Obat Awet Muda Dengan Daun Pegagan dan Cara Menggunakannya

Belakangan ini, banyak orang yang mencari daun pegagan. Hal itu disebabkan daun ini memiliki khasiat yang cukup bagus sebagai obat awet muda. Obat awet muda dengan daun pegagan memang sedang dibicarakan khalayak ramai karena  daun ini memang menjadi salah satu bahan dalam skincare yang paling banyak dibicarakan. Selain untuk mengencangkan kulit, daun ini juga memiliki khasiat sebagai obat awet muda yang alami. Sama seperti daun binahong, daun pegagan memang disebut sebagai salah satu tanaman herbal alami yang memiliki banyak khasiat kesehatan dan memiliki khasiat utama sebagai obat awet muda. Daun pegagan juga memiliki banyak kandungan yang sangat baik untuk kulit seseorang.

47. Obat Awet Muda Dengan Daun Pegagan Dan Cara Menggunakannya

 

Apakah daun pegagan bisa digunakan sebagai masker wajah?

Daun pegagan memang mengandung berbagai zat bioaktif yang bersifat sebagai antioksidan, antivirus antibakteri, dan anti clear. Bukan hanya untuk kesehatan sajam daun ini juga bisa digunakan untuk kecantikan sehingga daun pegagan bisa digunakan sebagai masker wajah. Tidak sedikit orang yang menggunakan daun ini sebagai masker karena memang memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Beberapa kandungan yang baik untuk kesehatan kulit yang ada pada daun pegagan adalah seperti vellarine, garam mineral, natrium, zat besi, kalium, magnesium, dan lain sebagainya. oleh karena itu, tidak salah jika daun ini dicari oleh banyak orang untuk mengobati berbagai macam keluhan penyakit.

Jika kita melihat beberapa referensi dan salah satunya adalah Dokter Sehat, maka daun ini merupakan salah satu jenis tumbuhan yang termasuk kedalam famili Mackinlayaceae. Oleh karena itu, daun ini memiliki nama latin centella asiatica. Daun ini sendiri banyak tumbuh di wilayah Asia tenggara. Akan tetapi juga sangat mudah ditemukan di Indonesia. Daun pegagan banyak digunakan sebagai masker yang mana biasanya orang menumbuk atau menghaluskan daun ini dan langsung mengaplikasikannya pada wajah yang sudah dibersihkan. Bagi sebagian orang, cara ini bisa membuat kulit mereka menjadi lebih kencang. Kerut dan noda hitam jua perlahan akan memudar. Akan tetapi jika Zweena Lovers memiliki kulit yang sensitif maka cara ini tidak disarankan karena  daun ini memiliki tekstur yang terlalu keras untuk kulit sensitif.

Apa saja manfaat daun pegagan?

Ada banyak sekali manfaat yang bisa kalian dapatkan saat menggunakan daun pegagan. Berikut ini ada beberapa manfaat yang bisa kalian dapatkan ketika menggunakan daun pegagan sebagai bahan kecantikan.

 1. Merangsang pertumbuhan akar rambut

Jika kalian mengkonsumsi daun pegagan secara rutin maka kalian akan mendapatkan manfaat yang baik pada pertumbuhan akar rambut. Selain itu, pertumbuhan rambut juga akan menjadi lebih sehat karena akar rambut yang kuat maka pertumbuhan rambut juga akan lebih sehat terjaga. Jika kondisi rambut terjaga maka kalian juga tentu akan terlihat lebih muda bukan?

 2. Membantu menyamarkan dan mencegah stretch marks

Selain itu, khasiat lainnya yang bisa kalian dapatkan saat menggunakan daun ini adalah mampu bahwa penggunaan secara rutin bisa menyamarkan dan mencegah stretch marks karena daun ini mengandung senyawa terpenoid. Oleh karena itu, daun ini sangat cocok untuk mencegah timbulnya stretch marks yang akan mengganggu penampilanmu.

 3. Obat anti depresan alami

Daun pegagan juga bisa digunakan sebagai obat anti depresan alami karena daun ini memiliki khasiat meredakan stres dan mengatasi rasa cemas berlebihan. Hal itu wajar saja karena daun pegagan memiliki kandungan zat-zat yang mengandung pikiran dan tubuh terasa rileks dan daun ini juga sangat cocok dikonsumsi bagi orang yang mengalami masalah serius dengan sistem sarafnya.

 4. Obat anti penuaan dini alami

Manfaat ini memang banyak dicari oleh banyak orang karena pada daun pegagan memiliki kandungan yang sangat baik sebagai Obat awet muda dengan daun pegagan. Penggunaan secara rutin bisa membuat kulit wajah terlihat segar dan juga berseri. Selain itu, kalian juga perlu menyeimbangkan konsumsi daun pegagan dengan gaya hidup dan pola makan yang sehat serta pikiran yang tetap positif.

 5. Efektif meningkatkan fungsi dan kinerja otak

Adapun manfaat terakhir yang bisa kalian dapatkan adalah bahwa daun pegagan sangat efektif untuk meningkatkan fungsi dan kinerja otak. Hal itu disebabkan karena pada daun pegagan kaya akan kandungan asam folat yang cukup tinggi sehingga daun pegagan sangat efektif untuk meningkatkan fungsi kerja otak. Tentu saja hal itu memiliki dampak positif karena bisa meningkatkan daya ingat, konsentrasi menjadi lebih fokus, berpikir cepat, dan hal baik lainnya yang bisa didapatkan jika mengkonsumsinya secara rutin. Akan tetapi, perlu diingat juga bahwa mengkonsumsi daun ini juga perlu diimbangi dengan belajar dan banyak membaca referensi terkait daun pegagan.

Manfaat lain Obat awet muda dengan daun pegagan

Selain itu, ada juga manfaat lainnya yang bisa kalian dapatkan ketika menggunakan daun pegagan ini. Berikut ini beberapa manfaat lainnya yang bisa kalian ketahui.

 1. Mengatasi jerawat

Manfaat lainnya yang bisa didapatkan adalah bahwa daun pegagan ini mampu mengatasi jerawat dengan sangat baik. Hal itu disebabkan pada daun ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan sirkulasi darah dan juga bisa mempercepat proses penyembuhan kulit. Oleh karena itu, tak heran jika banyak orang yang menganggap bahwa daun ini mampu mengobati dan menghilangkan bekas jerawat. Bahkan daun ini juga mampu mengobati varises, kapiler pecah dan selulit yang membandel sehingga karena khasiatnya yang kuat untuk kesehatan dan perawatan kulit maka tidak heran jika daun pegagan sering ditampilkan sebagai bahan utama dalam serum, krim mata, dan juga minyak kecantikan.

 2. Meningkatkan kolagen

Selain itu, daun pegagan juga mampu meningkatkan kolagen. Perlu Zweena Lovers ketahui bahwa fungsi dari Centella asiatica yang mampu meningkatkan sirkulasi darah dan juga sintesis kolagen sehingga baik untuk menjaga keremajaan kulit dan juga jaringan kulit. Pada kolagen juga berperan penting dalam meningkatkan elastisitas kulit. Kolagen sendiri sudah dimiliki secara alami oleh tubuh kita sejak lahir dan akan berkurang seiring bertambahnya usia. Oleh karena itu, mengkonsumsi daun ini bisa menjaga kolagen pada tubuh kita.

 3. Meningkatkan penyembuhan luka

Bukan hanya jerawat, daun pegagan juga mampu meningkatkan penyembuhan luka dan juga meminimalkan jaringan perut. Luka yang bisa disembuhkan dari daun ini sendiri termasuk luka akibat benda tajam, robekan tidak teratur yang disebabkan trauma benda tumpul, dan jaringan kulit yang terinfeksi.

 4. Menenangkan kulit

Adapun manfaat lainnya yang bisa didapatkan adalah bahwa daun pegagan bisa menenangkan kulit. Hal itu disebabkan karena konstituen aktif utama dari Centella Asiatica yang ada pada daun ini ialah saponin yang terkenal meenjadi asiaticosides yang mana senyawa tersebut memiliki sifat menenangkan dan menyembuhkan kulit.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kalian dapatkan dari Obat awet muda dengan daun pegagan. Manfaat lain yang bisa didapatkan dari daun ini sendiri adalah mampu mengurangi tanda-tanda sensitivitas kulit sehingga kulit akan terlihat lebih cerah, segar, dan cantik.

Leave a Comment

Scroll to Top