Manfaat Vitamin B Kompleks yang Wajib Anda Perhatikan

Ada banyak sekali vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh kita Zweena Lovers, akan tetapi ada salah satu vitamin yang perlu kalian ketahui yaitu vitamin B kompleks yang memiliki manfaat bagi tubuh. Manfaat Vitamin B Kompleks memang sangat baik untuk tubuh kita karena vitamin ini umumnya bisa diperoleh melalui konsumsi daging, susu, serta telur. Vitamin ini juga bisa diperoleh dengan mengonsumsi suplemen vitamin neurotropik. Vitamin ini sendiri khususnya berlaku untuk orang-orang yang memiliki kemungkinan lebih besar dalam mengalami kerasukan saraf seperti penderita diabetes, manula, perokok, pecandu alkohol dan orang-orang yang kekurangan nutrisi. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui manfaat yang kita dapatkan berikut ini beberapa hal yang bisa kita dapatkan.

Beragam Manfaat Vitamin B Kompleks  Pada Tubuh

Perlu Zweena Lovers ketahui bahwa vitamin yang larut didalam air terdiri dari 8 jenis diantaranya yaitu B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niadin), B5 (pantothenica acid), B6 (pyridoxine), B7 (biotin), B9 (folic acid), dan B12 (cobalamin). Vitamin B kompleks sendiri banyak terkandung didalam makanan sehari-hari seperti pada telur kacang-kacangan, buah dan sayuran, daging, gandum, serta produk susu. Masing-masing vitamin B ini memiliki perannya sendiri-sendiri dan didalam tubuh sehingga penting bagi kita mengetahui peran dan manfaat dari vitamin B kompleks tersebut. Selain itu, vitamin ini juga memiliki peran dalam berbagai fungsi tubuh termasuk didalamnya produksi energi, hormon, dan kolesterol. Selain itu, pemeliharaan fungsi organ otak, mata, pencernaan, saraf, jantung, metabolisme sel, dan juga pembentukan sel darah merah.

Manfaat Vitamin B Kompleks pada Pria dan Wanita

Pada wanita, vitamin B kompleks juga memiliki peran sangat penting khususnya bagi ibu hamil dan menyusui karena memiliki kemampuan dalam membantu perkembangan otak janin serta mengurangi resiko cacat lahir. Manfaat lain dari vitamin ini adalah mampu menambah energi dan mengurangi rasa mual pada ibu hamil dan juga menurunkan risiko preeklampsia. Adapun pada pria, vitamin B berguna untuk meningkatkan kadar testosteron serta membantu membangun otot. Untuk memastikan kebutuhan vitamin B terpenuhi anda bisa mengkonsumsi beberapa produk vitamin ataupun suplemen yang bisa mendukung kebutuhan tubuh. Ada banyak sekali suplemen yang terkandung didalamnya vitamin B complex yang berfungsi untuk mendukung respon stres yang sehat dalam tubuh dan juga cocok digunakan bagi anda yang sibuk. Untuk mengetahui berbagai manfaat bagi tubuh, berikut ini kami jelaskan satu persatu untuk Zweena Lovers terkait vitamin B kompleks.

Manfaat Vitamin B1 (Thiamine)

Vitamin ini memiliki manfaat yang sangat bagus untuk tubuh Zweena Lovers karena vitamin sangat dibutuhkan untuk meningkatkan energi pada tubuh serta metabolisme karbohidrat. Vitamin ini juga mendorong sel tubuh agar memproduksi energi. Selain itu, thiamine juga mampu memelihara kesehatan jantung sehingga saat mengkonsumsi vitamin ini, Zweena Lovers akan mendapatkan manfaat tubuh segar kembali.

Manfaat Vitamin B2 (Riboflavin)

Sedangkan manfaat pada Riboflavin juga tidak kalah pentingnya dengan vitamin B1. Vitamin ini dipercaya dengan kemampuannya dalam melindungi tubuh dari sejumlah penyakit berbahaya seperti kanker atau katarak. Selain itu, Riboflavin juga memiliki peran untuk membantu metabolisme makanan sampai menjadi energi dan juga memelihara kesehatan kulit, mata, serta sistem saraf. Kebutuhan asupan vitamin B2 ini sangat dianjurkan untuk para dewasa yaitu dengan ukuran 1,3 miligram (mg) vitamin B2 setiap hari. Sementara untuk wanita dewasa yaitu sebanyak 1,1 mg per hari. Adapun untuk wanita hamil ataupun menyusui, kebutuhannya otomatis akan bertambah karena ada calon bayi didalam kandungannya sehingga besarnya menjadi 1,4 mg dan 1,6 mg setiap harinya.

Vitamin B3 (Niacin) dan B5 (Asam Panthothenate)

Manfaat Vitamin B Kompleks lainnya adalah pada vitamin B3 (niacin) yang merupakan vitamin B dengan esensial yang mampu menurunkan kadar kolesterol, mengurangi depresi dan juga mengatasi masalah sendi. Dengan rutin mengkonsumsi vitamin ini maka anda akan terhindar dari berbagai masalah kolesterol di tubuh. Sedangkan pada vitamin B5 (asam Panthotenate) memiliki manfaat lain yang berbeda dengan B3. Jenis vitamin ini dikatakan bisa mengatasi kelelahan, meningkatkan fungsi sistem saraf dan juga metabolisme serta mengurangi gejala alergi. Dengan mengkonsumsi secara rutin maka tubuh akan tetap fit meskipun aktivitas anda cukup tinggi.

Vitamin B6 (Pyridoxine)

Adapun pada vitamin B 6 (Pyridoxine) yaitu selain mampu mengubah protein dan karbohidrat menjadi energi tubuh, vitamin ini juga memiliki tugas untuk membantu produksi sel darah merah. Selain itu, vitamin B6 juga mampu meringankan gejala darah tinggi. karena memiliki manfaat yang cukup penting bagi tubuh maka jika kekurangan vitamin B6 ini bisa mempengaruhi respons imun karena produksi antibodi tubuh akan terganggu. Sedangkan manfaat lainnya yang bisa kita dapatkan dari Pyridoxine adalah mampu membantu mengontrol kadar homosistein dalam darah. Perlu Zweena Lovers ketahui bahwa pada tubuh kita membutuhkan B6 dalam proses penyerapan vitamin B12 dan produksi sel darah merah (hemoglobin) serta sel-sel imun.

Vitamin B7 (Biotin)

Vitamin B7 ini pada umumnya hanya dibutuhkan dalam jumlah yang kecil untuk membantu tubuh dalam memecahkan lemak dan merubahnya menjadi energi. Bakteri didalam saluran pencernaan manusia secara alami bisa memproduksi biotin sehingga vitamin ini juga memiliki peran dalam pertumbuhan rambut serta kuku. Perlu Zweena Lovers ketahui bahwa vitamin B7 ini pada umumnya ditemukan pada makanan sehari-hari dengan kandungan yang cenderung kecil.

Vitamin B9 ( Asam Folat)

Perlu Zweena Lovers ketahui bahwa vitamin B9 memiliki peran yang penting untuk membentuk hemoglobin, perkembangan janin, dan menurunkan resiko anemia. Selain memiliki kontribusi untuk sistem kekebalan tubuh asam folat juga memiliki peran untuk menurunkan risiko kerusakan tabung saraf, misalnya spina bifida pada janin. Jika tubuh Zweena Lovers kekurangan vitamin ini maka bisa berdampak mudah depresi, insomnia, mudah lelah, sehingga akan timbul kecemasan.

Vitamin B12 (Cobalamin)

Vitamin B12 ini memiliki fungsi keterlibatan dalam pembentukan sel darah merah dan juga menjaga fungsi serta kesehatan sistem saraf. Pada Cobalamin juga memiliki fungsi untuk membantu metabolisme sel tubuh manusia khususnya mempengaruhi sintesis DNA, asam lemak, dan metabolisme asam amino. Jika kekurangan Cobalamin maka bisa menyebabkan lemahnya respon imun tubuh ketika terjadi serangan infeksi virus atau bakteri kedalam tubuh. selain itu, vitamin B12 juga mampu mengurangi risiko terjadinya anemia megaloblastik yang bisa membuat seseorang mudah lebih dan juga merasa lemas. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengkonsumsi vitamin ini agar tubuh tetap sehat dan kuat.

Itulah beberapa Manfaat Vitamin B Kompleks yang bisa Zweena Lovers dapatkan. Perlu sobat Zweena Lovers ketahui untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian maka kalian juga bisa mengecek kondisi tubuh. Setiap anggota B kompleks juga memiliki struktur dan mampu menjalankan fungsi sendiri di dalam tubuh manusia. Vitamin B1, B2, B3, dan biotin biasanya diambil dalam produksi energi. Sedangkan vitamin B6 penting untuk metabolisme asam amino dan juga vitamin B12. Sedangkan asam folat membantu dalam pembelahan sel. Masing-masing vitamin ini memiliki banyak fungsi tambahan akan tetapi fungsi tersebut tidak mengharuskan vitamin B kompleks secara bersamaan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *