Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah dan Cara Membuatnya Menjadi Masker

Manfaat lidah buaya untuk wajah sebenarnya adalah sesuatu yang umum diketahui. Sejumlah studi telah membuktikan bahwa tanaman yang biasa disebut dengan aloe vera ini mampu mengatasi sejumlah masalah kulit seperti iritasi, ruam, bekas luka dan jerawat.

 

Berdasarkan data kesehatan yang dipublikasikan oleh Baylor College of Medicine, diketahui bahwa di dalam lidah buaya terdapat kandungan vitamin A, vitamin C, enzim, antioksidan dan juga antiinflamasi yang membuatnya mampu mengatasi jerawat dan sekaligus melembabkan kulit yang kering.

Penelitian yang sama juga mengungkapkan bahwa enzim yang ada dalam aloe vera juga bisa membantu pengelupasan kulit sehingga kulit bisa jadi lebih halus. Lalu apakah manfaat lidah buaya untuk wajah yang lainnya? Jawabannya dapat Zweena Lovers ketahui melalui informasi berikut ini.

4 Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah

1. Melembabkan Kulit Wajah

Seperti yang sudah disampaikan, kebaikan lidah buaya untuk kulit wajah salah satunya ialah membantu melembabkannya. Bagian dari lidah buaya yang umum digunakan untuk tujuan ini adalah gelnya yang bertekstur lembut dan sebagian besarnya terdiri atas air.

Tekstur yang lembut dan kandungan air tersebut akan berperan dalam menghidrasi kulit tanpa menimbulkan rasa lengket setelah diaplikasikan. Tidak hanya itu, bagian gel lidah buaya ini juga akan mengunci kelembaban dan sekaligus menjaga sel kulit di permukaan kulit.

2. Menghambat Penuaan Dini

Manfaat lidah buaya untuk wajah yang satu ini semestinya diperhatikan oleh orang-orang yang ingin mempertahankan penampilannya agar tetap awet muda. Ya, lidah buaya memang mampu menghambat terjadinya penuaan dini.

Hal ini dikarenakan di dalam gel lidah buaya terdapat kandungan kolagen, yaitu kandungan yang membantu proses regenerasi sel kulit dan sekaligus mengencangkan kulit. Di dalam gel lidah buaya juga terdapat kandungan seng yang akan berperan sebagai zat yang akan pori-pori.

Jangan lupa, di dalam lidah buaya juga ada kandungan antioksidannya loh seperti vitamin E dan vitamin C. Kandungan antioksidan ini akan membantu mencegah radikal bebas yang dapat memicu munculnya kerutan pada kulit.

3. Menghilangkan Jerawat

Salah satu manfaat lidah buaya untuk wajah yang diperhatikan oleh banyak orang ialah menghilangkan jerawat. Lidah buaya memiliki kemampuan satu ini karena di dalamnya terdapat polisakarida dan hormon giberelin.

Kedua kandungan tersebut berperan sebagai antibakteri yang akan membabat habis bakteri penyebab jerawat. Sementara kandungan vitamin, antioksidan dan juga berbagai mineral lainnya akan membantu mengatasi rasa nyeri yang muncul akibat jerawat.

Sudah menjadi hal yang lumrah jika kemunculan jerawat disertai rasa nyeri. Sedangkan di dalam lidah buaya terdapat kandungan anti-inflammatory yang akan meredakan bisul atau jerawat yang sudah matang.

4. Menenangkan Kulit yang Lelah dan Terbakar

Kulit wajah bisa saja terbakar entah karena terkena benda panas atau karena sengatan sinar matahari. Kabar baiknya, lidah buaya dapat membantu menenangkan kulit yang terbakar tersebut. Hal ini dikarenakan di dalam lidah buaya terkandung carboxypeptidase yang berperan sebagai pain reliever.

Dengan kandungan tersebut, lidah buaya dapat menenangkan kulit bekas terbakar. Selain itu, kandungan satu ini juga membantu mengurangi rona kemerahan pada kulit yang biasa terjadi akibat inflamasi.

Ada juga kandungan polysaccharides di mana kandungan ini akan memperbaiki lapisan kulit dan sekaligus merangsang pertumbuhan sel kulit yang baru.

Cara Membuat Masker Lidah Buaya

Setelah mengetahui berbagai manfaat lidah buaya di atas, muncul pertanyaan bagaimana cara memakai lidah buaya untuk wajah? Mengenai pertanyaan tersebut, jawabannya sangat sederhana yakni menjadikannya sebagai masker.

Lalu pertanyaan selanjutnya ialah apakah boleh memakai lidah buaya setiap hari untuk wajah? Mengenai hal ini, seperti yang dilansir dari Alodokter, sebenarnya penggunaan masker alami aman dilakukan setiap hari.

Akan tetapi bisa juga Anda melakukannya dua hari sekali atau tiga hari sekali. Sedangkan informasi cara membuat masker lidah buaya ialah sebagai berikut.

1. Masker Lidah Buaya Murni

Masker lidah buaya murni merupakan masker yang paling sederhana. Penggunaannya sendiri sama dengan ketika Anda ingin menyuburkan rambut dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  • Ambil lidah buaya secukupnya dan cuci sampai bersih
  • Kupas lidah buaya tersebut dan ambil gel atau dagingnya saja. Atau jika ingin yang lebih sederhana, cukup belah lidah buaya tersebut sehingga memungkinkan gelnya menyentuh kulit
  • Oleskan gel lidah buaya tadi ke bagian wajah yang diinginkan atau bisa juga ke seluruh area wajah. Oleskan gel tersebut secara merata
  • Diamkan masker selama beberapa menit dengan tujuan supaya gel lidah buaya meresap ke dalam kulit
  • Setelahnya cuci lidah buaya sampai bersih dan ulangi langkah-langkah di atas setiap kali Anda ingin memakai masker lidah buaya

Pertanyaan lainnya muncul, berapa menit maskeran lidah buaya? Mengenai hal ini, sebenarnya 15 menit saja sudah cukup. Setelah 15 menit tersebut usai, segera bersihkan dan bilas kulit wajah dengan air bersih.

2. Masker Lidah Buaya Campur Lemon

Penggunaan lidah buaya murni sebagai masker memang bagus, namun Zweena Lovers bisa juga loh mencampurnya dengan lemon. Dengan adanya campuran bahan ini, maka kulit akan menjadi lebih cerah dan bakteri penyebab jerawat bisa dicegah agar tidak masuk ke dalam kulit.

  • Siapkan lidah buaya yang sudah dicuci bersih, kupas dan ambil gelnya saja
  • Sediakan air perasan lemon satu buah atau secukupnya dan campurkan dengan gel lidah buaya
  • Aduk kedua bahan supaya tercampur merata dan jika sudah selesai masukkan dulu ke dalam kulkas paling tidak selama satu jam
  • Oleskan masker pada kulit wajah sesaat sebelum tidur di malam hari
  • Diamkan selama beberapa menit baru setelahnya bilas hingga bersih

3. Masker Lidah Buaya Campur Madu dan Kunyit

Selain dengan lemon, lidah buaya juga bisa dicampur dengan madu dan kunyit saat dijadikan masker. Campuran ketiga bahan ini manfaatnya adalah untuk mencegah infeksi kuman, melembabkan kulit dan sekaligus merangsang penyembuhan luka bekas jerawat.

  • Siapkan gel lidah buaya dan tambahkan sedikit kunyit serta madu ke dalamnya
  • Aduk-aduk agar semua bahan tercampur dengan baik lalu oleskan pada semua bagian kulit wajah
  • Diamkan selama kurang lebih 15 menit baru setelahnya bilas wajah hingga bersih

Meskipun penggunaan lidah buaya cenderung aman untuk kulit wajah, namun hati-hati karena ada juga efek sampingnya. Memangnya apa efek samping lidah buaya untuk wajah? Soal efek samping, lidah buaya memiliki risiko menimbulkan iritasi bagi para pemilik kulit sensitif.

Untuk menghindari efek samping tersebut, sebaiknya lakukan tes kulit alergi dulu sebelum menggunakannya. Caranya ialah oleskan gel lidah buaya pada belakang daun telinga atau punggung tangan. Jika setelahnya muncul rasa gatal, sebaiknya lidah buaya jangan digunakan.

Jasa Maklon Produk Kecantikan Berbahan Dasar Lidah Buaya

Besarnya manfaat lidah buaya untuk wajah menjadi peluang tersendiri yang sebaiknya segera dimanfaatkan, salah satunya ialah dengan menciptakan produk kecantikan berbahan dasar lidah buaya.

Kalau Zweena Lovers tertarik menggunakan jasa maklon untuk menciptakan produk seperti itu, bisa menggunakan jasa kami. Kami memproduksi aneka jenis sabun, lotion, scrub, cream, body butter dan juga masker.

Anda dapat mengunjungi website kami di zweena.co.id. Tentukan produk apa yang ingin Anda buat dan mengenai biaya serta syarat kerjasama akan disampaikan customer service kami.

Yuk ciptakan produk Anda sekarang dengan jasa maklon kami agar banyak orang bisa merasakan manfaat lidah buaya untuk wajah mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *