Ciri Krim Perawatan Kulit yang Mengandung Merkuri Untuk Diketahui

Bagi wanita, mengetahui ciri krim perawatan kulit yang mengandung merkuri adalah salah satu hal yang bisa dikatakan sangat penting. Pasalnya, kandungan merkuri yang ada pada krim perawatan kulit akan memberikan dampak yang cukup negatif pada kulit. Tidak jarang jika krim tersebut akan membuat kulit menjadi lebih rusak daripada sebelumnya.

37. Ciri Krim Perawatan Kulit Yang Mengandung Merkuri Untuk Diketahui

Tentu, Zweena Lovers pasti sudah mengetahui bahwa saat ini ada banyak sekali produk krim perawatan kulit yang tersedia di pasaran, bukan?

Nah, adanya banyak produk tersebut memang akan memberikan keleluasaan untuk memilih mana krim perawatan kulit yang tepat. Hanya saja, seiring dengan dampak buruk dari merkuri, kehati-hatian dalam memilih adalah hal yang mutlak dilakukan.

Apa Itu Merkuri?

Merkuri merupakan sejenis logam yang cukup banyak ditemukan di alam. Logam ini tersebar baik di dalam bebatuan, biji tambang, tanah dan lainnya sebagai senyawa organik dan anorganik. Dalam penyebutan yang lain, merkuri dinamakan air raksa.

Dalam kaitannya dengan produk kecantikan, merkuri cukup sering ditambahkan sebagai bahan kimia tambahan, terutama untuk produk krim pemutih. Hal ini dikarenakan adanya kemampuan merkuri untuk menghambat pembentukan melanin pada kulit.

Pembentukan melanin yang terhambat tersebut nantinya akan membuat kulit terlihat lebih cerah dalam waktu yang cukup singkat. Seolah, merkuri memiliki peran yang signifikan. Hanya saja, di balik hal tersebut, ada risiko kerusakan kulit yang cukup serius dan menjadi ancaman.

Apa Dampak Negatif Penggunaan Krim Perawatan Dengan Kandungan Merkuri?

Sebagaimana disinggung di awal, ada dampak buruk yang mengancam dari adanya kandungan merkuri pada krim perawatan yang digunakan. Dalam hal ini, Zweena Lovers perlu mengetahui beberapa dampak negatif tersebut.

Adapun beberapa dampak negatif yang bisa timbul pada penggunaan krim perawatan kulit yang mengandung merkuri adalah sebagai berikut:

  • Adanya potensi kerusakan pada saraf yang menjadi sebab munculnya berbagai gangguan kesehatan yang lebih serius, seperti Alzheimer, Parkinson, insomnia, gangguan penglihatan, disorientasi dan juga depresi
  • Pada ibu hamil, merkuri yang ada dalam produk krim perawatan bisa menyebabkan perlambatan pertumbuhan janin hingga meningkatkan risiko anak terlahir dengan gangguan autisme
  • Berdampak buruk pada ginjal serta menyebabkan organ lainnya menjadi rusak
  • Menyebabkan peningkatan risiko keguguran dan kematian janin yang lebih tinggi
  • Menyebabkan munculnya bintik hitam serta perubahan warna kulit menjadi lebih gelap meskipun pemakaian krim perawatan sudah dihentikan
  • Terjadi kerusakan pada kulit di bagian bawah dan bisa meningkatkan potensi terjadinya kanker kulit

Dengan beberapa dampak buruk yang cukup mengancam, Zweena Lovers tentu harus berhati-hati saat hendak memilih krim perawatan kulit. Dampak buruk dari merkuri akan semakin parah jika penggunaan krim dengan kandungan merkuri dilakukan dalam waktu yang lama.

Bagaimana Ciri Krim Perawatan yang Mengandung Merkuri?

Agar terbebas dari kesalahan memilih krim perawatan kulit yang memiliki kandungan merkuri, Zweena Lovers perlu mengetahui beberapa ciri krim perawatan kulit yang mengandung merkuri tersebut. Tentu, pemahaman terkait ciri tersebut nantinya akan memudahkan pemilihan krim yang tepat.

Beberapa ciri umum krim perawatan kulit yang memiliki kandungan merkuri di dalamnya adalah sebagai berikut:

  • Adanya aroma krim perawatan kulit yang cenderung berbau cukup keras seperti bau pada logam meskipun sudah ditambahkan parfum pada krim tersebut
  • Jika dilihat dengan saksama, warna krim cenderung lebih mengkilap. Hal ini didasarkan pada sifat dari merkuri yang bisa membuat sesuatu terlihat lebih bersinar
  • Pemakaian krim dalam waktu singkat sekitar 1-4 minggu akan memberikan efek perbedaan yang sangat signifikan. Dalam beberapa kasus, kulit akan terlihat menjadi jauh lebih putih daripada kondisi awal. Hanya saja, warna kulit pada putih cenderung pucat
  • Timbul rasa gatal ketika menggunakan krim perawatan kulit tersebut dan rasa gatal akan semakin menjalar serta menyebabkan dampak yang lebih parah terlebih untuk seseorang dengan kulit yang relatif sensitif
  • Muncul bintik merah pada bagian kulit yang terkena krim perawatan kulit yang mengandung merkuri tersebut dan umumnya bintik merah muncul secara langsung
  • Ada dampak buruk berupa gangguan di saluran kemih yang menyebabkan penderita menjadi lebih susah untuk buang air kecil

Beberapa poin di atas merupakan ciri dari krim perawatan kulit yang memiliki kandungan merkuri di dalamnya. Jika Zweena Lovers menggunakan krim perawatan kulit dan muncul dampak tersebut, maka sebaiknya segera hentikan penggunaan krim tadi.

Memilih Produk Krim yang Aman, Bagaimana Caranya?

Untuk menghindari dampak buruk dari merkuri pada produk krim perawatan kulit tentu saja Zweena Lovers harus mengetahui tips memilih krim perawatan yang tepat. Ada beberapa tips mendasar yang bisa dijadikan patokan saat hendak memilih krim perawatan tanpa merkuri yang aman dan tidak terdapat dampak buruk di dalamnya.

Adapun beberapa tips tersebut adalah sebagai berikut:

  • Lihat nomor BPOM pada kemasan produk

Krim perawatan kulit dengan kandungan merkuri umumnya tidak memiliki nomor BPOM pada kemasan. Artinya, produk krim tersebut sebetulnya belum melewati pemeriksaan dari pemerintah terkait keamanan dalam penggunaan.

Nah, saat hendak membeli krim perawatan kulit, cek dulu nomor BPOM pada kemasan tersebut. Pastikan jika produk yang dipilih sudah disertai dengan nomor BPOM yang menjadi jaminan dari keamanan produk tersebut.

  • Periksa label kemasan

Masih tentang label, selain melihat nomor BPOM, cek juga di bagian komposisi dari krim tersebut. Zweena Lovers perlu menyadari bahwa merkuri tidak serta-merta dituliskan dengan tulisan merkuri, tetapi dengan bahasa yang lain.

Jika pada label kemasan krim tersebut terdapat tulisan yang asing, seperti mercurous chloride, calomel, mercuric, atau mercurio, maka hindari produk tersebut. Tulisan tersebut adalah nama lain dari merkuri yang berbahaya.

  • Cek tekstur krim

Apabila Zweena Lovers sudah terlanjur membeli krim perawatan kulit dan belum diketahui apakah ada kandungan merkuri atau tidak pada krim tersebut, cek tekstur krim yang dibeli. Umumnya, produk krim perawatan dengan kandungan merkuri memiliki warna krem atau abu. Meskipun, warna tersebut tidak bisa dijadikan patokan satu-satunya.

Selain itu, dari segi tekstur, krim perawatan kulit dengan kandungan merkuri cenderung lebih padat dan juga kasar. Oleh karenanya, jika Zweena Lovers merasa ragu dengan kondisi krim tersebut, cobalah cari tahu tentang detail krim sebelum menggunakannya.

  • Pilih brand yang terkenal

Untuk menghindari risiko membeli krim perawatan kulit dengan kandungan merkuri, ada baiknya jika Zweena Lovers membeli produk dari brand terkenal. Brand akan berpengaruh pada kualitas dari krim tersebut.

Dalam hal ini, dengan memilih produk dari brand terkenal, maka risiko salah beli akan cenderung lebih ringan. Selain itu, pastikan jika Zweena Lovers tidak tergiur dengan harga krim perawatan kulit yang terlalu murah.

Nah, beberapa hal di atas bisa menjadi pertimbangan saat hendak membeli krim untuk perawatan kulit yang cenderung tepat. Ketahui ciri krim perawatan kulit yang mengandung merkuri dan hindari menggunakan produk tersebut demi keamanan dan kesehatan kulit yang lebih terjaga.

Scroll to Top