Sabun Gatal

Gatal disebabkan oleh bermacam faktor, salah satunya gangguan kulit yang bernama eksim. Penting untuk memilih sabun gatal eksim yang aman dan ampuh agar meredakan reaksi alergi sehingga rasa gatal bisa berkurang.   

Eksim dikenal sebagai kelainan kulit yang dipicu oleh bakteri, jamur atau bahan kimia. Penyakit kulit ini dapat menyerang anak-anak maupun orang dewasa. Rasa gatal yang ditimbulkan sangat mengganggu dan bisa memunculkan luka apabila digaruk terus menerus.

Tips Memilih Sabun Gatal yang Cocok untuk Eksim 

Bagi penderita gatal yang disebabkan oleh eksim wajib memperhatikan sabun mandi yang digunakan. Salah dalam pemilihan berpotensi memperparah gejala eksim dan meningkatkan frekuensi kambuh sehingga tidak kunjung sembuh.

Selain gatal yang luar biasa, gejala lain yang kerap muncul yaitu ruam kemerahan, kulit menjadi tebal dan kering, muncul benjolan kecil yang berair, kulit bersisik dan rasa pegal di area kulit yang terkena eksim.

Memilih sabun yang tepat memang tidak sepenuhnya menyembuhkan gatal eksim. Namun, setidaknya dapat mengurangi gejala sehingga Zweena Lovers yang mengidap keluhan tersebut bisa lebih nyaman dalam beraktivitas.

Berikut 5 tips untuk memilih sabun untuk gatal eksim, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa:

1. Pilihlah Bahan yang Aman untuk Tipe Kulit Sensitif

Bagi penderita eksim yang memiliki kulit sensitif harus berhati-hati dalam memakai sabun. Sebab, tipe kulit yang sensitif mudah sekali terkena alergi dan iritasi terhadap zat tertentu sehingga harus dicegah.

Tips memilih sabun gatal untuk kulit sensitif yakni dengan memprioritaskan sabun yang mengandung bahan-bahan lembut. Bahan yang kerasa dan tidak ramah untuk kulit sensitif dapat meningkatkan risiko iritasi sehingga memicu rasa gatal yang menyiksa.

Contoh bahan sabun untuk gatal yang aman bagi kulit sensitif seperti lidah buaya, shea butter, hyaluronic acid, minyak kelapa, ceramide dan gliserin. Bahan tersebut tidak berpotensi mengiritasi, justru memberikan kelembaban yang dibutuhkan oleh kulit.

Penelitian ilmiah yang dilakukan oleh Department of Dermatology, Leiden University Medical Center menegaskan bahwa kandungan pelembab pada suatu produk sangat efektif meredakan gejala eksim, seperti gatal dan kering.

Dengan begitu, penderita gatal karena eksim sebaiknya memilih produk sabun yang memasukan bahan pelembab di dalamnya.  

2. Hindari Sabun yang Menggunakan Pewangi 

Tips selanjutnya adalah menghindari produk sabun yang memasukan fragrance dalam komposisinya. Perlu diperhatikan ya, apapun produk perawatan tubuh yang menggunakan pewangi tambahan berpotensi besar memperparah gejala eksim, termasuk gatal dan ruam.

Bukan hanya bahan pewangi sintetis, bahan yang alami pun kemungkinan bisa memicu rasa gatal dan gejala iritasi lain. Oleh sebab itu, wajib memilih sabun yang berlabel “fragrance-free” atau “unscented” alias bebas pewangi.

Jenis bahan lain yang harus dihindari adalah deterjen. Alasannya, bahan tersebut masuk dalam kategori kandungan keras yang dapat memicu alergi dan iritasi terutama pada kulit penderita eksim.

Terkesan ribet tetapi Zweena Lovers harus cermat demi menjaga kesehatan kulit. Rasa gatal yang tidak kunjung reda tentu akan mengganggu konsentrasi selama berkegiatan dan menurunkan rasa percaya diri untuk tampil di muka umum.

3. Pilih Sabun yang Memiliki pH Seimbang

Ketika memilih sabun gatal karena bakteri maka harus memperhatikan kadar pH yang terkandung. Adapun tingkat pH yang normal berkisar antara 4 hingga 6. Jika produk mengandung pH di atas kadar normal maka berpotensi mengiritasi dan merusak kulit.

Penggunaan sabun mandi yang tingkat asam atau basanya terlalu berlebihan dapat meningkatkan frekuensi kambuhnya eksim. Rasa gatal, munculnya kemerahan hingga permukaan kulit yang kering pun semakin tidak tertahankan.

Hubungan antara kandungan pH normal dengan penurunan risiko eksim dibuktikan oleh penelitian ilmiah yang termuat dalam Journal of Clinical Medicine.

Hasil penelitian menegaskan bahwa pH yang kadarnya berada di rentang normal memberikan efek yang baik bagi peningkatan fungsi skin barrier dan mengatasi kelainan kulit seperti eksim.

4. Hindari Sabun yang Mengandung Pewarna

Pewarna yang dicampurkan dalam sabun mandi merupakan bahan kimia yang perlu diwaspadai. Sebab, zat sintetis tersebut berisiko mengiritasi kulit sehingga gejala eksim pun rentan semakin parah.

Gejala gatal, ruam kemerahan dan radang pada permukaan kulit sulit diredakan apabila salah menggunakan sabun untuk gatal yang mengandung pewarna. Maka dari itu, wajib memilih sabun untuk kulit gata; yang bebas pewarna.

5. Pilih Jenis Sabun yang Tepat

Sabun yang dijual di pasaran umumnya terbagi menjadi jenis sabun batang, cair dan gel. Tekstur sabun ternyata berpengaruh pada baik atau buruknya kondisi kulit yang mengalami gatal.

Sabun gatal cair direkomendasikan untuk kulit gatal yang disebabkan oleh eksim. Alasannya, tekstur sabun yang cair lebih banyak mengandung zat yang melembabkan dan melembutkan.

Banyaknya kandungan moisturizer menjadikan kulit terjaga kesehatannya sehingga frekuensi kambuhan eksim pun bisa dikurangi.

Sedangkan penggunaan sabun batang lebih berisiko menyebabkan kulit mengering sehingga memicu gejala gatal dan ruam. Sebab, sabun batang umumnya mengandung kadar basa yang cukup tinggi sehingga berpotensi mengiritasi kulit.

Sabun dengan tekstur gel pun tidak disarankan untuk penderita gatal akibat eksim. Walaupun terdapat kandungan yang melembabkan, sabun gel biasanya menggunakan bahan pewangi dalam kadar banyak.

Bagaimana Cara Menggunakan Sabun untuk Menghilangkan Gatal Pada Kulit?

Setelah mengetahui sabun yang tepat untuk mengatasi gatal, Zweena Lovers juga perlu mengetahui cara menggunakan sabun yang benar.

Sebab, mandi dengan sabun khusus gatal bagi penderita eksim sedikit berbeda dengan pemilik kulit normal tanpa keluhan. Menerapkan cara yang benar dapat mengurangi rasa gatal dan meminimalisir frekuensi kambuhan eksim.

Berikut langkah-langkah membersihkan diri dengan sabun khusus untuk gatal:

  • Siapkan air yang bersuhu hangat. Khasiat air hangat untuk meredakan gatal memang sudah dirasakan. Efektifitas air hangat untuk menghilangkan gatal juga ditulis oleh dermatologis Marion Sulzberger dalam bukunya Dermatology: Diagnosis and Treatment (1961);
  • Gunakan sabun pada seluruh permukaan kulit secara perlahan, terutama di area munculnya eksim;
  • Jangan mandi terlalu lama, cukup 10 hingga 15 menit saja. Jika mandi lebih dari 15 menit, maka berpotensi memperparah gejala eksim. Mandi dengan air hangat dalam waktu yang singkat dapat membantu mengatasi gatal yang tak kunjung sembuh;
  • Setelah selesai, keringkan tubuh menggunakan handuk yang lembut dan bersih;
  • Kemudian oleskan obat eksim pada area kulit yang terkena;
  • Lanjutkan dengan mengaplikasikan pelembab untuk mencegah kulit semakin mengering.

Jasa Maklon Pembuatan Sabun Gatal yang Terbesar

Banyak beredarnya sabun khusus gatal di pasaran memang memudahkan penderita eksim yang membutuhkan produk perawatan semacam itu. Namun, tidak menjamin bahwa produk sabun yang dipilih benar-benar mampu meredakan gejala.

Membuat sabun khusus gatal bagi pengidap eksim merupakan peluang bagus untuk usaha, lho. Zweena Lovers dapat membuat produk sabun yang kandungannya dijamin aman.

Cara yang paling praktis dan hemat modal adalah bekerjasama dengan pabrik maklon skincare.

Apa itu maklon skincare? Maklon skincare atau kosmetik adalah pihak pemberi jasa yang siap memproduksi produk yang spesifikasinya tergantung permintaan klien.

Anda sebagai klien hanya cukup membayar sejumlah biaya dan mendiskusikan konsep sabun khusus gatal seperti apa yang diinginkan. Nantinya, pihak perusahaan maklon yang akan mengurus proses produksi hingga packaging sampai beres.

Setelah jadi, produk sabun dapat langsung dijual dengan menggunakan merek yang Anda buat sendiri. Istimewanya lagi, produk sudah berlisensi BPOM dan HAKI sehingga aman.

Sekarang sudah semakin paham betapa pentingnya memilih sabun yang tepat untuk penderita gatal eksim, kan? Maka, jangan lupa untuk menerapkan tips tersebut. Bagi yang ingin memiliki merek sendiri sabun gatal terbaik, silakan percayakan pada Perusahaan Maklon Kosmetik Zweena Adi Nugraha.  

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *