Manfaat Minyak Ikan Untuk Kecantikan Kulit Wajah

Minyak ikan dikenal karena manfaat kesehatannya bagi tubuh. Minyak ikan biasa digunakan sebagai salah satu bahan utama dalam suplemen karena dapat menyembuhkan segala penyakit jika dikonsumsi dengan sungguh-sungguh. Bahkan manfaat minyak ikan untuk kecantikan juga menjadi pertimbangan dalam mengkonsumsi minyak ikan.

41. Manfaat Minyak Ikan Untuk Kecantikan Kulit Wajah

Mungkin Zweena Lovers bertanya-tanya apa saja yang terkandung di dalam kapsul minyak ikan. Minyak ikan umumnya terbuat dari tuna, salmon dan kod yang kaya akan protein, asam lemak omega-3 yang disebut asam docosahexaenoic (DHA) dan asam eicosapentaenoic (EPA). Itulah sebabnya minyak ini secara efektif mendukung sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, setiap kapsul minyak ikan mengandung asam lemak esensial yang penting untuk kesehatan tetapi tidak diproduksi secara alami oleh tubuh. Selain untuk kesehatan tubuh, sebutir kapsul minyak ikan yang dikonsumsi rutin juga ternyata dapat memberikan manfaat untuk kecantikan kulit.

Manfaat Minyak Ikan Untuk Kecantikan

 1. Melembapkan kulit

Suplemen minyak ikan mengandung asam lemak omega-3, asam docosahexaenoic (DHA), dan asam eicosapentaenoic (EPA) yang dapat melindungi kulit Anda dari faktor-faktor penyebab kulit kering. Dengan mengkonsumsi 1 kapsul minyak ikan, Anda dapat menjaga kelembaban, kekenyalan kulit, sekaligus melindunginya dari kerutan garis halus karena kulit kering. Sebagai alternatif, Anda juga bisa menggunakannya sebagai pelembab di pagi dan sore hari sebelum tidur namun tentu dengan dosis yang tidak berlebihan.

 2. Melindungi kulit dari gatal dan kemerahan

Asam lemak omega-3 dalam minyak ikan dapat digunakan untuk memperkuat daya tahan kulit dan mempertahankan kelembaban seperti yang ada pada poin 1. Kulit yang lembab akan dapat membantu mencegah iritasi.

Omega-3 membantu melembabkan kulit dan memerangi kemerahan, kekeringan, atau gatal-gatal pada kulit yang disebabkan oleh kondisi kulit seperti dermatitis atopik dan psoriasis. Asupan omega-3 yang tinggi juga dikaitkan dengan risiko dermatitis atopik yang lebih rendah pada bayi dan keparahan gejala psoriasis pada orang dewasa.

 3. Menghilangkan jerawat

Kita tahu bahwa jerawat di wajah umumnya muncul karena kelebihan sebum pada wajah. Asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam minyak ini juga dapat membantu mengontrol kelebihan hormon dan mengontrol produksi sebum untuk meminimalkan pertumbuhan jerawat pada kulit.

Selain itu, antioksidan juga berperan dalam mengusir bakteri dan mencegahnya tumbuh di kulit. Anda dapat menggunakan minyak sebagai masker di malam hari dengan mengoleskannya sedikit saja agar lebih mudah meresap dan kemudian tunggu hingga kering kemudian dibilas hingga bersih.

 4. Melindungi kulit dari sinar UV

Mengonsumsi minyak ikan secara teratur mampu melindungi kulit Anda dari efek buruk sinar matahari. Omega-3 dapat memberi perlindungan dari sinar ultraviolet A (UVA) dan ultraviolet B (UVB). Ada beberapa bukti bahwa omega-3 juga dapat mengurangi keparahan gejala yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Ini termasuk ruam kulit atau lepuh berisi cairan setelah terpapar sinar ultraviolet. Paparan sinar matahari juga merupakan faktor penyebab kanker kulit. Mengkonsumsi minyak ikan omega-3 juga membantu mencegah risiko kanker kulit.

 5. Menurunkan risiko kanker kulit

Studi tentang diet Mediterania yang kaya asam lemak omega-3 telah menunjukkan kemanjuran dalam mengurangi pertumbuhan tumor pada hewan. University of Manchester melakukan penelitian lain tentang masalah ini pada tahun 2013. Penelitian menunjukkan bahwa omega-3 adalah nutrisi potensial untuk mengurangi resiko terkena kanker kulit.

 6. Mengurangi efek penuaan dini

Asam lemak yang terkandung dalam minyak ikan memiliki manfaat minyak ikan untuk kecantikan dalam membantu mengurangi efek penuaan dini yang disebabkan oleh efek UV dari sinar matahari. Penuaan dini ini dapat meliputi kerutan, flek hitam, dan sebagainya. Nah, kulit yang terlalu sering terpapar sinar UV juga bisa meningkatkan resiko kanker kulit. Kandungan omega-3 yang dikonsumsi rutin bisa melindungi kulit dari sinar UV.

 7. Mempercepat penyembuhan luka

Mengkonsumsi minyak ikan juga dapat mempercepat penyembuhan luka. Sifat anti-inflamasi asam lemak omega-3 berperan untuk mencapai tujuan ini. Asam lemak omega-3 dalam minyak ikan dapat mencegah infeksi luka dan membantu penyembuhan. Minyak ikan juga dapat membantu mencegah terbentuknya jaringan parut yang menjadi penyebab munculnya bekas luka. Ini akan membantu menghilangkan bekas jerawat.

 8. Mencegah kerontokan rambut

Sekarang ini kerontokan rambut bukan hanya dialami oleh orang dewasa saja yang biasanya terjadi karena faktor usia tetapi juga oleh anak muda yang sering mengalami kerontokan rambut karena kurangnya perawatan rambut. Kerontokan rambut dapat disebabkan oleh berbagai penyebab, antara lain infeksi, pola makan yang tidak sehat, stres, dan kekurangan vitamin D.

Kandungan vitamin D ini dapat ditemukan pada minyak ikan yang merangsang sel-sel yang bekerja untuk membuat batang rambut baru di kulit kepala. Selain vitamin D, kandungan omega-3 minyak ikan mendukung pertumbuhan kembali rambut dengan sangat baik dengan menambahkan minyak pelembab alami ke folikel rambut dan menutrisi rambut, membuat rambut lebih kuat dan berkilau.

Makanan Mengandung Omega-3 Tinggi

 1. Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan salah satu makanan yang mengandung asam lemak omega-3. Selain asam lemak omega-3, salmon memiliki manfaat kesehatan lainnya, termasuk vitamin B, vitamin D, dan selenium.

Salmon juga rasanya enak dan dagingnya lembut. Ada berbagai cara untuk memasak salmon. Namun, jika ingin mempertahankan kandungan omega-3, sebaiknya jangan digoreng untuk mempertahankan kandungannya. 100 gram salmon mengandung sekitar 1,6 gram omega-3.

 2. Ikan Sarden

Sarden juga merupakan salah satu jenis ikan yang kaya akan asam lemak omega-3. Makanan kaya omega-3 ini juga mengandung nutrisi lain seperti vitamin B3 dan selenium. Untuk setiap 2 ons sarden, Anda akan mendapatkan 556 mg omega-3.

 3. Kaviar

Jika dua produk sebelumnya adalah ikan, maka kali ini adalah telur ikan. Telur ikan yang paling umum adalah kaviar sturgeon. Meski harganya cukup tinggi, nutrisi termasuk omega-3 yang ada pada telur ikan ini sangat besar dengan kandungan omega-3 sebanyak 1.087 mg dalam 14,3 gram kaviar.

 4. Rumput Laut

Bagi para vegetarian, rumput laut bisa menjadi sumber asam lemak omega-3. Rumput laut memiliki kandungan protein yang tinggi dan juga mudah ditemukan di mana-mana.

 5. Biji Rami

Biji rami atau flaxseed adalah biji-bijian yang juga termasuk makanan yang mengandung asam omega-3. Selain asam lemak omega-3, flaxseed juga mengandung magnesium yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

 6. Biji Chia

Biji chia atau chia seed juga kaya akan lemak omega-3 dan kandungan antioksidan. Untuk mengkonsumsi biji chia, bisa ditambahkan ke atas smoothies atau salad.

Nah, inilah beberapa manfaat minyak ikan untuk kecantikan dengan berbagai kandungan bernutrisi di dalamnya. Anda bisa mengkonsumsi minyak ikan dari suplemen atau konsumsi makanan yang mengandung omega-3. Untuk Zweena Lovers yang tertarik dengan produk kosmetik atau kecantikan dan produk perawatan kulit, Anda bisa mencoba membuat produk tersebut dengan merek Anda sendiri yang akan dibantu oleh Zweena dalam penyediaan bahan hingga hasil akhirnya.

Leave a Comment

Scroll to Top