Resep Masker Berbahan Pisang

Demi memiliki kulit indah terawat, banyak orang yang rela merogoh uang hingga jutaan rupiah. Padahal, hanya dengan memanfaatkan buah pisang, perawatan kulit yang diinginkan bisa didapatkan. Tentunya dengan menyesuaikan resep masker berbahan pisang dengan jenis kulit yang dimiliki.

Bagi Zweena Lovers yang ingin merawat kulit dengan bahan herbal tanpa efek samping, pisang bisa dikombinasikan dengan berbagai bahan lainnya agar menjadi masker kulit yang sempurna. Jadi, tidak perlu lagi mengeluarkan banyak biaya untuk perawatannya.

Kandungan Buah Pisang yang Baik untuk Kulit

Sebelum meracik pisang sebagai masker, kandungan yang ada dalam pisang ini perlu diketahui terlebih dahulu. Ini bisa menjadi bukti ilmiah yang meyakinkan bahwa penggunaan masker pisang memang memberikan manfaat bagi kulit. Beberapa kandungan tersebut meliputi:

  • Vitamin B6 dan B12
  • Vitamin C
  • Magnesium
  • Lemak tidak jenuh
  • Serat
  • Asam amino
  • Kalium
  • Antioksidan flavonoid
  • Antioksidan karotenoid
  • Antioksidan tannin
  • Antioksidan polifenol
  • Antioksidan fenolik

Menurut dokter Nareza, pisang juga banyak memiliki senyawa antiinflamasi dan anti mikroba yang dapat melawan bakteri dan jamur.

Berbagai kandungan inilah yang menarik beberapa peneliti untuk mengamati penggunaan masker pisang bagi kulit. Terbukti dalam Jurnal Bakti Saraswati atau JBS, ditulis bahwa masker pisang ternyata bisa digunakan sebagai masker kecantikan yang memberikan efek halus dan sehat pada kulit.

Salah satu penyebab keefektifan masker pisang adalah karena kandungan antioksidannya yang sangat tinggi, terutama pada jenis pisang kepok dan pisang ambon.

Resep Masker Berbahan Pisang untuk Perawatan Kulit

Walaupun beberapa kandungan pisang diketahui memiliki manfaat bagi kulit, tetap saja masker pisang kurang efektif jika digunakan tanpa campuran. Jadi masker pisang bisa dicampur dengan apa? Berikut beberapa resep masker dengan campuran bahan alami lainnya yang berguna untuk perawatan:

1. Pisang dengan Putih Telur

Campuran pertama yang baik untuk mendampingi pisang sebagai masker adalah putih telur. Perpaduan pisang dan putih telur diketahui sangat baik untuk merawat kulit yang sensitif tanpa menimbulkan efek samping.

Selain itu, pelembab dan nutrisi alami yang terkandung dalam putih telur juga efektif memberikan efek glowing pada wajah setelah digunakan. Adapun langkah-langkah membuat masker pisang dan putih telur ini adalah:

  • Hancurkan pisang yang sudah matang menggunakan sendok atau garpu dalam wadah.
  • Tuangkan putih telur lalu diaduk rata hingga menyerupai pasta.
  • Balurkan pada kulit wajah dan diamkan sekitar 15 menit.
  • Bias dengan air bersih.

2. Pisang dengan Yoghurt

Jika pisang dan putih telur baik untuk kulit sensitif, maka pisang dan yogurt sangat cocok dipakai oleh pemilik kulit kering, kusam, dan kasar.  Kolagen yang bisa diproduksi secara alami oleh vitamin C dari pisang bisa bekerja dengan maksimal ketika dipadukan dengan yogurt.

Kulit yang diaplikasikan dengan pisang dan yogurt akan lebih lembab karena di dalamnya terdapat zinc dan kalium yang bisa menjaga kelembabannya.

Cara mengolah masker pisang yogurt ini tidak berbeda jauh dengan cara sebelumnya. Cukup haluskan sebuah pisang masak dengan sendok lalu campurkan beberapa sendok yogurt. Aduk rata dan aplikasikan langsung pada wajah.

Biarkan vitamin dan pelembab alaminya bekerja selama 30 menit. Setelah itu, barulah wajah bisa dibilas menggunakan air hangat.

3. Pisang dengan Madu

Bagi yang tidak memiliki yogurt, madu juga bisa menjadi alternatif untuk perawatan kulit kering dan tentunya dicampur dengan pisang. Pastikan untuk menggunakan madu asli agar efek yang diberikan lebih maksimal di wajah.

Campuran pisang dan madu bisa diaplikasikan pada wajah selama 15 menit saja sebelum dibilas dengan air hangat. Hasilnya setelah pemakaian biasanya kulit akan terasa lebih lembut dan lembab seketika. Tentunya penggunaan masker ini tetap harus dilakukan secara rutin.

4. Pisang dengan Susu

Resep masker berbahan pisang selanjutnya adalah mencampurnya menggunakan susu. Resep masker yang satu ini cocok untuk mereka yang ingin memiliki kulit lebih putih dan cerah. Melalui bantuan laktosa yang ada dalam susu, kulit bisa terlihat lebih segar dan putih.

Pisang yang dipadukan dengan susu juga efektif mengelupas sel kulit mati yang membuat kulit terlihat kering dan rusak. Sementara susu berperan mencerahkan dan melembabkannya kembali. Untuk manfaat yang lebih maksimal, aplikasi masker bisa dilakukan selama 20  menit atau sampai pisang mengering.

5. Pisang dengan Buah Alpukat

Vitamin C dan E memang sudah terkenal mampu menyehatkan kulit dan menjaga kelembaban alaminya. Dua vitamin tersebut terdapat dalam alpukat dengan jumlah yang sangat besar sehingga cocok dikombinasikan dengan masker buah pisang.

Cara aplikasinya menggunakan persentase 50 : 50 antara alpukat dan pisang. Bila perlu tambahkan madu sebagai pelunak masker. Aplikasikan pada wajah secara rutin selama 15 menit untuk merasakan hasilnya.

6. Pisang dengan Minyak Zaitun

Untuk kulit kering yang cenderung sensitif, masker pisang yang paling sesuai adalah dengan campuran minyak zaitun. Selain pelembab alami, minyak zaitun mengandung vitamin E yang sangat tinggi sehingga bisa menyehatkan dan melembutkan kulit.

Walaupun bahannya alami, tapi penggunaan minyak zaitun dan pisang sebagai masker sebaiknya dilakukan sekali dalam seminggu. Aplikasi yang berlebihan dikhawatirkan membuat reaksi pada kulit kering yang sensitif.

7. Pisang dengan Kunyit

Perawatan kulit dengan pisang tidak hanya sekedar menghaluskan, melembabkan, dan memutihkan saja. Masker pisang bahkan bisa digunakan untuk membasmi jerawat yang merusak kulit. Caranya dengan mencampur pisang dengan kunyit bubuk atau kunyit yang sudah dihaluskan.

Pisang yang sudah dicampur dengan kunyit bisa dipakai seluruhnya pada kulit wajah untuk mencegah jerawat. Bisa juga dioleskan hanya pada bagian kulit yang berjerawat saja untuk mengempiskannya.

8. Pisang dengan Lemon

Untuk kulit normal yang cenderung kusam, racikan pisang dengan perasan air lemon sangat efektif menyegarkannya kembali. Namun, masker olahan ini kurang cocok untuk kulit sensitif mengingat kandungan vitamin C pada lemon yang terlalu tinggi.

Masker pisang dan lemon tidak hanya menyegarkan wajah, tapi juga membantunya terlihat lebih bercahaya, karena keduanya sama-sama mengandung vitamin C dan memicu kolagen pada kulit.

9. Pisang dengan Oatmeal

Resep masker berbahan pisang yang dicampur dengan oatmeal biasanya sangat digemari oleh mereka yang mengalami penuaan dini pada wajah. Khasiat potassium dalam oatmeal bisa membantu melembabkan kulit secara alami tanpa menimbulkan iritasi.

Sementara pisang bisa dipakai untuk eksfoliasi atau mengangkat sel kulit mati dan berperan seperti scrub. Oleh karenanya, aplikasi pisang dan oatmeal ini sedikit berbeda. Setelah dicampur, masker bisa dioleskan pada wajah sambil digosok perlahan untuk mengangkat kulit mati.

10. Pisang dengan Air Mawar

Campuran masker pisang terakhir yang baik untuk merawat kulit adalah dengan air mawar. Penggunaan keduanya terbukti efektif memberikan hasil glowing pada wajah setelah digunakan. Tapi efek glowing ini berbeda-beda tergantung pada jenis kulitnya.

Walaupun racikan masker pisang bisa dibuat secara manual, namun banyak orang yang enggan menerapkannya karena dianggap kurang praktis. Sebagai solusinya, beberapa produsen kosmetik banyak yang menggunakan jasa maklon kosmetik untuk meracik pisang dan bahan alami menjadi masker herbal.

Tentu saja jasa maklon kosmetik yang dipilih benar-benar berkualitas baik dari segi hasil produksinya ataupun kinerjanya. Misalnya di zweena.co.id yang sudah terbukti menghasilkan banyak kosmetik dan sabun kecantikan herbal yang terkenal dan efektif merawat kulit.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *