukan karena kebanyakan pemilik kulit sensitif sering mengalami berbagai keluhan seperti mengalami ruam, beruntusan, kering, hingga rasa terbakar pada kulit. Simak beberapa faktor penyebabnya sebagai berikut.

  • Udara atau bahan kimia.
  • Pemilihan produk perawatan atau pembersihan kulit yang salah.
  • Terlalu sering terpapar polusi.
  • Perubahan hormon seperti saat menjelang menstruasi atau masa menopause.
  • Efek samping terhadap obat-obatan tertentu.
  • Faktor lingkungan seperti terpapar sinar matahari yang berlebihan.
  • Kondisi yang sifatnya genetik seperti memiliki keturunan memiliki kulit sensitif dari orang tua.
  • Berada dalam kondisi dengan suhu yang terlalu panas atau dingin.
  • Faktor genetik lainnya seperti usia dan jenis kelamin.
  • Mengalami kecemasan atau stres yang berlebihan.

Cara Mengatasi Kulit Sensitif Yang Benar

Menurut Dr. Ava Shamban, MD, dokter asal Los Angeles mengatakan bahwa kulit sensitif lebih rentan terhadap masalah dermatitis seperti eksim dan rosacea.

Sehingga bisa menyebabkan kulit mudah menjadi gatal, merah hingga mengelupas ketika terjadi perubahan lingkungan maupun terkena bahan kimia.

Untuk itu perawatan kulit sensitif harus dilakukan dengan cermat dan hati-hati. Simak beberapa tipsnya sebagai berikut.

1. Pilih Produk yang Tepat

Pemilihan produk kecantikan untuk kulit sensitif memang harus dilakukan dengan hati-hati. Gunakan produk yang didesain khusus untuk kulit sensitif dan mengandung bahan kimia yang lebih sedikit, tanpa aroma wangi dan lembut dikulit.

Biasanya pada produk untuk kulit sensitif terdapat label hypoallergenic. Artinya bahan yang digunakan aman dan tidak menyebabkan iritasi.

2. Rutin Menggunakan Pelembab

Kulit jenis sensitif memang lebih mudah kering dan pecah-pecah. Hal tersebut terjadi karena kelembaban pada kulit berkurang. Untuk mengatasi hal tersebut cobalah untuk menggunakan pelembab secara rutin.

Penggunaan pelembab yang mengandung minyak mineral, asam linoleat atau gliserin sangat aman bagi kulit sensitif dan bisa mengembalikan kelembaban kulit secara optimal.

3. Hindari Bahan Iritatif

Untuk mengatasi kulit sensitif, hindarilah penggunaan bahan iritatif seperti alkohol, retinoid, sulfur, benzoil peroksida dan lain sebagainya. Produk yang mengandung bahan tersebut bisa meningkatkan iritasi pada kulit sensitif.

4. Hindari Terpapar Sinar Matahari Secara Langsung

Cara mengatasi kulit sensitif yang selanjutnya adalah menghindari berhadapan langsung dengan sinar matahari terlalu lama. Ketika harus beraktivitas di luar ruangan usahakan untuk menggunakan topi, kacamata dan pakaian tertutup.

Jangan lupa untuk menggunakan sunscreen dengan SPF 30 atau lebih. Hal ini tersebut dilakukan untuk melindungi kulit sensitif. Setiap kali ingin menggunakan sebuah produk, pemilik kulit sensitif harus melakukan tes terlebih dahulu untuk mengetahui efeknya terhadap kulit.

Oleskan produk pada lengan dan biarkan beberapa saat. Jika muncul masalah seperti gatal, kemerahan atau perih, artinya produk tersebut tidak cocok untuk digunakan. Jika tidak ada efek, artinya pemilik kulit sensitif bisa menggunakannya.

5. Hindari Mandi Terlalu Lama

Mandi terlalu lama ternyata mampu membuat kulit menjadi rusak. Untuk itu, pemilik kulit sensitif sebaiknya membatasi waktu mandi sekitar 10-15 menit. Selain itu disarankan untuk menggunakan sabun mandi yang cocok untuk kulit sensitif.

Tips Merawat Kulit Sensitif

Perawatan untuk kulit sensitif bukan hanya dilakukan dari luar saja, namun asupan makanan yang bergizi juga bisa membantu kondisi kulit agar tetap prima dan sehat. Agar kulit sensitif tetap sehat, dibutuhkan upaya untuk merawatnya. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan.

1. Mengonsumsi Makanan Khusus Kulit Sensitif

Mengonsumsi makanan yang mengandung rempah anti peradangan dapat secara efektif merawat kulit yang sensitif. Hal tersebut terjadi karena rempah mampu mencegah timbulnya garis kerutan di wajah dan mampu mencegah iritasi.

Bahan rempah yang digunakan umumnya berupa kayu manis, jahe, kunyit, lada hitam dan lainnya. Bahan rempah ini juga bisa diolah untuk perawatan wajah sensitif yang aman.

2. Mengonsumsi Vitamin C

Mengonsumsi vitamin C secara rutin mampu memberikan manfaat bagi kulit dari dalam. Selain membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin C juga mampu memberikan nutrisi bagi kulit sehingga terlihat lebih cerah dan bersih.

Minum vitamin C mampu memberikan efek yang bagus untuk kulit sensitif. Selain itu zat ini juga tidak memiliki efek samping karena tidak mengandung bahan kimia.

3. Kurangi Penggunaan Kosmetik

Pemakaian kosmetik yang terlalu sering membuat kulit sensitif lebih rentan mengalami iritasi. Hal tersebut terjadi karena sebagian besar kosmetik menggunakan bahan kimia.

Apalagi ketika lupa atau malas membersihkan muka, maka bisa mengalami gatal-gatal, kemerahan bahkan iritasi. Untuk itu cobalah untuk mengurangi pemakaian kosmetik sedikit demi sedikit, biarkan kulit istirahat dan bernafas dengan lega.

4. Jaga Selalu Kebersihan Kulit

Jaga kebersihan kulit dengan teratur mencuci wajah 2x sehari. Gunakan pembersih wajah berjenis lotion untuk mengangkat kotoran yang ada pada kulit sensitif. Hindari penggunaan foam yang mengandung scrub karena bisa memperburuk kondisi kulit sensitif.

Perusahaan Maklon Berbagai Produk Kosmetik

Untuk memulai bisnis kosmetik tidak perlu langsung memiliki pabrik sendiri karena saat ini telah tersedia jasa maklon produk kecantikan yang akan membantu proses pembuatan produk.

Bekerja sama dengan perusahaan maklon Zeewana Adi Nugraha memberikan berbagai kemudahan mulai dari konsep produk hingga pengurusan izin. Hal ini membuat biaya produksi bisa lebih rendah.

Selain harga pembuatan produk yang terjangkau dan minimal order yang tidak terlalu besar, Zweena Lovers juga akan mendapatkan bimbingan konsultasi khusus dari tim ahli secara gratis.

Percayakan proses pembuatan produk bersama Zweena sehingga pikiran bisa terfokus pada penyusunan strategi pemasaran yang akan dijalankan. Produk yang dihasilkan diformulasikan secara khusus sesuai dengan keinginan pelanggan sehingga sangat berkualitas.

Proses pengurusan izin BPOM dan lainya juga akan dilakukan sesuai dengan aturannya sehingga produk bisa dijual di pasaran dan aman untuk digunakan.

Kunjungi website resmi Zeewana di http://zweena.co.id/ Untuk informasi yang lebih jelas tentang tata cara pemesanan, biaya dan lain sebagainya. Jika terdapat pertanyaan bisa langsung menghubungi admin melalui fitur chat yang tersedia.

Jika cara mengatasi kulit sensitif yang sederhana tidak ampuh, Zweena Lovers bisa memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang lebih cocok. Ahli dermatologi akan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh terhadap kondisi kulit untuk memberikan solusi terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *