Meluruskan Rambut Keriting Alami, Bagaimanakah Caranya?

Zweena Lovers tentu tahu bahwa banyak wanita yang ingin memiliki rambut yang lurus. Ya, rambut lurus yang sehat memang menjadi dambaan dari kaum wanita dan seolah menjadi standar kecantikan wanita. Oleh karenanya, cukup banyak wanita yang mencari tahu cara meluruskan rambut, termasuk meluruskan rambut keriting alami.

36. Meluruskan Rambut Keriting Alami Bagaimanakah Caranya

Meskipun cukup subjektif, ada cukup banyak wanita yang merasa kurang percaya diri dengan penampilan mereka saat memiliki rambut cenderung keriting dan bergelombang. Apakah Zweena Lovers termasuk salah satunya?

Memang, kondisi asli rambut tetap harus disyukuri. Hanya saja, untuk wanita yang ingin mendapatkan rambut yang cenderung lebih lurus, ada beberapa cara alami yang bisa dijadikan opsi perawatan.

Apa saja cara tersebut? Simak ulasan selengkapnya!

Cara Meluruskan Rambut Keriting Secara Alami

Berbincang tentang upaya meluruskan rambut keriting secara alami, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Tentu, seiring menggunakan bahan alami, cara-cara ini cenderung aman dan tidak memiliki efek samping.

Nah, adapun cara yang dimaksud tersebut adalah sebagai berikut:

  • Mengaplikasikan lidah buaya

Lidah buaya sudah lama dikenal sebagai tumbuhan yang sangat efektif untuk penanganan masalah rambut, termasuk untuk meluruskan rambut yang keriting. Hal ini dikarenakan pada lidah buaya terdapat kandungan senyawa unik yang bisa melengkapi nutrisi rambut hingga nantinya rambut cenderung lebih mudah ditata.

Tidak hanya itu, cara perawatan rambut dengan lidah buaya pun sangat mudah. Untuk melakukan perawatan, Zweena Lovers hanya perlu mengambil gel dari batang lidah buaya. Setelah itu, masukkan gel dalam wadah dan rebus hingga gel lidah buaya menjadi cair.

Diamkan cairan gel tersebut hingga dingin. Kemudian, gunakan gel lidah buaya cair untuk mengoles rambut hingga merata. Nah, masker gel lidah buaya ini perlu didiamkan beberapa saat sebelum dibilas.

  • Menggunakan minyak jarak

Minyak jarak juga bisa menjadi salah satu bahan alami yang diandalkan guna meluruskan rambut keriting dengan aman. Apakah Zweena Lovers pernah mendengar minyak yang satu ini?

Konon, minyak jarak dulunya digunakan untuk menjadi pelumas kendaraan perang zaman pendudukan Jepang di Indonesia. Namun, saat ini, minyak jarak menjadi salah satu bahan kosmetik perawatan rambut karena memiliki kandungan yang bisa melembutkan rambut secara cepat.

Untuk meluruskan rambut keriting alami dengan minyak jarak, Zweena Lovers perlu mencampurkan minyak jarak dengan minyak kedelai. Setelah kedua minyak tersebut tercampur merata, oleskan pada rambut dan kulit kepala secara merata sambil dipijat.

Nah, diamkan masker alami ini selama 30 menit. Bilas hingga bersih dengan air hangat.

  • Menggunakan campuran cuka dan air

Campuran cuka dan air juga bisa menjadi opsi untuk meluruskan rambut keriting dengan alami. Kandungan di dalam cuka bisa meluruskan dan membuat lembut rambut dalam waktu yang lebih cepat. Hanya saja, karena cuka terlalu pekat, maka perlu diencerkan dengan menggunakan air.

Untuk perawatan, campur segelas air dengan sekitar lima tetes cuka. Campur hingga merata lalu terapkan campuran tersebut sebagai masker rambut alami. Ulangi cara ini hingga Zweena Lovers mendapatkan hasil yang memuaskan.

Beberapa hal di atas bisa menjadi opsi yang dipilih untuk meluruskan rambut keriting secara alami. Selain bahan tersebut, Zweena Lovers juga bisa menggunakan campuran tepung beras dan telur untuk menjadi masker rambut alami.

Bagaimana Jika Meluruskan Rambut Dengan Rebonding?

Tidak dimungkiri bahwa rebonding kerap menjadi pilihan wanita untuk meluruskan rambut keriting mereka hingga terlihat lebih rapi dan lebih lurus. Hasil yang cepat dan juga maksimal menjadi alasan kenapa cara meluruskan rambut satu ini banyak digemari.

Hanya saja, Zweena Lovers perlu mengetahui bahwa sebenarnya ada beberapa resiko buruk dari kebiasaan rebonding rambut yang dilakukan. Apa saja?

  • Struktur rambut yang berubah

Rebonding yang dilakukan, terutama jika terlalu sering, maka akan membuat struktur rambut menjadi berubah. Perubahan pada struktur rambut ini cukup berbahaya karena pada masa yang akan datang akan terjadi kerusakan rambut yang semakin parah.

  • Merusak akar rambut

Akar rambut menjadi bagian rambut yang sangat penting karena merupakan sumber kekuatan rambut agar tidak rontok. Dalam hal ini, proses rebonding yang dilakukan nantinya akan membuat akar rambut menjadi rusak. Tentu saja, jika akar rambut rusak, maka rambut akan cenderung lebih rapuh dan lebih mudah rontok.

  • Memudarkan warna rambut

Untuk Zweena Lovers yang ingin menjaga warna rambut yang hitam alami, maka sebaiknya menghindari rebonding untuk meluruskan rambut. Suhu panas yang digunakan dalam proses rebonding rambut bisa mengikis warna asli dari rambut. Akibat dari hal ini adalah rambut yang cenderung terlihat lebih kusam dan nantinya lebih kering.

  • Memicu kanker

Risiko lain dari rebonding rambut terutama yang dilakukan terlalu sering adalah memicu kanker. Bisa dikatakan jika ini adalah risiko yang sangat serius dan perlu mendapatkan perhatian.

Zweena Lovers perlu mengetahui bahwa produk yang digunakan untuk meluruskan rambut mengandung formaldehida. Ini adalah zat yang bisa memicu perkembangan sel kanker. Hal ini tentu sangat berbahaya, terutama jika tidak pernah disadari sebelumnya.

Beberapa hal diatas adalah risiko dari rebonding rambut yang perlu diketahui sebelum memutuskan menempuh cara tersebut untuk meluruskan rambut. Sebagai tambahan, rebonding yang dilakukan nantinya juga bisa menyebabkan iritasi pada bagian kulit kepala.

Tips Tambahan Menjaga Kesehatan Rambut

Selain mengaplikasikan bahan alami yang bisa diandalkan untuk meluruskan rambut keriting dengan lebih mudah dan efektif, Zweena Lovers tentu juga harus mengerti tentang tips perawatan guna menjaga kesehatan rambut. Pemahaman perihal tips tersebut bisa diaplikasikan untuk menghindarkan rambut dari masalah.

Nah, perihal usaha menjaga kesehatan rambut, melakukan keramas secara teratur adalah hal yang sangat esensial. Cara ini memang sangat mudah namun memiliki dampak yang begitu positif. Ya, dengan keramas secara teratur, kebersihan rambut akan cenderung terjaga. Hanya saja, Zweena Lovers perlu selektif dalam memilih jenis sampo yang tepat sesuai karakter rambut.

Selain keramas secara teratur, memotong rambut secara rutin juga bisa menjadi tips agar rambut senantiasa sehat. Ya, perlu diketahui bahwa memotong rambut, terutama di bagian ujung adalah perawatan yang tepat dilakukan terlebih bagian ujung rambut merupakan bagian rambut yang rentan mengalami kerusakan.

Tidak hanya itu, memotong rambut juga bisa diandalkan menjaga rambut agar mampu melakukan regenerasi dengan baik. Dengan regenerasi rambut yang terjaga, Zweena Lovers pun akan memiliki rambut lebih sehat dan lebih lembut.

Sebagai tambahan, dalam upaya melakukan perawatan rambut, cobalah untuk memilih sisir rambut yang tepat. Pemilihan sisir bisa menjadi solusi agar rambut tidak mudah rontok.

Nah, demikian beberapa ulasan tentang cara untuk meluruskan rambut keriting alami yang bisa Zweena Lovers lakukan. Selain itu, perlu kehati-hatian jika hendak melakukan rebonding karena perawatan rambut modern tersebut menyisakan risiko yang bisa merugikan. Semoga bermanfaat.

Scroll to Top