Cara Merawat Rambut Kering Dan Mengambang dengan Tepat

Rambut merupakan mahkota setiap perempuan karena dengan rambut yang bagus mereka akan tampil layaknya putri. Oleh karena itu, tidak sedikit dari mereka yang merawat rambut yang akhirnya penting untuk menjaga penampilan. Meskipun begitu, tidak sedikit pula yang bergelut dengan masalah rambut kering, kusam hingga mengembang yang tentu membuat tampilan merasa kurang maksimal. Oleh karena itu, mengetahui cara merawat rambut kering dan mengambang sangat penting untuk diperhatikan sehingga tampilan Zweena Lovers bisa meningkat. Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini sehingga kalian tidak perlu khawatir jika masalah ini tiba-tiba datang ke rambut kalian.

33. Cara Merawat Rambut Kering Dan Mengambang Dengan Tepat

 

Apa penyebab merawat rambut kering dan mengambang?

Sebelum kita berbicara jauh cara melakukan perawatan pada rambut kering dan juga mengembang maka penting juga untuk kalian mengetahui penyebab dari rambut kering dan juga mengembang. Perlu Zweena Lovers ketahui bahwa rambut kering bisa terjadi ketika kulit kepala tidak bisa memproduksi minyak yang cukup untuk melembabkan rambut atau rambut kehilangan kelembabannya disebabkan kutikula atau lapisan pelindung rambut. Selain itu, ada pula beberapa hal yang menyebabkan rambut menjadi kering dan juga mengembang. Berikut ini ada beberapa penyebab mengapa seseorang memiliki rambut yang kering yang wajib kalian ketahui nih Zweena Lovers.

  • Banyak dari kita terlalu sering melakukan pencucian rambut atau menggunakan shampo berbahan
  • Melakukan kebiasaan mengeringkan rambut dengan blow
  • Sering melakukan styling dengan menggunakan pelurus rambut ataupun pengering rambut yang berlebihan
  • Selalu membiarkan rambut terpapar sinar matahari, angin, dan udara yang kering tanpa perlindungan yang cukup
  • Sering melakukan perawatan rambut yang menggunakan bahan kimia, seperti pewarnaan rambut, pengeritingan rambut, atau melakukan pelurusan rambut secara permanen.

Hal-hal tersebut tentu bisa membuat rambut rusak dan bisa membuat rambut kalian kering dan juga mengambang. Oleh karena itu, agar tidak terjadi kerusakan tersebut maka sebaiknya bagi kalian untuk menjaga rambut dengan baik. Karena mencegah lebih baik dari pada mengobati. Akan tetapi, jika kalian sudah terlanjur mengalami rambut kering, maka tidak perlu khawatir karena ada beberapa langkah berikut yang bisa kalian lakukan untuk membuat rambut kering dan mengambang cepat teratasi.

5 Cara Merawat Rambut Kering dan Mengambang dengan mudah

Setidaknya ada 5 cara yang bisa kalian lakukan untuk merawat rambut kalian yang kering dan juga mengambang. Cara-cara ini juga sangat mudah dilakukan sehingga kalian tidak perlu bingung untuk melakukannya di rumah. Berikut ini 5 cara yang bisa dilakukan.

 1. Lakukanlah penyisiran rambut dengan tangan yang basah

Langkah awal untuk merawat rambut yang kering dan juga mengambang adalah dengan menyisir rambut dengan tangan yang basah. Cara ini penting agar kalian lebih mudah saat menyisir dengan alat. Memaksakan menyisir rambut bisa mengganggu kutikula rambut sehingga akan beresiko membuat rambut rusak. Oleh karena itu, menyisir rambut dalam kondisi kering bisa merusak kutikula yang bisa menyebabkan rambut mudah mengembang. Cara ini bisa dilakukan setiap hari setelah keramas sehingga rambut akan lebih mudah untuk diatur.

 2. Pakailah kondisioner

Cara merawat rambut kering dan mengambang selanjutnya adalah dengan menggunakan kondisioner. Mengoleskan kondisioner saat mencuci rambut bisa mengatasi rambut yang mengambang. Kalian juga bisa mengoleskan kondisioner dari bagian tengah keujung rambut menggunakan jari-jari tangan. Kalian bisa memilih kondisioner yang mengandung protein karena pada protein diyakini bisa mengontrol rambut yang mengembang serta bisa membuat rambut tampak lebih bersinar. Penggunaan conditioner juga bisa memberikan efek rambut lebih lemas dan mudah diatur. Dengan memakai kondisioner ini maka rambut akan terasa lebih enteng dan tidak akan kering lagi.

 3. Batasi penggunaan hair dryer atau catokan

Agar rambut tidak kering dan mengambang, kalian juga perlu membatasi penggunaan hairdryier ataupun catokan. Cara ini sangat penting karena rambut yang terkena panas seperti catokan, pengeriting rambut, ataupun hairdryer bisa kering. Jika kalian ingin mengeringkan rambut maka ada baiknya jika kalian bisa menggunakan kipas atau hair dryer bersuhu rendah. Jika terpaksa menggunakan maka alangkah baiknya jika kalian mengoleskan produk rambut yang berfungsi untuk melindungi rambut dari suhu panas alat perawatan rambut.

 4. Hindari membilas rambut dengan air panas

Cara lainnya yang bisa kalian lakukan adalah dengan menghindari membilas rambut dengan air panas. Jika kalian terbiasa mandi dan keramas dengan air panas maka sebaiknya mulai sekarang berhenti untuk melakukannya. Hal itu bisa menyebabkan hilangnya kelembaban alami rambut. Bahkan, pada kondisi tertentu air panas bisa menghambat pertumbuhan rambut dan juga mengakibatkan rambut rapuh serta mudah kering. Sebagai alternatifnya, maka keramas atau membilas rambut dengan air suhu ruangan atau air dingin selama satu atau dua menit bisa memberikan efek relaksasi. Efek relaksasi dari air dingin ini bisa mempercepat pertumbuhan rambut lebih cepat dan juga mempercepat revitalisasi setiap helai dan mencegah rambut kering serta rusak.

 5. Gunakan shampo yang tepat

Ketika kalian keramas, maka gunakanlah shampo yang sesuai dengan jenis rambut kalian. Hal ini penting karena shampo yang dibuat khusus untuk mengatasi rambut kering dan mengambang bisa mengatasi masalah yang kalian alami. Untuk mempertahankan kelembaban dan kadar air di kulit kepala, maka kalian juga bisa memilih shampo yang mengandung dimethicone. Kalian perlu mengetahui bahwa salah satu pemicu terjadinya rambut kering adalah kulit kepala yang kering dan kondisi ini juga ada kaitannya dengan munculnya ketombe. Untuk menghindari atau mengatasinya maka memilih shampo yang mengandung cocamidopropyl betaine, natrium benzoat dan methylchloroisothiazolinone sangat penting untuk diperhatikan. Selain itu, kalian juga perlu memilih shampo yang mengandung zinc pyrithione dan mentol untuk kesegaran rambut.

Cara merawat rambut kering dan mengambang dengan cara alami

selain cara diatas, kalian juga bisa menggunakan cara alami untuk mengatasi rambut yang kering dan mengambang. Berikut ini ada beberapa cara alami untuk merawat rambut yang kering dan mengambang.

 1. Oleskan cuka apel

Cara pertama bisa menggunakan cuka apel. Rambut yang sehat biasanya bersifat lebih asam sehingga jika kondisi rambut menjadi terlalu basa, kutikula rambut akan terbuka dan rambut akan terlihat mengembang. Oleh karena itu, pemberian cuka apel dipercaya bisa membuat rambut lebih bersinar karena bisa menyingkirkan residu pada rambut. Untuk melakukannya, kalian hanya perlu menuangkan cuka apel kedalam segelas air dan bilas ke rambut serta diamkan selama 1 hingga 3 menit. Kemudian bilas dengan air sejuk dan keringkan.

 2. Gunakan minyak kelapa

Selain cuka apel, kalian juga bisa menggunakan minyak kelapa. Manfaat minyak kelapa untuk rambut berasal dari kandungan minyak larutan yang tinggi di dalamnya. Minyak kelapa juga bisa dengan mudah diserap rambut dan menjaga kadar protein didalam rambut. Untuk mengatasirambut mengambang maka kalian bisa meneteskan air kelapa ditelapak tangan dan kemudian oleskan ke rambut dan kulit kepala. Diamkan selama kurang lebih 15 menit dan cuci rambut dengan shampo untuk menghilangkan minyak kelapa.

Itulah beberapa cara merawat rambut kering dan mengambang yang bisa kalian lakukan. Zweena Lovers bisa mengatasi dengan cara alami ataupun dengan produk kecantikan sesuai dengan selera kalian.

Scroll to Top