Cara Menghilangkan Bekas Luka Menghitam dengan tepat secara alami

Bekas luka yang menghitam pada kulit biasanya akan membuat tampilan kita kurang percaya diri. Hal ini bisa terjadi dan sering dialami oleh banyak orang karena luka memang bisa saja terjadi. Oleh karena itu, jika kalian merasa terganggu dengan bekas luka yang menghitam maka penting untuk kalian ketahui Cara menghilangkan bekas luka menghitam. Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bekas luka yang menghitam akan tetapi memilih cara yang alami adalah pilihan yang tepat. Hal itu karena cara alami memiliki resiko yang kecil meskipun dalam prosesnya membutuhkan waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan produk-produk dengan bahan kimia.

33. Cara Menghilangkan Bekas Luka Menghitam Dengan Tepat Secara Alami

 

Bagaimana Cara menghilangkan bekas luka menghitam?

Sebelum kita membahas mengenai cara menghilangkan bekas luka yang menghitam pada kulit maka penting bagi kalian mengetahui bahwa koreng merupakan suatu reaksi alami pada tubuh untuk melindungi area kulit yang terluka dari infeksi. Selain itu, jika kalian terluka maka kulit akan terkikis dan trombosit akan membentuk bekuan darah diatas luka agar tidak banyak darah yang keluar. Lapisan darah keping yang terbentuk ini lama kelamaan bisa mengeras dan berubah menjadi koreng atau keropeng. Oleh karena itu, hal ini cukup alami dan bisa berangsur sembuh luka yang kalian dapatkan. Akan tetapi, kondisi ini akan memakan waktu hingga berhari-hari atau minggu tergantung pada tingkat keparahan luka. Untuk itu, untuk menghilangkan bekas koreng yang menghitam maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Diantaranya adalah dengan tidak mengelupas bekas koreng yang menghitam.

4 Tips mudah mencegah bekas luka menghitam di kulit

Ada beberapa tips yang bisa kalian aplikasikan agar luka yang kalian dapatkan tidak memberikan bekas yang menghitam. Berikut ini beberapa tips yang bisa kalian kerjakan.

 1. Menjaga kelembaban area luka

Langkah awal yang bisa kalian lakukan untuk mencegah bekas luka menghitam adalah dengan menjaga kelembaban pada area luka. Cara ini bisa menghilangkan bekas koreng yang menghitam dengan cepat. Selain itu, langkah ini juga bisa mempercepat proses pemulihan dan mencegah rasa gatal yang membuat kalian ingin mengelupas bekas koreng. Menurut penelitian di Amerika, mereka menyarankan penggunaan petroleum jelly yang bisa melembabkan area luka dan mencegah terbentuknya bekas luka yang lebih besar. Kalian juga bisa menggunakan pelembab alami lainnya seperti minyak kelapa yang dioleskan ke luka.

 2. Jangan mengelupas bekas koreng yang menghitam

Pada langkah ini, kalian tidak boleh mengelupas bekas koreng yang menghitam karena meskipun bekas koreng bisa menimbulkan rasa gatal maka penting untuk kalian agar tidak menggaruk atau bahkan mengelupas koreng yang menghitam tersebut. Hal ini bisa membuat bekas koreng nantinya bisa membekas. Mengelupas koreng hanya akan membuka luka yang belum sembuh dan memperlambat proses pemulihan. Akibatnya, area kulit akan kembali memerah dan berdarah yang tentu bisa membuat bekas luka semakin menghitam nantinya.

 3. Menjaga kebersihan luka

Cara menghilangkan bekas koreng yang menghitam dengan cepat bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan luka. Meskipun koreng menandakan luka mulai berangsur sembuh akan tetapi area luka yang lembab juga bisa rentan terhadap infeksi bakteri. Infeksi ini bisa menghambat proses penyembuhan dan bahkan bisa memperparah luka yang sudah ada. Jika luka dan bekas koreng terkena kotoran maka kalian bisa melakukan pembersihan dengan menggunakan air hangat dan sabun berbahan ringan. Setelah itu, kalian bisa menggunakan lap lembut untuk menepuk-nepuk kulit hingga kering dan hindari menggosokkan handuk ke area kulit yang luka karena bisa mengelupas bekas koreng.

 4. Melakukan kompres hangat dan dingin

Melakukan kompres dengan hangat dan dingin bisa menghilangkan bekas koreng yang menghitam dengan cepat. Proses kompres ini bertujuan untuk meningkatkan aliran darah menuju luka dan dengan meningkatnya aliran darah maka pasokan oksigen juga bertambah. Pasokan oksigen yang cukup itu bisa merangsang sel-sel disekitar luka untuk melakukan regenerasi kulit dengan lebih cepat. Jika luka bisa sembuh dengan cepat maka bekas koreng yang menghitam juga bisa hilang dalam waktu yang singkat. Untuk membuat kompres hangat sendiri, kalian bisa membasahi handuk dengan air hangat dan tempelkan pada luka selama beberapa menit. Adapun kompres dingin memiliki tujuan untuk meredakan peradangan dan nyeri disekitar luka.

4 Cara menghilangkan bekas luka menghitam  dengan bahan alami

Selain itu, kalian juga bisa menggunakan bahan alami sebagai Cara menghilangkan bekas luka menghitam pada kulit. Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa kalian gunakan untuk menghilangkan bekas luka di kulit.

 1. Madu

Cara pertama yang bisa kalian lakukan untuk menghilangkan bekas luka yang menghitam adalah dengan mengaplikasikan madu. Madu sendiri memang bisa dijadikan sebagai skincare alami pada kulit. Keunggulan dari madu sendiri tidak usah dipertanyakan karena madu memiliki kandungan yang bisa mempercepat proses regenerasi sel didalam kulit. Bahkan untuk mengatasi bekas luka, madu juga bisa melakukannya dengan cepat. Untuk mengaplikasikannya, kalian hanya perlu menjadikan madu segar sebagai masker dan oleskan pada bekas luka. diamkan selama 30 menit dan jika sudah selesai maka bilaslah hingga bersih.

 2. Jeruk nipis

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Bahan ini sendiri merupakan bahan alami yang dikenal memiliki kandungan Alpha Hydroxy Acids (AHA). Bahkan, kandungan pada jeruk ini juga mampu mengangkat sel kulit mati dikulit, mempercepat regenerasi kulit dan juga  mengembalikan elastisitasnya. Akan tetapi kalian jangan sampai terlalu sering menggunakan jeruk nipis ini karena hal itu bisa membuat kulit kalian lebih sensitif. Oleh karena itu, kalian bisa menggunakannya pada bekas luka 2 kali dalam satu minggu dan jika terasa perih atau timbul kemerahan maka segera hentikan pemakaian.

 3. Lidah buaya

Lidah buaya memang tidak asing lagi untuk kecantikan kulit dan obat untuk luka karena memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa membantu mengurangi iritasi kulit dan membantu mengangkat sel kulit mati yang ada pada bekas luka. tidak sampai disitu saja karena lidah buaya juga bisa mengurangi pembengkakan, membantu memperbaiki kerusakan kulit dan meregenerasi kulit dengan cepat.

 4. Minyak zaitun

Adapun cara terakhir adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak ini memang mengandung antioksidan dan asam yang tinggi sehingga efektif dalam menghilangkan bekas luka. kandungan zat linoleic acid didalam minyak zaitun juga bisa bermanfaat untuk memudarkan bekas luka hitam di kaki. Selain itu, minyak zaitun juga memiliki banyak mengandung polifenol yaitu antioksidan yang berfungsi melindungi sel-sel dari kerusakan serta minyak zaitun juga memiliki kandungan vitamin K dan vitamin E yang sangat bagus untuk kulit.

Dengan berbagai cara tersebut diatas, maka kalian bisa menghilangkan bekas luka yang menghitam dengan mudah. Selain itu, Cara menghilangkan bekas luka menghitam di atas juga sangat mudah dilakukan dimanapun anda berada.

Scroll to Top