Sabun Transparan

Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, jenis sabun terus mengalami kemajuan. Mulai dari yang sederhana, hingga sabun dengan tampilan mewah seperti sabun transparan. Tampilan yang menarik dari sabun jenis ini membuatnya dijual dengan harga yang lebih tinggi dari sabun lainnya.

Tentu saja tingginya harga sabun tersebut tetap dipengaruhi oleh kualitas dari bahan dasar yang digunakan.

Sekilas Mengenai Sabun Transparan

Sabun jenis transparan adalah sabun yang berbentuk padat, namun memiliki warna yang transparan. Sabun batang jenis ini mulai berkembang pada tahun 1807 sejak pertama kali diciptakan oleh Pears Soap. Hingga saat ini, sabun padat transparan masih sering digunakan karena tampilannya yang elegan.

Walaupun eksistensi sabun batang masih kalah dengan sabun cair yang terlihat lebih praktis, tapi sabun padat transparan masih memiliki banyak peminat karena harganya yang terjangkau. Bahkan banyak merek sabun kecantikan dan kesehatan terkenal yang menggunakan bentuk sabun padat transparan.

Sesuai dengan tampilannya, sabun batang biasa dengan sabun batang transparan juga memiliki perbedaan dari bahan utamanya. Bahan inilah yang juga menjadi salah satu daya tarik konsumen untuk menggunakannya.

Bahan yang Digunakan Membuat Sabun Transparan

Sebagai produk yang berperan besar dalam perawatan kulit, bahan yang digunakan untuk membuat sabun tentunya aman dan bermanfaat bagi kulit. Dikutip dari jurnal yang diterbitkan oleh ristekdikto.go.id, beberapa bahan dasar yang digunakan membuat sabun padat transparan adalah:

1. Minyak Kelapa Murni (VCO)

Minyak kelapa ternyata sangat dibutuhkan dalam pembuatan berbagai jenis sabun. Dalam minyak kelapa murni terdapat banyak sekali asam lemak jenuh. Salah satu jenis lemak jenuh yang sangat berguna dalam pembuatan sabun adalah asam laurat.

Asam ini bisa membantu mengeraskan sabun batang, membersihkan kulit, serta menghasilkan busa yang sangat lembut. Selain itu di dalamnya juga ada asam linoleat yang berguna melembabkan kulit penggunanya sehingga tidak kering setelah memakai sabun.

2. Alkali (NaOH)

Senyawa alkali termasuk salah satu yang wajib ada dalam semua jenis sabun batang. Kandungan ini membantu menetralisir asam dan efektif memadatkan sabun, karena sifatnya yang tidak mudah larut dalam air.

3. Garam (NACL)

Dalam sabun batang transparan juga dicampur dengan senyawa NACL atau garam dapur. Penambahan garam bisa membantu mengentalkan sabun sehingga mudah dipadatkan. Sementara ketika diaplikasikan dengan air, busa pada sabun juga lebih banyak berkat kandungan garam.

4.  Asam Sitrat

Banyak yang tidak tahu bahwa sabun batang transparan juga menggunakan pengawet, dalam hal ini pengawet yang dipakai adalah asam sitrat. Senyawa ini berguna menjaga larutan dalam sabun agar tetap fungsional meskipun lama tidak digunakan.

5. Asam Stearat

Asam ini memiliki bentuk mengkilap, keras dan putih serta tidak bisa larut dalam etanol. Asam yang sering dipakai untuk membuat krim ini berperan memberikan konsistensi kekerasan pada sabun sehingga busa yang dikandung tetap stabil.

6. Glycerin

Berbeda dengan Asam Stearat, Glycerin justru sangat mudah larut dalam air dan etanol. Penggunaan glycerin adalah untuk melembabkan kulit ketika diaplikasikan sebagai sabun. Tidak hanya itu, glycerin ternyata juga menjadi salah satu zat yang berperan memberikan efek bening atau transparan pada sabun.

7. Alkohol

Penggunaan Glycerin pada sabun tidak bisa lepas dari alkohol karena keduanya bisa membentuk struktur transparan apabila dipadukan dalam satu bahan.

 8. Larutan Gula

Kalau glycerin hanya berperan kecil dalam meningkatkan transparansi sabun, lalu bahan apa yang membuat sediaan sabun menjadi transparan? Jawabannya adalah larutan gula.

Gula pasir memiliki peran sangat besar dalam membentuk kristal pada sabun sehingga memberikan efek transparan. Berdasarkan penelitian ilmiah Meirany Sianturi dari Universitas Sumatera Utara, gula pasir perlu dipanaskan terlebih dahulu untuk membentuk polimer yang menyangga sabun sehingga tidak lembek.

9. Pewarna dan Pewangi

Bahan terakhir yang tidak kalah penting dalam pembuatan sabun padat transparan adalah pewarna dan pewangi. Bisa dibilang bahan ini menjadi penyempurna bentuk sabun sehingga lebih nyaman ketika digunakan membersihkan diri.

Tapi kandungan pewangi dan pewarna pada sabun ini biasanya sangat dibatasi sesuai standar agar tidak menimbulkan dampak iritasi pada kulit sensitif.

Proses Pembuatan Sabun Transparan

Secara umum, proses pembuatan sabun padat transparan cukup sederhana dan mudah dilakukan apabila memiliki bahan dan peralatannya. Beberapa tahapan pokok dari pembuatan sabun ini di antaranya:

1. Pemanasan

Proses awal adalah dengan memanaskan bahan dasar utama sabun, yakni minyak kelapa dan tambahan ekstrak minyak lainnya jika ada. Suhu yang dipakai dalam memanaskan bahan ini adalah mencapai 500 Celcius.

2. Mencampur Bahan

Sambil proses pemanasan, masukkan beberapa bahan campuran sabun yang ingin ditambahkan seperti alkali.

3. Membentuk Padatan Sabun

Proses pemadatan sabun terjadi dengan mencampurkan asam stearat. Campuran ini bisa terus diaduk dengan magnetic stirrer hingga mulai terlihat padatan sabun.

Pada tahapan ini bahan bisa dicampur dengan etanol dan gliserol sambil terus diaduk. Jarak pemberian antara etanol dan gliserol ini minimal berselang 5 menit setelah diaduk.

4. Memberikan Larutan Gula

Bahan dasar  terakhir yang wajib dimasukkan adalah larutan gula  serta asam sitrat sambil terus diaduk agar tercampur rata.

5. Mencampur Pewangi dan Pewarna

Pada tahap ini, barulah pewangi dan pewarna yang diinginkan bisa dicampur hingga merata dan menjadi satu cairan. Ketika memasuki tahap ini, campuran bahan herbal yang diinginkan bisa dimasukkan, misalnya bengkuang, beras, dan sebagainya.

6. Dituangkan dalam Cetakan

Jika semua larutan dirasa sudah lengkap, barulah cairan yang mulai mengental ini bisa dimasukkan ke dalam cetakan dengan bentuk sesuai keinginan.

7. Proses Curing

Proses pengawetan ini memakan waktu yang cukup lama, yakni sekitar 3 hingga 4 minggu sebelum dikemas dalam kemasan yang diinginkan.

Kelebihan Sabun Transparan Dibandingkan Sabun Biasa

Walaupun manfaatnya sekilas sama, tapi sabun padat transparan memiliki beberapa kelebihan dibandingkan sabun padat biasa. Beberapa kelebihan tersebut adalah:

1. Tampilan Lebih Mewah

Warna yang transparan pada sabun bisa memberikan kesan mewah sehingga cocok dijadikan sabun branding atau sabun kecantikan yang terlihat lebih berkualitas.

2. Mengandung Pelembab Alami dari Minyak Kelapa

Bahan utama sabun adalah minyak kelapa, di mana dalam minyak ini mengandung banyak pelembab alami yang menjaga kulit agar tidak kering.

3. Mencegah Bakteri

Proses pembuatan sabun yang disertai dengan pemanasan suhu tinggi membuat bakteri tidak akan mudah tercampur di dalamnya dan bisa digunakan untuk mencegah bakteri pada kulit.

4. Lebih Ekonomis

Harga sabun batang jauh lebih terjangkau dibandingkan sabun cair dengan jenis yang sama. Bahkan sabun batang masih bisa digunakan walaupun bentuknya sudah mengecil.

5. Busa Lembut

Busa yang dihasilkan dari campuran minyak kelapa murni juga menghasilkan busa yang lembut sehingga meningkatkan kenyamanan penggunanya saat mandi.

Sabun Transparan untuk Bisnis Melalui Jasa Maklon

Sebagai salah satu jenis sabun yang cukup diminati konsumen, sabun padat transparan sangat menguntungkan jika dimanfaatkan untuk bisnis.

Bagi Zweena Lovers yang ingin memproduksi sabun padat transparan, namun tidak memiliki bahan dan tenaga kerja untuk membuatnya, bisa menggunakan jasa maklon di zweena.co.id.

Proses pembuatan sabun padat transparan di sini sudah mengikuti kriteria standar keamanan sabun yang telah ditentukan. Jadi, pengguna jasa hanya perlu menentukan bahan yang ingin digunakan dalam sabun serta manfaat yang ingin diperoleh.

Selanjutnya jasa maklon yang akan menyelesaikan pembuatan sabun hingga membantu mengurus perizinan BPOM dan HKI apabila kesulitan mengurusnya sendiri.

Sabun transparan yang menggunakan bahan-bahan alami seperti minyak kelapa dan gula patut dijadikan pilihan sabun yang aman. Ini bisa meminimalisir penggunaan bahan-bahan kimia yang bisa saja menyebabkan iritasi pada jenis kulit dan tentunya sangat merugikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *