8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan dan Kesehatan

Minyak olive atau zaitun berasal dari pohon zaitun yang dibudidayakan pertama kali di kawasan Mediterania. Khasiat minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan sudah sejak lama diketahui. Buah zaitun dapat dikonsumsi secara langsung maupun diekstrak menjadi minyak.

Apa Saja Kandungan Dalam Minyak Zaitun?

Banyak penelitian mengenai olive oil, salah satunya dilakukan oleh Departemen Pertanian Amerika yang menegaskan bahwa terkandung banyak sekali nutrisi hanya dalam takaran 1 sdm atau sekitar 15 ml.

Kandungan yang dimaksud terdiri dari:

  • 0,1 mg kalium
  • 0,1 mg kalsium
  • 8 mikrogram vitamin K
  • 1,9 mg vitamin E
  • 13,5 g lemak
  • 0,3 mg natrium
  • Magnesium
  • Karbohidrat
  • Zat besi
  • Serat
  • Protein
  • Folat

 

Intinya, olive oil kaya akan kandungan yang lengkap mulai dari karbohidrat, vitamin, serat, mineral, protein hingga lemak. Tapi lemak yang terkandung tidak berbahaya bagi kesehatan karena tergolong asam lemak tak jenuh tunggal.

 

Asam tersebut merupakan jenis zat yang justru baik untuk kesehatan dan tidak menyebabkan dampak negatif apapun.

4 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

 

Peduli dengan kesehatan diri sendiri wajib dilakukan oleh setiap orang. Namun, jangan sampai asal pilih dan mudah percaya pada produk-produk di pasaran yang ternyata abal-abal.

 

Salah satu alternatif terbaik yang jauh lebih aman dan efektif adalah memanfaatkan olive oil. Berikut 4 dampak positif olive oil bagi kesehatan Zweena Lovers:

1.     Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Kolesterol jahat yang terkandung di dalam tubuh harus dikontrol jumlahnya agar tidak berlebihan. Kadar yang melebihi batas berisiko tinggi menyempitkan pembuluh darah yang dapat berujung pada serangan jantung.

Dengan kandungan baik yang dimiliki minyak zaitun, kolesterol jahat (LDL) dapat diturunkan sehingga kolesterol baik (HDL) memiliki kadar yang lebih tinggi.

Jenis kolesterol baik justru dibutuhkan oleh tubuh, lho. Kegunaannya untuk menjaga kesehatan jantung dan menurunkan risiko terkena penyakit stroke.

2.     Mengontrol Tekanan Darah

Kabar baik bagi yang menderita tekanan darah tinggi sebab olive oil sangat efektif dalam mengontrol tekanan darah dalam tubuh.

Penelitian yang sudah dilakukan oleh para ahli menyebutkan bahwa manfaat minyak zaitun jika diminum sebanyak 4 sdm setiap hari ampuh mengelola tekanan darah dalam angka normal.

Hal tersebut disebabkan adanya kandungan lemak sehat dan antioksidan pada olive oil. Alhasil, risiko peradangan pembuluh darah bisa diturunkan sekaligus merangsang pembuluh darah untuk rileks.

Selain dikonsumsi dalam bentuk buah muda, minyak zaitun memang aman diminum secara langsung dalam bentuk minyak hasil ekstraksi. Namun, direkomendasikan untuk minum air putih hangat setelahnya untuk mengurangi rasa mual.

 

3.     Menurunkan Risiko Terkena Penyakit Berbahaya

Risiko tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh menjadi momok bagi semua orang. Untungnya, hal tersebut dapat dicegah dengan rutin mengkonsumsi olive oil.

Minyak zaitun dikenal mengandung antioksidan yang berkhasiat memperbaiki sel-sel yang rusak akibat radikal bebas sekaligus menghambat pertumbuhan sel kanker.

Cara mengkonsumsinya tidak harus diminum langsung, tetapi bisa dengan mencampurkan olive oil dalam masakan atau minuman yang siap seduh.

Penyakit berbahaya lain yang dapat dicegah dengan minyak zaitun adalah diabetes. Sebab, minyak alami tersebut terbukti cukup efektif dalam mengontrol kadar gula darah.

4.     Mengontrol Berat Badan

 

Siapa nih di antara Zweena Lovers yang putus asa karena berat badan tak kunjung ideal? Kalau begitu, cobalah memanfaatkan olive oil agar mendapatkan hasil yang sesuai harapan.

Alasannya, khasiat minyak zaitun untuk menurunkan berat badan terbukti cukup ampuh. Tidak mengherankan jika olive oil digunakan sebagai pengganti minyak biasa oleh orang-orang yang sedang menjalani diet.

Pola makan sehat dengan olive oil memang keputusan tepat untuk menghindari obesitas dan mengontrol BB agar tetap di batas normal. Lakukan juga aktivitas lain seperti olahraga dan membatasi makanan berkalori agar berat badan selalu terkontrol.

4 Khasiat Olive Oil untuk Kecantikan

 Tidak hanya badan yang sehat, setiap orang terutama wanita pasti mendambakan kecantikan. Terbukti banyak yang rela menjalani perawatan mahal demi hasil yang maksimal.

Sebenarnya, perawatan kecantikan bisa dilakukan sendiri di rumah, kok. Bahan yang recommended adalah olive oil karena tidak menimbulkan efek samping. Apa saja sih khasiat minyak alami tersebut untuk kecantikan?

1.     Menghaluskan dan Mengencangkan Wajah

 

Siapa sangka, olive oil sangat ampuh untuk menghaluskan sekaligus mengencangkan kulit wajah. Kandungan antioksidan, vitamin A, vitamin C dan vitamin E berperan besar untuk memberi hidrasi cukup pada wajah sehingga kulit terasa lebih halus.

Sekaligus pilihan yang cocok bagi pemilik jenis kulit kering sehingga kadar kelembaban kulit wajah bisa kembali normal.

Sedangkan kandungan antioksidan dan polifenol menjadikan olive oil mampu melindungi kulit dari kerusakan dan penuaan dini. Dengan pemakaian rutin, alhasil wajah akan lebih kencang dan segar.

Bagi yang menginginkan hasil lebih maksimal, maka disarankan untuk mencampurkan zaitun dengan madu. Keduanya merupakan kombinasi yang bagus dan aman untuk merawat kulit wajah.

2.     Mencerahkan Wajah

Manfaat selanjutnya dari minyak zaitun untuk wajah adalah mencerahkan. Wah, pasti langsung tergoda untuk mencobanya, ya?

Kandungan baik seperti polifenol pada zaitun memang berkontribusi besar untuk menjaga kesehatan kulit. Dengan memiliki, kulit wajah yang sehat maka akan terhindar dari masalah meresahkan seperti kusam dan flek hitam.

Pemakaian minyak zaitun yang rutin pada permukaan wajah, perlahan akan menimbulkan efek cerah yang alami. Alhasil, tidak perlu lagi melakukan suntik putih atau menggunakan berbagai krim demi wajah yang cerah.

Istimewanya lagi, kulit cerah yang dihasilkan dari perawatan olive oil juga terlihat glowing, lho. Glowing yang alami tentu lebih sehat karena tidak mengandalkan bahan-bahan kimia yang lama-lama berbahaya bagi kesehatan.

3.     Mengatasi Bibir yang Hitam

Masalah bibir yang menghitam bisa diatasi dengan mengoleskan minyak zaitun secara rutin. Hal tersebut sudah sejak dahulu dipraktekkan oleh para wanita yang ingin mengembalikan warna alami bibir.

Tidak hanya dioleskan seperti memakai lip balm, olive oil juga dapat dimanfaatkan untuk scrub bibir. Bahan tambahannya cukup gula pasir kemudian diaduk rata dan digosokkan pada seluruh permukaan bibir secara perlahan.

Lama-kelamaan, bibir yang menghitam akan kembali merah alami dan sehat. Scrub bibir menggunakan olive oil juga direkomendasikan untuk menjaga kesehatan dan kelembaban bibir sekalipun warna alaminya sudah kembali.

4.     Menebalkan Alis Secara Alami

Keuntungan memiliki alis yang tebal adalah tidak perlu mengaplikasikan eyebrow untuk memperindah maupun mempertajam tampilannya. Dengan begitu, makeup tidak lagi terlalu memakan banyak waktu.

Untungnya, olive oil kaya akan vitamin E yang terbukti efektif memelihara dan melebatkan rambut, termasuk alis. Bagaimana cara menggunakan minyak zaitun untuk menebalkan alis? Mudah sekali. Ikuti langkah berikut ini:

  • Tuang minyak zaitun ke dalam mangkuk kecil.
  • Oleskan pada seluruh permukaan alis, langsung menggunakan jari atau cotton bud.
  • Setelah itu, biarkan selama semalaman .
  • Basuh alis pada keesokan harinya sampai minyaknya tidak tersisa.
  • Lakukan secara rutin sampai mendapatkan hasil yang diharapkan.

Apakah semakin tertarik menggunakan minyak zaitun untuk perawatan kecantikan dan kesehatan? Zweena Lovers tidak perlu khawatir jika produk di pasaran belum memenuhi harapan. Sebab, Perusahaan Zweena bisa membantu untuk memproduksi skincare olive oil yang diinginkan.

Jasa maklon kosmetik yang ditawarkan sangat profesional dan terpercaya. Layanan konsultasi pun tersedia gratis demi kepuasan konsumen.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *