Seputar Sabun Beras dan Jasa Maklon Sabun Beras

Beras di Indonesia lebih dikenal sebagai sumber makanan pokok setelah diolah menjadi nasi. Padahal, beras juga mengandung banyak manfaat baik untuk kecantikan ataupun kesehatan. Inilah yang membuat banyaknya produsen sabun beras yang memanfaatkan kandungan beras untuk kecantikan kulit.

Meski kandungan beras bisa dirasakan dengan menggunakan air berasnya secara langsung, tapi banyak yang lebih tertarik menggunakan olahan sabun nya karena dianggap lebih praktis. Lalu apa manfaat sabun beras bagi kulit dan kecantikan? Berikut ulasan lengkapnya:

Seputar Sabun Beras

Sabun beras adalah sabun yang dibuat dari olahan beras dengan proses kimia tertentu. Meski disebut sabun dari beras, tapi bahan  sabun ini tidak semuanya beras. Ada beberapa bahan campuran yang sengaja diberikan untuk memaksimalkan manfaat dari sabun tersebut.

Sejak pertama muncul, sabun ini terus menimbulkan banyak mitos dan kontroversi. Beberapa rumor yang cukup terkenal berkaitan dengan sabun berbahan beras ini adalah:

1. Dipercaya Bisa Memutihkan Kulit

Sabun berbahan beras disebut-sebut mampu membantu memutihkan kulit. Selain karena warnanya yang putih, hampir semua produk sabun dari beras mempromosikan kemampuannya memutihkan kulit pada kemasannya.

Apabila dilihat dari kandungannya, sabun berbahan beras memang mampu membantu kulit terlihat lebih cerah dan terkesan putih. Ini didukung oleh kandungan vitamin E yang sangat tinggi serta antioksidan yang terkenal baik untuk kulit.

2. Sabun Berbahan Beras Menyebabkan Kulit Kering

Sabun yang menggunakan bahan beras oleh sebagian orang juga dianggap menimbulkan efek samping kulit kering. Ini disebabkan karena banyaknya pengguna yang mengeluh kulit mereka menjadi kering dan ketarik setelah menggunakan sabun dari beras.

Faktanya, rumor ini tidak benar adanya. Kalau melihat kandungan dari beras yang terdapat minyak alami, justru kulit akan lembab dan tidak terasa kering. Apabila ada yang merasa kulitnya kering dan gatal setelah pemakaian, bisa disebabkan karena campuran lain dari sabun dan bukan karena berasnya.

3. Sabun Beras Baik untuk Jerawat

Sabun dari beras juga dikenal baik untuk jerawat karena sebagian besar penggunanya merasa jerawat berkurang setelah menggunakan sabun ini. Meski beras tidak mengandung anti mikroba yang melawan penyebab jerawat, namun nutrisi penting dalam beras memang bisa mengurangi bekas jerawat.

Kandungan yang Terdapat dalam Sabun Beras

Untuk mengetahui segala manfaat ekstrak beras dalam sabun, maka kandungan asli yang ada dalam beras patut diketahui sebelumnya. Ini bisa menjadi fakta sekaligus bukti yang membuat beras memang patut dijadikan bahan utama sabun kulit.

Beberapa kandungan tersebut di antaranya:

1. Vitamin B Kompleks

Beras mengandung vitamin B kompleks yang sangat tinggi di dalamnya, yakni dari jenis inositol. Ini bisa dimanfaatkan untuk merawat kulit secara maksimal. Menurut dr. Muhammad Iqbal Ramadhan dalam halaman resmi klikdokter, vitamin ini berguna melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet.

Inilah yang membuat beras dianggap mampu memutihkan kulit, karena faktanya sinar ultraviolet yang langsung mengenai kulit sangat cepat mengubah kulit jadi gelap.

2. Vitamin E

Manfaat vitamin E untuk kulit sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Bahkan karena kelebihannya, vitamin E dikenal sebagai salah satu makanan dan nutrisi bagi kulit. Dalam beras terdapat vitamin E yang sangat tinggi dibandingkan jenis biji dan benih lainnya.

Dengan vitamin E inilah kulit bisa lebih terawat karena kemampuannya mencegah peradangan dan meningkatkan pembentukan kolagen.

3. Gamma Oryzanol

Rumor terkait sabun berbahan beras yang bisa memutihkan kulit juga semakin didukung oleh fakta bahwa beras mengandung gamma oryzanol yang tinggi. Kandungan ini bisa membantu kulit agar terlihat lebih cerah. Apalagi ketika dipadukan dengan vitamin E yang juga terkandung dalam beras.

4. Pati dan Asam Amino

Pada air bekas rendaman beras yang dipakai untuk membuat sabun juga terdapat komponen pati yang sangat besar. Komponen ini nyatanya juga berguna untuk mengatasi masalah kesehatan pada kulit seperti eksim.

Manfaat Sabun Beras Bagi Kulit

Dengan beberapa kandungan yang ada dalam beras ataupun air bekas rendamannya, dapat ditemukan berbagai manfaat yang akan diperoleh jika menjadikan beras sebagai bahan membuat sabun. Beberapa manfaat tersebut di antaranya:

1. Mencerahkan dan Memutihkan Kulit

Manfaat pertama adalah bisa memutihkan dan mencerahkan kulit secara bertahap. Kandungan alami vitamin E yang bisa membentuk kolagen dan vitamin B yang mencegah ultraviolet  saling mendukung untuk membuat kulit menjadi putih dan cerah.

Tentu saja putih yang dihasilkan membutuhkan proses yang bertahap, tidak seperti pemutih kimia lainnya yang  bisa memutihkan kulit seketika.

2. Mencegah Keriput dan Penuaan Dini

Kolagen yang bisa terbentuk dari vitamin E tinggi dalam beras tidak hanya membantu menghilangkan bintik hitam pada kulit, namun juga bisa mencegah keriput sebagai tanda penuaan dini. Kemampuan ini juga didukung oleh antioksidan tinggi dalam fermentasi beras.

Pada tahun 2018, seorang peneliti dari Portugal juga sudah membuktikan keefektifan antioksidan dalam beras untuk mencegah penuaan dini. Kemampuan antioksidan beras ini bahkan terbukti sama dengan vitamin C yang juga bisa mencegah penuaan dini.

3. Mengatasi Iritasi Kulit

Beralih dari Portugal, kembali penelitian dari Belgia menyatakan bahwa penggunaan air beras pada kulit selama 2 kali dalam sehari bisa mengurangi gejala dermatitis dan alergi pada kulit. Salah satu penyebabnya karena dalam beras terdapat senyawa yang bisa membasmi SLS penyebab iritasi.

4. Melembabkan Secara Alami

Minyak nabati alami dalam beras sangat ampuh dalam menjaga kelembaban kulit dan membuatnya terasa kenyal. Tentu saja efek ini akan lebih terasa jika rice soap dipadukan dengan bahan yang tepat seperti madu dan minyak zaitun.

Kombinasi beras dengan bahan lain yang tidak tepat justru bisa membuat kulit terasa kering dan memberikan dampak negatif bagi pemilik kulit sensitif.

5. Mengatasi Kulit Belang

Kulit belang sering terjadi pada bagian kulit yang sering tertutup dan sering terbuka. Ini disebabkan karena sinar matahari dan ultraviolet yang mengenai kulit terbuka lebih besar sehingga membuatnya lebih gelap dibanding yang tertutup.

Kondisi ini tidak akan terjadi kalau rutin menggunakan sabun berbahan beras karena kemampuannya dalam menangkal sinar ultraviolet pada kulit.

6. Mencegah Jerawat

Beras memang tidak memiliki senyawa anti mikroba yang melawan bakteri penyebab jerawat. Tapi beras mengandung vitamin E tinggi yang terbukti efektif mengatasi peradangan. Jadi, kondisi kulit radang dan bintik-bintik jerawat bisa dikempiskan dengan kemampuan ini.

Beras juga mengandung zat allantoin yang bisa menghilangkan flek hitam bekas jerawat pada kulit sekaligus melembutkannya kembali.

7. Mengatasi Bau Badan

Pada dasarnya, beras memiliki aroma khas yang segar dan terasa agak manis. Aroma khas beras ini jika dikombinasikan dengan pewangi alami lainnya bisa membantu mencegah bau badan. Dengan begitu, mereka yang bermasalah dengan bau badan sangat cocok menggunakan sabun berbahan beras.

Cara Membuat Sabun dari Beras

Sabun dari beras bisa dibuat sendiri secara manual, meskipun hasilnya tidak sebagus dan sesegar buatan pabrik yang sudah mendapat banyak campuran bahan lainnya. Bagi Zweena Lovers yang ingin mencoba khasiat sabun dari beras, sementara bisa mencoba membuatnya sendiri untuk dipakai.

Secara umum, langkah-langkah membuat sabun dari beras secara manual di rumah adalah:

  • Bersihkan beras dari kotoran dan kutu yang menempel.
  • Masukkan beras dalam air mendidih dengan perbandingan air 4 kali lebih banyak dari beras.
  • Angkat rebusan beras dan sisihkan air rebusannya, tunggu hingga dingin.
  • Air rebusan yang sudah dingin bisa disaring agar tidak tercampur dengan kotoran.
  • Masukkan air rebusan yang disaring dalam freezer agar menjadi es.
  • Campurkan air yang sudah menjadi es dengan lye.
  • Saring campurannya dalam baskom.
  • Blender keduanya untuk mencampurnya supaya lebih rata.
  • Tuangkan pasta dalam cetakan yang dibuat lalu biarkan membeku.
  • Setelah beku, sabun dari beras yang sudah dituang ke cetakan bisa langsung digunakan.

Jasa Maklon yang Membuat Sabun dari Beras

Walaupun sabun dari beras bisa dibuat secara manual, tentu saja banyak kekurangannya dari segi tampilan, aroma, dan sifatnya yang kurang instan. Apabila ingin memproduksi sabun dari beras sendiri tanpa perlu repot membuatnya, bisa menggunakan jasa maklon sabun dari beras di zweena.co.id.

Pengguna jasa cukup request sendiri bahan campuran yang diinginkan untuk memaksimalkan fungsi sabun. Selanjutnya sabun langsung diproses dengan prosedur yang aman sesuai dengan permintaan. Sabun ini tidak hanya bisa dipakai sendiri, tapi juga bisa dijual dengan nama brand sendiri yang lebih menguntungkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *