Cara Menghilangkan Kutil Wajah Secara Alami Tanpa Efek Samping

Salah satu masalah yang sering muncul pada kulit wajah selain jerawat adalah munculnya kutil. Kutil bisa memiliki ukuran yang kecil atau besar, yang terkadang tidak nyaman bagi wanita. Apakah Zweena Lovers juga memiliki kutil di wajah yang mengganggu? Kutil sendiri merupakan pertumbuhan kulit yang biasanya muncul di wajah, leher, lengan, dan bagian tubuh lainnya. Cara menghilangkan kutil wajah juga beragam yang bisa dicoba.

43. Cara Menghilangkan Kutil Wajah Secara Alami Tanpa Efek Samping

 

Pengertian Kutil

Kutil merupakan penyakit kulit yang ditandai dengan penebalan lapisan luar kulit di mana ukurannya bervariasi. Kutil dapat muncul di mana saja, tetapi paling umum di tangan atau jari. Kutil muncul ketika benjolan kulit tumbuh dan menyerupai kembang kol pada tubuh manusia dan tergolong tumor jinak yang disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). Virus menginfeksi kulit, menyebabkan tumor dan pertumbuhan yang cepat.

Anda bisa mendapatkan kondisi ini jika kulit Anda memiliki luka. Anda juga dapat terinfeksi jika Anda menyentuh seseorang yang terpapar virus. Virus ini dapat menimbulkan kondisi lain yang tidak hanya kutil, tetapi juga penyakit lain di berbagai bagian tubuh. Kutil biasanya tumbuh di lengan dan kaki namun sering juga tumbuh di beberapa bagian tubuh yang lain.

Kutil dapat dibagi menjadi beberapa jenis tergantung pada bagian tubuh mana mereka berada. Jenis pertama adalah kutil periungual yang berkembang di sekitar kuku. Lalu ada kutil datar, yaitu kutil di wajah, lutut dan siku yang menyerang anak-anak dan remaja putri dengan gejala yang sedikit leih timbul seperti daging di tubuh.

Selain itu, ada kutil kelamin pada alat kelamin dan daerah anus yang dapat menular saat berhubungan seksual. Berikutnya adalah kutil plantar, yang terletak di bawah kaki dan biasanya ditularkan dengan berjalan tanpa alas kaki. Terdapat juga kutil filiform kecil yang memiliki ukuran seperti kelainan pada rambut.

Kutil filiform juga termasuk kutil yang tumbuh di wajah, misalnya di sekitar mata, hidung, mulut, dan di bawah dagu atau leher. Biasanya, kutil ini berukuran kecil dan berwarna mirip dengan warna kulit. Kutil wajah memang tidak berbahaya bagi kesehatan. Namun, kutil di wajah bisa mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Itulah mengapa banyak sekali yang ingin menghilangkan kutil di wajah.

Penyebab Kutil di Wajah Secara Umum

Kutil adalah tekstur kecil dan kasar yang dapat muncul di bagian tubuh mana saja. Mereka bisa terlihat seperti lepuh keras atau kembang kol kecil. Kutil di wajah disebabkan oleh virus dalam keluarga human papillomavirus (HPV). Pertumbuhan kecil dan jinak ini muncul ketika kulit terinfeksi salah satu dari banyak virus human papillomavirus (HPV).

Virus ini menyebabkan sel-sel ekstra tumbuh yang membuat lapisan luar kulit menjadi tebal dan keras. Anak-anak dan remaja memiliki lebih banyak kutil daripada orang dewasa karena sistem kekebalan mereka belum mengembangkan perlindungan terhadap banyak jenis HPV.

Orang dengan sistem kekebalan yang lemah, seperti mereka yang mengidap HIV atau mereka yang menggunakan obat biologis untuk penyakit seperti RA, psoriasis, dan IBD, juga berisiko lebih tinggi terkena kutil karena tubuh mereka tidak mampu melawannya. Ada lebih dari 100 jenis HPV, virus penyebab kutil.

Cara Menghilangkan Kutil di Wajah

Ada berbagai cara menghilangkan kutil di wajah, mulai dari cara alami hingga pengobatan medis. Namun, tidak ada yang perlu dikhawatirkan selama Anda mencoba cara alami untuk menghindari risiko efek samping. Nah, bagi Zweena Lovers yang ingin mencoba menghilangkan kutil dengan cara alami, bisa mencoba beberapa cara di bawah ini:

 1. Lidah Buaya

Cara pertama menghilangkan kutil wajah secara alami dan cepat adalah dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya tidak lagi mengejutkan dengan khasiat kesehatannya. Untuk kutil wajah, lidah buaya dapat membantu menghilangkannya ketika dioleskan langsung ke area yang terkena.

Jika Anda tidak dapat menemukan lidah buaya segar, Anda dapat menggunakan berbagai krim lidah buaya topikal. Anda dapat menerapkannya dua kali sehari dengan menutupi kutil dengan gel lidah buaya. Penggunaan lidah buaya juga akan memberikan manfaat lainnya untuk kulit wajah terutama untuk melembabkan kulit wajah.

 2. Bawang Putih

Cara menghilangkan kutil wajah alami berikutnya adalah dengan menggunakan bawang putih. Zat allicin dalam bawang putih juga memiliki sifat antivirus yang dapat melawan virus HPV penyebab kutil di wajah. Di sini bawang putih digunakan sebagai masker untuk mendapatkan khasiat dari kutil di wajah.

Caranya yaitu dengan menghaluskan bawang putih dan menempelkannya pada bagian kutil yang ingin dihilangkan. Perlu dicatat bahwa bawang putih dapat mengiritasi kulit. Untuk melakukan ini, setelah 15 menit penggunaan, segera cuci muka dengan air jika Anda merasa sakit, gatal atau kesemutan. Jangan gunakan lebih dari 15 menit.

 3. Cuka Sari Apel

Kedua, Anda juga bisa menggunakan cuka sari apel untuk menghilangkan kutil di wajah Anda. Hal ini disebabkan adanya asam asetat dalam cuka sari apel. Asam ini memiliki sifat antivirus yang dapat membunuh virus penyebab kutil. Selain itu, asam asetat juga membantu menghilangkan jaringan kulit berlebih di wajah.

Cara mudah menggunakan cuka sari apel untuk kutil di wajah yaitu dengan mencampurkan dua sendok makan cuka sari apel dengan setengah cangkir air. Kemudian celupkan bola kapas dan oleskan ke kulit. Tutup dengan perban dan biarkan semalaman.

 4. Sari Lemon

Cara lainnya yang bisa digunakan untuk menghilangkan kutil di wajah adalah dengan menggunakan jus lemon. Asam sitrat dalam lemon mengandung vitamin C, yang dipercaya dapat membunuh virus penyebab kutil. Jus lemon juga membantu melunakkan kutil sehingga bisa dihilangkan dengan lebih mudah.

Cara penggunaannya cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan air perasan lemon pada kutil minimal tiga kali sehari hingga kutil benar-benar hilang. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk hasil yang optimal.

 5. Menggunakan Nanas

Cara alami berikutnya untuk menghilangkan kutil di wajah yang mudah adalah dengan menggunakan nanas. Jus nanas mengandung asam dan enzim pelarut yang membantu membunuh kutil di wajah. Ini mengandung enzim proteolitik yang dapat mencerna dan melarutkan kutil wajah.

Anda bisa mengurangi bahkan menghilangkan kutil di wajah dengan mengoleskan jus nanas pada kutil di wajah secara rutin. Namun, belum ada bukti klinis yang mendukung keefektifannya sebagai obat alami kutil saat menggunakan jus nanas ini.

Inilah beberapa cara menghilangkan kutil wajah yang efektif dan juga dengan bahan-bahan yang alami sehingga bisa meminimalisir efek samping. Sebaiknya penggunaan tidak berlebih agar kutil bisa hilang tanpa menyebabkan iritasi pada kulit wajah. Zweena Lovers yang ingin membuat produk kecantikan sendiri bisa meminta bantuan Zweena di Zweena.co.id sebagai maklon kosmetik dengan jasa pembuatan kosmetik, perawatan kulit, minuman herbal, dll.

Leave a Comment

Scroll to Top