9 Ciri-ciri Krim Pemutih Wajah Berbahaya yang Harus Diwaspadai

Setiap Wanita pasti ingin selalu tampil secantik mungkin, termasuk Zweena Lovers. Memiliki kulit putih bersih adalah impian setiap Wanita. Banyak Wanita yang ingin tampil putih berseri dan memutuskan untuk memakai krim pemutih wajah. Sayangnya, banyak krim pemutih yang justru membahayakan Kesehatan kulit. Celakanya, produk-produk tersebut masih beredar di pasaran. Untuk itu, Zweena Lovers harus berhati-hati dan tahu ciri-ciri krim pemutih wajah berbahaya agar tidak salah beli.

Salah satu zat berbahaya yang kerap terdapat pada produk krim pemutih adalah merkuri. Beberapa efek berbahaya yang dapat ditimbulkan akibat kandungan ini antara lain seperti kerusakan otak, kanker kulit, gagal ginjal, kerusakan sistem saraf, kerusakan lapisan kulit secara permanen, dll. Jadi, setiap Wanita wajib tahu cara membedakan produk krim pemutih yang aman dan yang berbahaya.

Apa Saja Ciri-ciri Krim Pemutih Wajah Berbahaya?

Ada beberapa ciri yang bisa Zweena Lovers kenali dari produk-produk krim berbahaya yang biasanya mengandung merkuri:

  1. Tidak memiliki izin dari Lembaga Kesehatan atau BPOM

Setiap produk bisa dikatakan aman kalau sudah terdaftar atau mendapat izin dari BPOM atau Lembaga Kesehatan. Begitu juga sebaliknya, produk-produk yang berbahaya pasti tidak terdaftar atau mendapat izin dari BPOM Indonesia. Zweena Lovers bisa mengeceknya dengan mudah.

  • Cukup lihat nomor registrasi atau nomor apapun yang terdapat pada kemasan produk krim pemutih wajah
  • Masuk ke situs resmi BPOM untuk mengecek kebenaran apakah nomor tersebut benar-benar terdaftar di BPOM atau tidak
  1. Warna krim sedikit terlihat mengkilap

Membedakan mana krim pemutih wajah yang aman dan berbahaya juga bisa dilakukan dengan mengecek warnanya lho. Yang perlu Zweena Lovers lakukan adalah memasukkan krim pemutih wajah ke dalam wadah jar. Jika warnanya mencolok, artinya produk krim pemutih wajah itu abal-abal. Karena abal-abal, tentu saja tidak aman digunakan. Kenapa bisa begitu? Karena biasanya krim pemutih abal-abal menggunakan pewarna yang berbahaya. Jika Zweena Lovers melihat krim pemutih yang warnanya mengkilap seperti Mutiara, produk krim pemutih itu patut dicurigai.

  1. Lengket dan tidak tercampur rata

Selain itu, produk krim pemutih wajah yang abal-abal juga biasanya akan terasa lengket sebab bahan-bahan yang digunakan dicampur dengan bedak. Tak hanya itu saja, krim pemutih yang abal-abal juga akan terasa lebih kasar Ketika dipakai atau diaplikasikan ke wajah. Yang perlu diketahui, krim pemutih yang berbahaya juga kadang terlihat terpisah. Misalnya, dalam satu kemasan, ada bagian yang pedas dan berminyak. Jika ciri ini terlihat, bisa dipastikan produk krim pemutih wajah ini abal-abal dan berbahaya.

  1. Bau menyengat

Zweena Lovers juga bisa mengenali aman atau tidaknya suatu produk krim pemutih wajah melalui aromanya. Bagaimana caranya?

  • Buka tutup krim pemutih wajah dan cium aromanya
  • Apabila tercium aroma logam, sebaiknya langsung buang karena itu produk yang berbahaya

Perlu diketahui, banyak produsen yang menyamarkan aroma ini dengan cara memberinya campuran parfum dengan aroma tajam supaya baunya tidak menyengat. Jadi, Zweena Lovers harus benar-benar berhati-hati, ya.

  1. Panas & perih Ketika dipakai

Kita sama-sama tahu kalau kosmetik kerap kali menimbulkan reaksi sesudah dipakai. Meski tidak selalu, tapi hal ini sering terjadi, khususnya pada kulit-kulit yang sensitive. Perlu Zweena Lovers ketahui, banyak kosmetik yang mengandung zat yang berbahaya. Jika demikian, kulit yang terkena kosmetik tersebut akan terasa panas, gatal, memerah, bahkan perih. Jika di komplainkan ke penjual, biasanya penjual akan berkilah dan mengatakan bahwa itu adalah hal biasa dan merupakan dari reaksi kulit terhadap kosmetik. Akan tetapi, ini bisa menjadi bukti nyata bahwa kosmetik itu mengandung bahan keras yang tentu saja tidak baik untuk kulit. Itulah kenapa sangat penting untuk mengetahui ciri-ciri krim pemutih wajah berbahaya.

  1. Kulit memerah Ketika terkena sinar matahari

Perlu diketahui, kulit punya perlindungan alami. Itulah kenapa kulit tidak akan memerah meski kita berdiri di bawah terik matahari yang panas. Akan tetapi, jika kulit tiba-tiba memerah saat terkena terik sinar matahari, bisa disimpulkan bahwa kemungkinan ada lapisan kulit yang rusak. Kerusakan lapisan kulit ini bisa terjadi karena berbagai faktor. Salah satunya adalah faktor kandungan yang terdapat dalam produk kosmetik. Jika ini terjadi pada Zweena Lovers, jangan teruskan memakai krim pemutih wajah karena bisa jadi kondisi ini disebabkan oleh produk krim tersebut.

  1. Kulit putih pucat & tidak alami

Memiliki kulit putih memang keinginan setiap Wanita. Tapi, bukan kulit putih pucat yang diinginkan, melainkan kulit putih cerah/putih normal seperti kulit yang jarang kena sinar matahari. Sayangnya, tak semua krim pemutih aman digunakan. Jika krim pemutih mengandung zat berbahaya, hasil yang diberikan biasanya adalah kulit yang sangat putih, pucat, atau keabu-abuan. Bukannya menarik, justru penampilan akan menakutkan.

  1. Hasil yang sangat cepat

Zweena Lovers pasti ingin mendapatkan hasil yang cepat saat menggunakan krim pemutih wajah. Tapi, segala sesuatu membutuhkan proses, termasuk memutihkan wajah. Memutihkan wajah butuh waktu yang tidak sebentar, bisa berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun. Ada beberapa produk krim pemutih wajah yang hasilnya cepat, hanya dalam hitungan minggu bahkan hari. Jangan senang dulu, justru Zweena Lovers wajib waspada jika ini terjadi. Bisa jadi, ini merupakan efek berbahaya dari kandungan hidrokuinon atau merkuri dalam produk krim tersebut. Kadang, hasilnya juga tampak halus, pori-pori mengecil, dan bebas jerawat. Memang bagus awalnya, tapi lapisan kulit akan rusak & masalah Kesehatan akan muncul kemudian.

  1. Ketergantungan

Kadang, ada beberapa produk krim pemutih wajah yang hasilnya memang benar-benar kelihatan, tapi tidak permanen. Artinya, jika pemakaian krim pemutih dihentikan, wajah akan Kembali tampak kusam dan gelap. Akhirnya, timbul ketergantungan karena mau tak mau harus menggunakan krim pemutih itu terus agar kulit wajah tampak putih. Bisa disimpulkan, produk krim pemutih yang seperti ini mengandung zat yang berbahaya. Jika digunakan terus menerus, semakin lama racun akan semakin menumpuk di dalam tubuh. Efek jangka panjangnya, kulit akan semakin mengalami kerusakan. Tentu saja Zweena Lovers tidak ingin ini terjadi kan? Jadi, berhati-hatilah saat memilih krim pemutih untuk wajah agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti di atas.

Itulah ciri-ciri krim pemutih wajah berbahaya yang bisa Zweena Lovers pelajari. Dari sini, pelajaran yang bis akita ambil adalah untuk tidak mudah tergiur dengan produk krim pemutih wajah yang memberikan hasil instan & menakjubkan, terlebih lagi ditambah dengan embel-embel krim racikan dokter atau semacamnya, namun bebas dijual di pasaran. Untuk itu, rajin-rajinlah mencari informasi mengenai kosmetik yang aman & berbahaya agar dapat membedakannya. Mudah-mudahan Zweena Lovers tidak salah pilih dalam menggunakan kosmetik, termasuk krim pemutih wajah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *