Kenali 5 Ciri-ciri Kosmetik yang Mengandung Merkuri

Meski telah dikampanyekan berkali-kali bahwa cantik itu bukan ditentukan oleh kulit yang putih, namun pada kenyataannya masih banyak sekali Wanita yang mengejar ingin punya kulit yang putih secara instan. Yang menjadi masalah adalah kurangnya pengetahuan & informasi mengenai produk-produk kosmetik yang kerap kali menjerumuskan konsumen dan membahayakan nyawa. Pasalnya, ada banyak produk kosmetik yang mengandung merkuri yang beredar di pasaran. Jadi, penting bagi kita semua untuk mengetahui ciri-ciri kosmetik yang mengandung merkuri agar tidak salah pilih.

Akhir-akhir ini, banyak berita beredar mengenai efek samping yang dialami Wanita seperti kanker, penyakit ginjal, kerusakan saraf, dan kerusakan kulit. Ini semua karena kandungan merkuri yang kerap ditemukan pada produk-produk kosmetik. Merkuri sendiri memang sangat berbahaya sebab termasuk logam berat. Meski jumlahnya kecil, tetap saja itu racun. Jika masuk ke tubuh, tentu akan sangat berbahaya.jika dioleskan & diserap oleh kulit, merkuri akan masuk ke peredaran darah.

Jika hal ini terjadi, efek samping yang bisa langsung terjadi yaitu perubahan warna kulit memerah, iritasi, bintik hitam, dan atau kerusakan susunan kulit, saraf, otak ginjal, serta gangguan perkembangan janin untuk ibu hamil. Efek jangka panjangnya, merkuri bisa merusak ginjal, bahkan menyebabkan kanker.

Apa Saja Ciri-ciri Kosmetik yang Mengandung Merkuri?

Beruntung banyak orang masih peduli dengan hadirnya krim-krim pemutih yang membahayakan ini. Namun demikian, Zweena Lovers harus tahu ciri-ciri krim yang mengandung merkuri. Ini dia beberapa ciri-cirinya:

  1. Pada umumnya, krim yang mengandung merkuri terasa lengket
  2. Sebagian krim berbahaya mencampurkan merkuri dengan bedak dingin atau bedak jerawat supaya tampak lebih encer
  3. Krim dengan kandungan merkuri biasanya tidak homogen, yakni tidak menyatu dan kasar. Jika didiamkan, bagian padat akan terpisah dengan minyak.
  4. Bau logam merkuri yang terkandung dalam produk kosmetik bisa tercium dengan jelas. Tapi, ada juga yang menyamarkannya atau menghilangkan baunya dengan menggunakan parfum yang menyengat.
  5. Umumnya, warna krim berbahaya mengandung merkuri warnanya mencolok sebab tak menggunakan pewarna khusus kosmetik, biasanya memakai bahan pewarna tekstil cap kupu-kupu warna kuning & warna krim putihnya pearly, yakni mengkilat seperti Mutiara
  6. Jika diusapkan ke kulit akan terasa gatal dan panas
  7. Pada pemakaian awal, krim ini menyebabkan iritasi kulit & kemerahan jika terkena sinar matahari
  8. Pemakaian kosmetik yang mengandung merkuri juga bisa membuat kulit berubah menjadi lebih putih dalam waktu yang singkat, bahkan kurang dari 2 minggu. Hal ini tergantung pada kadar kandungan merkuri. Jika kadar kandungan merkurinya semakin tinggi, efek memutihkan kulit juga semakin cepat. Tapi Zweena Lovers jangan sampai tergiur dengan hasil instan ini.
  9. Sama sekali tak menimbulkan jerawat karena lapisan kulit epidermis sudah rusak. Jadi, kulit tidak lagi mengandung protein dan melanin yang berguna melindungi radiasi matahari. dengan begitu, jasad renik atau kuman tak akan menyukai kulit yang sudah tercemar merkuri, bahkan nyamuk sekalipun.

Perlu diketahui, dalam keadaan normal, jerawat berfungsi sebagai indikator tingkat kandungan protein dalam kulit. Selain itu, hal ini juga untuk mengontrol perawatan kulit wajah. Jika Zweena Lovers lupa membersihkan wajah, jerawat biasanya akan muncul. Hal ini tak terjadi lagi pada merkuri karena struktur protein kulit sudah berubah dan bahkan rusak.

  1. Pori-pori tampak halus dan mengecil juga termasuk salah satu dari ciri-ciri kosmetik yang mengandung melanin. Sebenarnya, ini disebabkan lapisan kulit wajah yang terluar sudah tipis dan tergerus oleh merkuri. Jadi, pori kulit sepintas tampak mengecil dan halus. Untuk mengujinya, Zweena Lovers dapat merasakan dengan mencobanya sendiri. Di bawah terik matahari, kulit akan terbakar dan gatal yang disertai kemerahan karena kulit wajah sudah tak mendapatkan perlindungan dari melanin. Melanin sendiri fungsinya untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari. Pada produk kosmetik yang bagus, pemakaian di siang hari selalu menggunakan perlindungan atau proteksi SPF. Jadi, Zweena Lovers tak akan merasakan iritasi seperti terbakar yang disertai rasa gatal meski berada di bawah terik sinar matahari.
  2. Jika kulit sudah terlanjur tercemar merkuri & pemakaian dihentikan, makan akan muncul jerawat kecil yang disertai dengan rasa gatal. Lalu, akan muncul juga bintik hitam di bawah kulit Sebagian atau merata pada wajah.
  3. Warna putih kulit wajah akan berubah berangsur-angsur menjadi abu-abu, kemudian menjadi kehitaman.
  4. Untuk efek jangka yang lebih Panjang, produk kosmetik dengan kandungan merkuri bisa menyebabkan kerusakan jaringan tubuh, kanker kulit, dan bahkan kematian.
  5. Satu lagi, kosmetik yang mengandung merkuri bisa menghambat pertumbuhan janin, membuatnya cacat, bahkan mengakibatkan kematian.

Apa Saja Gejala Keracunan Akibat Krim yang Mengandung Merkuri?

Zweena Lovers harus tahu bahwa krim merkuri juga bisa diidentifikasi dari gejala keracunan metabolisme tubuh. Gejala-gejalanya adalah sebagai berikut:

  • Di orientasi ruang
  • Pusing
  • Tremor atau gemetar
  • Mual-mual
  • Gangguan penglihatan
  • Susah tidur
  • Depresi
  • Gangguan emosi
  • Lupa atau pikun

Apakah Produk Kosmetik Boleh Mengandung Merkuri?

Penggunaan merkuri untuk produk kecantikan sudah terbukti berbahaya. Hal ini juga sudah dilarang di hampir semua negara. Perlu diketahui, bahan kimia Bernama merkuri ini bisa diserap kulit dengan mudah & masuk ke dalam aliran darah. Selain itu, merkuri juga memiliki sifat korosif. Karena itulah menggunakan kosmetik merkuri dapat membuat lapisan kulit semakin menipis.

Krim Apa Saja yang Mengandung Merkuri?

Ada banyak krim yang mengandung merkuri yang dijual di pasaran. Zweena Lovers harus tahu agar tidak salah pilih kosmetik. Beberapa contoh diantaranya adalah seperti Pemutih Dokter, Walet Krim (Night Cream Small), Walet Krim (Day Cream Small), LIEN HUA Day Cream (Bunga Teratai), LIEN HUA Night Cream (Bunga Teratai), LIE CHE Whitening Soap, LIE CHE Day Cream, DR. Whitening treatment night cream, dll.

Apa yang Dimaksud Mengandung Merkuri?

Merkuri adalah senyawa logam yang sering dijumpai di alam & dalam batu-batuan, biji tambang, serta air sebagai senyawa organic & anorganik. Merkuri sangat popular dalam berbagai produk krim pemutih wajah karena bisa menghambat pembentukan melanin atau zat warna kulit. Itulah kenapa kulit tampak lebih cerah hanya dalam waktu yang singkat.

Berapa Lama Efek Merkuri?

Kita sudah membahas tentang bahaya dan ciri-ciri kosmetik yang mengandung merkuri. Tapi, mungkin banyak Zweena Lovers yang sudah terlanjur menggunakan krim merkuri. Perlu diketahui, merkuri dapat bertahan hingga berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan di tubuh. Setelah itu, merkuri akan dikeluarkan secara perlahan-lahan lewat urin atau feses. Mengingat pentingnya informasi ini, Zweena Lovers bisa membagikannya ke teman-teman, keluarga, dan orang lain yang dikenal. Untuk memutihkan wajah, pastikan untuk menggunakan krim yang aman atau menggunakan bahan-bahan alami saja.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *