Cara Menghilangkan Jamur Kulit yang Membandel Secara Alami

Musim pancaroba membuat kulit lebih mudah berminyak, terlalu lembab, mudah berkeringat, dan juga berpotensi tumbuh jamur kulit di tubuh atau wajah. Gejala yang umum adalah muncul bercak putih, gatal, panas, dan ruam kulit. Kondisi ini jelas sangat mengganggu ya, Zweena Lovers. Bahkan, kondisi ini juga bisa menurunkan kepercayaan diri. Sebenarnya, infeksi jamur kulit bisa dihilangkan dengan cara alami. Ada setidaknya tujuh cara menghilangkan jamur kulit menggunakan bahan-bahan alami.

Apa Saja Penyebab Jamur Kulit?

Jika Zweena Lovers suka beraktifitas di luar ruangan yang memicu keluar keringat pada pori kulit, akan lebih gampang terkena jamur kulit karena kulit yang lembab. Jika kebersihan kulit tak dijaga dengan baik, infeksi jamur bisa menyebar ke wajah & bagian tubuh lain. Bahkan, kulit bayi yang sering memakai popok juga dapat terserang infeksi jamur kulit.

Apa Saja Jenis Jamur Kulit?

1 Dermatofitosis

Sering disebut ringworm, jamur kulit yang satu ini dapat menyebabkan ruam pada kulit, yang ditandai dengan munculnya lingkaran merah yang gatal. Jenis jamur kulit ini dapat menular. Jadi, Zweena Lovers harus hati-hati ketika bersentuhan dengan orang lain.

2. Kurap Kaki

Biasanya, kurap kaki muncul di sela-sela kaki, diawali dengan gejala kulit kaki yang mengelupas, melepuh & berwarna merah. Jamur kulit ini biasanya timbul karena terlalu sering memakai sepatu atau kaos kaki sehingga kulit lembab & bau.

3. Tinea Cruris

Jenis jamur kulit ini muncul pada lipatan kulit lembab, seperti area intim dan pantat. Kulit yang terinfeksi jamur ini akan terasa gatal dan memerah. Biasanya, jamur kulit ini muncul karena terlalu sering memakai celana ketat.

4. Kandidiasis Kulit

Jenis jamur yang satu ini paling sering muncul pada area tubuh yang lembab. Misalnya adalah ketiak. Berwarna kemerahan, rasanya panas dan gatal.

Bagaimana Cara Menghilangkan Jamur Kulit Secara Alami?

Setelah mengetahui jenis-jenisnya, Zweena Lovers juga harus tahu cara mengetahui jamur kulit. Dengan beberapa bahan alami di bawah, jamur kulit bisa dihilangkan dengan cepat.

1 Kunyit

Kunyit adalah bumbu dapur yang sering dipakai sebagai obat herbal karena sifat antibakteri dan antiinflamasi-nya. Kunyit dikenal dengan kandungan kurkumin yang berfungsi sebagai antimikroba yang dapat mencegah pertumbuhan jamur, mengobati peradangan kulit, dan menghilangkan jamur. Untuk mengatasi jamur kulit, caranya sangat mudah. Zweena Lovers cukup mengikuti Langkah sederhana di bawah ini:

  • Pertama, haluskan kunyit secukupnya
  • Setelah itu, campurkan kunyit yang sudah dihaluskan tadi dengan minyak kelapa sampai berbentuk pasta
  • Terakhir, langsung aplikasikan campuran kunyit & minyak kelapa ke area kulit yang terinfeksi jamur

2. Minyak Kelapa

Tahukah Zweena Lovers kalau minyak kelapa adalah bahan alami yang dapat menghilangkan jamur kulit juga? Meski lebih dikenal dalam dunia kecantikan, kandungannya dapat menutrisi kulit yang terinfeksi jamur, mengurangi panas karena peradangan, membunuh jamur kulit, serta menghaluskan kulit. Bagaimana cara menggunakannya untuk mengatasi jamur kulit?

  • Zweena Lovers bisa langsung mengoleskan minyak kelapa ke area yang terinfeksi jamur kulit
  • Jangan lupa lakukan car aini secara rutin agar mendapatkan hasil yang terbaik dengan cepat
  • Setelah beberapa hari, lihatlah hasilnya

3. Bawang Putih

Zweena Lovers pasti mengira kalau bawang putih hanyalah sekedar bumbu dapur. Padahal, bahan alami ini juga bagus untuk menjaga Kesehatan kulit. Tak hanya menyedapkan rasa, kandungannya juga dapat menghilangkan jamur kulit dengan cepat. Bersifat antibakteri, bawang putih dapat mencegah & menghilangkan jerawat di kulit dan juga mengurangi nyeri karena peradangan. Cara menghilangkan jamur kulit dengan bawang putih bisa dilakukan sendiri di rumah, cukup dengan beberapa Langkah mudah di bawah ini:

  • Potong-potong bawang putih kecil-kecil
  • Haluskan potongan bawang putih tersebut
  • Campurkan bawang putih yang sudah dihaluskan dengan minyak zaitun
  • Aplikasikan ke area yang terinfeksi jamur kulit
  • Jangan langsung dibilas, diamkan dulu selama kurang lebih 2 jam
  • Baru kemudian bilas sampai bersih

4. Cuka Apel

Begitu juga cuka apel, kandungannya mempunyai sifat antijamur dan berguna untuk mengatasi jamur kulit, mengurangi peradangan, membunuh bakteri jerawat, serta mengatasi gatal. Terbuat dari fermentasi apel, tak heran jika cuka apel rasanya asam. Lalu, bagaimana menggunakannya untuk mengatasi jamur kulit? Zweena Lovers bisa mengikuti Langkah mudah di bawah ini:

  • Langsung saja oleskan cuka apel ke kulit yang terinfeksi jamur
  • Ulangi 3 kali sehari, misalnya pagi hari sebelum mandi, sore hari sebelum mandi, dan malam hari sebelum tidur
  • Setelah dioleskan ke bagian yang terinfeksi jamur kulit, diamkan dulu sebentar sekitar 15 menit
  • Setelah itu, bilas sampai bersih menggunakan air bersih, atau sambil mandi

5. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh juga sering disebut tea tree oil. Zweena Lovers harus tahu kalau tea tree oil berkhasiat tinggi. Salah satunya adalah untuk menghilangkan jamur karena kandungan antibakteri & antijamur di dalamnya. Tak hanya itu saja, minyak yang satu ini juga bisa membersihkan komedo, mengurangi peradangan, dan mengatasi jerawat. Artinya, tea tree oil punya banyak manfaat untuk Kesehatan dan kecantikan kulit. Cara menggunakannya untuk menghilangkan jamur yang menginfeksi kulit sangat mudah.

  • Langsung saja oleskan tea tree oil atau minyak pohon teh ke area yang muncul jamur kulit
  • Cara mengoleskannya adalah dengan menggunakan kapas secara pelan-pelan dan merata di area yang terinfeksi jamur kulit

6. Minyak Oregano

Oregano merupakan tanaman herbal yang umumnya dipakai untuk penyedap rasa. Minyak oregano juga dapat dipakai untuk menghilangkan jamur pada kulit karena kandungan antibakteri & antioksidan yang terdapat pada tanaman herbal oregano.

  • Seperti minyak lain, cara menggunakannya adalah dengan langsung mengoleskan ke area yang terkena jamur kulit
  • Setelah itu, diamkan dulu sampai benar-benar meresap ke kulit yang terinfeksi jamur

7. Lidah Buaya

Satu lagi, bahan alami yang bisa Zweena Lovers pakai untuk menghilangkan jamur kulit adalah  lidah buaya. Sejak dulu, lidah buaya sendiri sudah dikenal sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Salah satu masalah kulit yang dapat diatasi dengan lidah buaya adalah jamur kulit. Jika Zweena Lovers mengira kalau lidah buaya hanya bagus untuk rambut saja, itu salah besar. Pasalnya, jamur kulit bisa dihilangkan dengan cepat. Karena menggunakan bahan alami, tentu saja aman untuk kulit selama dilakukan dengan benar. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Pertama, ambil lidah buaya secukupnya dan potong atau belah lidah buaya tersebut
  • Setelah terbelah atau terpotong, ambil gel-nya
  • Kemudian, langsung aplikasikan gel lidah buaya ke area yang terinfeksi jamur kulit
  • Diamkan dulu sampai mengering
  • Jika sudah, bersihkan menggunakan air dingin

Itulah beberapa cara menghilangkan jamur kulit yang dapat Zweena Lovers coba dengan menggunakan bahan-bahan alami. Mudah-mudahan berhasil dan kulit pun bersih & sehat bebas jamur.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *