Cara Merawat Kelopak Mata Kering Menurut Ahli Dermatologis

Setiap orang tentunya akan mengalami perubahan tekstur pada kulit, yang terkadang menjadi kering seiring bertambahnya usia karena kolagen yang berkurang. Tetapi jika kelopak mata kering dan terkelupas parah dan disebabkan oleh faktor-faktor tertentu, hal ini dapat dianggap sebagai jenis masalah kulit seperti dermatitis atopik atau dermatitis kontak. Dibutuhkan cara merawat kelopak mata kering yang tepat untuk menyembuhkannya.

Penyebab Kelopak Mata Kering

Kondisi ini sering menyebabkan bercak-bercak karena kering, merah, gatal, bersisik pada kulit sebagai respons terhadap pemicu seperti alergen, perubahan suhu, atau kelembaban pada udara di sekitar. Apakah Zweena Lovers memiliki area kulit sensitif yang menyebabkan area mata menjadi mudah kering bahkan iritasi?

Eksim sendiri merupakan istilah umum yang digunakan untuk kondisi yang mengarah pada beberapa jenis ruam yang berbeda yang disebabkan oleh kerusakan pada lapisan luar kulit, hilangnya kelembaban, dan peradangan menurut Joshua Zeichner, MD, direktur penelitian kosmetik dan klinis di departemen dermatologi Rumah Sakit Mount Sinai.

Kondisi ruam dapat terjadi di mana saja pada kulit seseorang. Perlu diketahui bahwa kulit pada area mata termasuk kelopak mata lebih tipis dari kulit bagian tubuh dan wajah lainnya. Inilah mengapa area kelopak mata lebih mudah teriritasi dibandingkan bagian tubuh lainnya membuat area mata sangat rentan terhadap eksim.

Amy Kassouf, M.D. yang merupakan seorang dokter kulit Klinik Cleveland mengungkapkan bahwa alergi & iritasi merupakan beberapa pemicu paling generik hingga menjadi penyebab terjadinya eksim. Hal ini seringkali mensugesti kulit halus pada kelopak mata kita sebelum mengakibatkan kasus pada bagian lain dalam kulit.

Terdapat banyak alergen atau pemicu alergi pada udara & lingkungan kita, misalnya parfum yang digunakan orang-orang, serbuk sari pada udara, debu, kotoran, dan lainnya yang dapat bereaksi dengan kulit kelopak mata yang sangat sensitif, sebagai akibatnya hal ini bisa mengakibatkan kemerahan, gatal , mengelupas, hingga bengkak.

Kassouf memaparkan bahwa ada banyak hal yang kita pegang tanpa disadari bisa berdampak terhadap kulit kelopak mata misalnya setelah memegang uang, menyentuh gagang pintu, atau barang-barang yang sering kita pegang namun ternyata menempel alergen pemicu alergi.

Menurut Dr. Zeichner, perubahan cuaca sering menyebabkan kelopak mata kering terutama karena cuaca dingin sehingga udara menjadi kering yang dapat menghancurkan minyak pada kulit, yang pada gilirannya menyebabkan kekeringan pada kelopak mata.

Iritasi potensial lain yang dapat menyebabkan peningkatan iritasi pada kelopak mata termasuk riasan mata (pigmen pada eyeshadow bisa menjadi pemicu), hairspray, bahan kimia, bahkan saat Anda menggosok mata dengan tangan yang kotor atau terlalu keras sehingga menjadi kering dan menimbulkan iritasi.

Terkadang bisa saja kelopak mata kering dan terkelupas menandakan masalah kesehatan yang lebih serius, jadi penting untuk berkonsultasi dengan dokter kulit jika kulit kering dan terkelupas berlanjut selama lebih dari beberapa minggu yang sangat mengganggu bahkan menimbulkan rasa sakit akibat iritasi. Kelopak mata kering dan bersisik bisa menjadi gejala dari banyak kondisi sistemik, termasuk penyakit tiroid dan psoriasis.

Jika pengelupasan disertai dengan bintik merah, bengkak, atau ungu/biru di sekitar area mata, Zweena Lovers sebaiknya segera menemui dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Lalu apakah ada cara merawat kelopak mata kering dan bersisik dengan benar?

Cara Merawat Kelopak Mata Kering

Jika Zweena Lovers tidak yakin apa yang menjadi penyebab kelopak mata kering, temui dokter kulit terlebih dahulu. Dr. Kassouf juga menjelaskan bahwa dokter Anda mungkin melakukan beberapa tes untuk melihat apakah Anda memiliki alergi yang tidak terdiagnosis. Namun, terdapat juga beberapa langkah yang bisa Anda lakukan sendiri, seperti cara berikut ini.

1 Kompres Es Batu

Agar area kulit mata menjadi lebih lembab dan segar, Zweena Lovers dapat menggunakan es batu sebagai kompres pada kelopak mata. Rasa es batu nantinya bisa menekan rasa gatal akibat kulit kelopak mata yang kering. Dr. Reza Fahlevi menyarankan untuk tidak mengoleskan es batu langsung ke kulit.

Beliau merekomendasikan untuk membungkus es batu dengan handuk terlebih dahulu. Es benar-benar dapat melembabkan dan menekan rasa gatal akibat kelopak mata kering. Namun, es batu juga bisa menyebabkan sensasi terbakar saat dioleskan langsung ke kelopak mata tanpa ada alas terutama jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama.

Iritasi bukan hanya terjadi karena panas, tetapi juga karena dingin, jika digunakan secara berlebihan. Maka sangat disarankan untuk membungkus dulu dengan kain atau jangan terlalu lama dikompres agar bisa mendapatkan hasil optimal.

2. Menggunakan pelembab

Dalam kasus kulit kering tentu harus dilembapkan dengan krim pelembab yang juga termasuk cara mengatasi kulit kering di sekitar kelopak mata. Anda dapat menggunakan petroleum jelly atau krim pelembab yang dirancang untuk kulit di sekitar kelopak mata yang tipis misalnya seperti eye cream yang memang dirancang khusus untuk melembabkan area sekitar mata yang tipis.

3. Sederhanakan perawatan kulit dan rutinitas pengaplikasian makeup

Sangat disarankan untuk mulai dengan mengurangi penggunaan produk-produk seperti makeup di area mata sebanyak mungkin karena hal ini dapat menjaga kelopak mata tetap bersih dan sehat tanpa terpapar bahan-bahan kimia yang dapat menjadi pemicu iritasi.

Menurut Dr Kassouf, cukup gunakan sedikit pelembab saja. Ketika mata Anda membaik lagi, Anda baru boleh memulai kembali dengan mencoba produk satu-persatu setiap harinya untuk melihat reaksi yang diberikan oleh produk tersebut. Jika menyebabkan iritasi, segera hentikan penggunaan produk tersebut. Ini berlaku untuk penggunaan produk skincare wajah dan produk eye cream.

Penting juga untuk menyederhanakan prosedur riasan mata. Pertimbangkan apakah Anda perlu menggunakan semua produk seperti alas bedak, eyeshadow, eyeliner, dan maskara yang mengandung pengawet bahkan wewangian karena dapat memicu reaksi saat Anda mulai menggunakan produk tersebut. Sebagian produk yang digunakan mungkin saja mengandung bahan yang dapat menyebabkan iritasi atau alergi.

Menghapus riasan juga dapat mengiritasi area kelopak mata apabila Anda menggosoknya secara berlebihan atau menggunakan penghapus riasan yang ternyata mengandung bahan penyebab iritasi potensial lainnya.

Mungkin cara terbaik untuk menghindarinya adalah dengan memilih riasan yang hanya bisa dibersihkan dengan air atau pembersih ringan. Jangan menyeka kelopak mata dengan handuk atau kapas yang kasar setelah membersihkan mata karena dapat mengiritasi lapisan luar kulit yang halus.

4. Menggunakan krim mata dengan bahan sederhana

Beberapa eye cream mengandung bahan aktif yang kuat seperti retinol. Bahan-bahan tersebut berguna untuk menghaluskan garis-garis halus dan kerutan, tetapi juga dapat memperparah area sensitif mata pada sebagian orang. Maka dari itu sebaiknya pilih bahan-bahan yang sederhana saja.

Nah, inilah beberapa cara merawat kelopak mata kering menurut para ahli dermatologis. Cara ini juga mungkin bisa menjadi saran bagi Zweena Lovers yang ingin membuat produk kosmetik atau krim pelembab area mata untuk memperhatikan kandungan produk agar cocok dengan mereka yang memiliki area mata sensitif. Zweena akan setia membantu Anda sebagai maklon kosmetik untuk menghadirkan produk dengan merek sendiri.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *