Yuk Kenali Pori – Pori Wajahmu Apakah Bisa Dikecilkan Atau Tidak

Bagi wanita mempunyai pori – pori kulit wajah yang besar akan terlihat sangat mengganggu penampilan. Pori – pori wajah ini adalah lubang pada kulit yang berfungsi untuk mengeluarkan keringat dan sebum. Tanpa zweena lover sadari selama ini pori – pori tersebut banyak yang tersumbat oleh kotoran ataupun minyak dan membuatnya tampak lebih besar dari ukuran yang sebenarnya. Selain mengganggu penampilan, kondisi pori – pori dari wajah yang terlihat membesar ini juga membuat aplikasi make up tidak akan dapat menutupi pori – pori dengan sempurna. Meskipun menggunakan make up dapat menutupi kondisinya akan tetapi hal ini tidak dapat berlangsung lama.

51. Yuk Kenali Pori – Pori Wajahmu Apakah Bisa Dikecilkan Atau Tidak

 

Penyebab pori – pori membesar

Secara umum pori – pori kulit wajah membesar karena produksi sebum yang terlalu berlebihan. Akibatnya pori – pori kulit wajah membesar dan mengeluarkan kelebihan sebum. Lunag yang besar tersebut dapat menyebabkan pori – pori pada kulit wajah tersumbat akibat dari penumpukan kotoran serta sel kulit mati. Akan tetapi meskipun begitu hal tersebut bukan perihal yang membahayakan akan tetapi keberadaan pori – pori wajah yang besar tentunya sangat mengganggu penampilan. Berikut akan kami jabarkan beberapa penyebab dari pori – pori yang membesar kepada zweena lover agar lebih faham.

 1. Factor genetic

Salah satu penyebab dari membesarnya pori – pori kulit wajah adalah karena factor genetic ataupun keturunan. Jenis kulit yang berminyak dan mempunyai kulit yang tebal dapat terjadi karena diturunkan dari orang tua. Orang – orang yag mempunyai jenis kulit yang berminyak akan cenderung mengalami pori – pori yang membesar. Hal ini karena kelenjar sebum lebih aktif dalam memproduksi minyak sehingga ia memperbesar pori – pori untuk mengeluarkan kelebihan minyaknya

 2. Fluktuasi dari hormone

Salah satu penyebab dari pori – pori kulit wajah yang membesar adalah karena adanya fluktuasi hormone. Besar kecilnya ukuran pori – pori kulit sebenarnya tidaklah tetap atau aan berubah sesuai dengan fluktuasi hormonal. Contoh yang paling sering terlihat adalah pada ibu hamil yang kulit wajahnya terlihat lebih halus dan berseri ketika hamil. Sementara pada ibu hamil lainnya perubahan hormone justru membuat kulit lebih berminyak, kusam dan pori – pori lebih membesar. Ketika seorang wanita terjadwal siklus bulanan meningkatnya hormon menjelang ovulasi juga sangat berpengaruh terhadap kulit. Peningkatan hormone dapat menjadi penyebab pori – pori membesar. Sebaliknya ketika masa ovulasi sudah lewat kadar hormone akan menurun dan pori – pori di kulit wajah kembali ke ukuran semula.

 3. Pertambahan umur dan usia

Penyebab dari pori- pori kulit wajah yang membesar selanjutnya adalah pertambahan usia. Hal ini memang tidak dapat dihindari karena semakin tua usia seseorang maka semakin berkurang kemampuan tubuh dalam produksi kolagen dan elastin. Alhasil kulit menjadi terlihat lebih kendur, keriput dan pori – pori kulit wajah yang tampak lebih besar. Kulit yang kendur ini disebabkan oleh produksi kolagen yang melemah disertai dengan aktivitas dan paparan sinar matahari selama masih muda.

 4. Paparan sinar matahari secara berlebihan

ketika zweena lover sering terpapar sinar matahari hal ini menyebabkan pori – pori kulit wajah menjadi lebih besar. Kulit yang sering terkena sinar matahari secara langsung dalam waktu yang lama akan mengalami penebalan sehingga pori – pori membesar. Selain kulit yang menebal, sinar UV juga mampu melemahkan produksi dari kolagen. Kerusakan pada kolagen ini akan mengakibatkan pada berkurangnya elastisitas kulit dan melebarnya pori – pori kulit wajah.

 5. Sering cuci muka

membersihkan wajah merupakan perihal yang wajib dilakukan secara rutin untuk mengangkat kotoran dan sel – sel kulit mati yang dapat menyebabkan pori – pori kulit wajah tersumbat. Apabila tidak dilakukan kondisi ini dapat berkembang menjadi jerawat. Meskipun kotoran dan sel kulit mati dapat menyumbat pori – pori, mencuci muka terlalu sering justru dapat menjadi penyebab pori – pori membesar. Penggunaan sabun atau produk pembersih wajah yang terlalu berlebihan berpotensi mengiritasi kulit. Akibatnya kulit akan menebal dan mengakibatkan pori – pori membesar.

 6. Merokok

Kebiasaan merokok selain tidak sehat untuk tubuh juga berakibat pada kesehatan kulit terutama kulit wajah lho zweena lover. Racun – racun yang dihasilkan oleh asap rokok akan merusak elastisitas kulit dan menyebabkan penuaan dini. Merokok dapat menyebabkan kulit mengeluarkan sebum lebih banyak sehingga menjadi penyebab pori – pori kulit wajah membesar dan terbuka. Oleh karenanya berhentilah merokok agar tubuh dan kulit wajah anda lebih sehat.

Cara mengecilkan pori – pori wajah dengan mudah

Ada beberapa cara yang dapat zweena lover lakukan untuk mengecilkan pori – pori kulit wajah yang membesar. Diantaranya adalah sebagai berikut :

 1. Gunakan skincare yang non comedogenic

Salah satu cara untuk mengecilkan pori – pori kulit wajah yang membesar adalah dengan menggunakan skincare yang benar dan tepat. Gunakan skincare yang mengandung non comedogenic yang artinya bahwa skincare tersebut tidak rentan dalam menyumbat pori – pori apabila digunakan. Selain itu sangat penting juga memilih label oil free atau kandungan bebas minyak pada skincare anda sehingga tidak menimbulkan kelebihan sebum di kulit wajah.

 2. Cuci muka dua kali sehari

kulit yang berminyak ataupun sumbatan pada pori – pori dapat menjadi penyebab pori – pori pada kulit wajah membesar. Membersihkan wajah secara rutin dapat menjadi cara mengecilkan pori – pori tersebut. Membersihkan wajah dua kali sehari dapat membantu penyumbatan pori, tidak hanya hilang akan tetapi juga mampu mencegah kembali tersumbat serta mengurangi produksi minyak di wajah.

 3. Rutin menggunakan pelembab di wajah

Dengan rutin menggunakan pelambab mampu menjadi salah satu cara dalam mengecilkan pori – pori kulit wajah. Nah penggunaannya ini dapat dilakukan oleh semua jenis kulit termasuk apabila zweena lover mempunyai jenis kulit yang berminyak. Penggunaan pelembab dapat membantu sebum menembus ke lapisan kulit yang lebih dalam sehingga produksi minyak di wajah dapat berkurang. Untuk membantu mengecilkan pori – pori yang membesar ini adalah dengan menggunakan pelembab yang terbuat dari bahan dasar air yang teksturenya lebih ringan dan tidak rentan dalam menyumbat pori – pori.

 4. Rutin lakukan eksfoliasi pada wajah

Ketika zweena lover rutin melakukan eksfoliasi atau pengelupasan sel kulit mati maka ini bisa menjadi salah satu cara dalam mengecilkan pori – pori kulit wajah. Langkah ini akan mengurangi resiko sel – sel kulit mati menjadi kotoran yang menyumbat dan memperbesar ukuran pori – pori wajah. Akan tetapi perlu zweena lover pastikan adalah pilihlah produk eksfoliator wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Lakukan proses eksfoliasi ini dengan lembut agar kulit tidak iritasi atau meradang. Zweena lover dapat melakukan eksfoliasi ini setidaknya 2-3 kali dalam seminggu.

 5. Sering gunakan clay mask

Penggunaan clay mask dapat membantu zweena lover dalam mengangkat minyak, kotoran dan sel – sel kulit mati yang terdapat pada pori – pori kulit wajah paling dalam. Zweena lover dapat menggunakan masker ini setidaknya 1-2 kali dalam seminggu. Sebaiknya jangan menggunakan clay mask bersamaan dengan waktu eksfoliasi karena dapat meningkatkan resiko iritasi pada kulit.

Itulah beberapa cara yang dapat zweena lover lakukan untuk mengecilkan pori – pori kulit wajah agar lebih mengecil. Yang terpenting adalah untuk selalu menggunakan tabir surya agar kulit wajah terus terlindungu. Selain itu atur pola makan dengan terus mengkonsumsi makanan yang sehat.

Scroll to Top